Cara Mudah Mendapatkan IP Publik Indihome Tanpa Restart Router

Cara Mudah Mendapatkan IP Publik Indihome Tanpa Restart Router – Artikel ini akan membahas bagaimana mengubah IP dinamis ke publik dari ISP Indihome. Seperti yang kita ketahui jika layanan internet dari Indihome kebanyakan menggunakan IP (Internet Address Protocol) dinamis yang berubah-ubah. Sehingga sulit melakukan remote pada perangkat seperti CCTV atau Server karena alamat IP yang berubah-ubah tersebut.

Mendapatkan IP Publik Indihome
Mendapatkan IP Publik Indihome

Pada artikel terdahulu admin juga telah membahas bagaimana mendapatkan IP Publik di Router ZTE milik layanan Telkom Indohome. Jika anda belum sempat mempelajarinya, silakan klik tautan dibawah ini.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Membuat Port Forwarding di Modem ZTE F609/F660

Sebelum lanjut, ada baiknya kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan IP Publik dan IP Dinamis (Private). 

Perbedaan IP Public dan IP Private

IP Publik

Sebuah IP Publik yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada internet dimana setiap IP Address adalah unik atau tidak dimiliki oleh komputer lain. IP Address publik diberikan langsung oleh layanan ISP. Kelebihan dari IP Address Publik yaitu dapat dikenali di internet yang masih satu ISP maupun berbeda ISP, IP Tersebut langsung terhubung dengan Internet tanpa perlu membutuhkan proxy, server khusus, maupun sebuah NAT.

Contoh ip publik:

210.123.123.123, 118.123.17.1

IP Private

IP Private adalah IP yang bersifat pribadi dan lokal, lokal disini digunakan sebagai identifikasi komputer pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi. IP private ini tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet karena pada umumnya IP private di seragamkan nilai awalnya agar sesama komputer di jaringan tersebut dapat saling berhubungan. Contoh IP lokal yang sering digunakan adalah IP 192.16x.x.xxx (kelas C).

Baca Juga :  Teori Komunikasi Adalah - Massa,Organisasi,Interpersonal Pemasaran.

Contoh ip private:

10.0.0.0 – 10.255.255.255 (Total Addresses: 16,777,216)

172.16.0.0 – 172.31.255.255 (Total Addresses: 1,048,576)

192.168.0.0 – 192.168.255.255 (Total Addresses: 65,536)

Sebagai pelanggan layanan internet Indihome tentunya pernah mendapatkan IP Publik yang tidak bisa di akses dari luar jaringan, hal tersebut dikarenakan IP Publiknya bersifat Private. Untuk mendapatkan IP Publik tentunya anda harus merestart/reboot ulang Modem, hal ini cukup merepotkan bukan?

Untuk itu pada pembahasan kali ini admin akan berbagi bagaimana mendapatkan IP Publik dari layanan Indihome tanpa merestart/reboot ulang modem. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Mendapatkan IP Publik Indihome Tanpa Restart Router

Langkah 1. Masuklah sebagai administrator di perangkat modem Indihome anda. Sebagai contoh disini admin mengakses modem dengan mengetikkan alamat 192.168.1.1. 

Mendapatkan IP Publik Indihome

Setelah terbuka silakan isikan Username dan Password yang mempunyai hak administrator. Jika tidak diganti silakan coba Username dan Password berikut:

Username: admin

Password: Telkomdso123

Kemudian silakan masuk dengan menekan tombol login.

Langkah 2. Lakukan pengecekan pada bagian Network Interface, disana akan terlihat berapa alamat IP yang modem anda dapatkan.

Mendapatkan IP Publik Indihome

Kebetulan admin sudah mendapatkan IP Publik yang ditunjukkan pada gambar diatas. Jika anda bingung apakah IP yang modem anda dapatkan sudah IP Publik atau belum makan silakan cek pada link berikut: CEK IP.

Jika IP yang tertera pada modem sama dengan IP yang tertera pada situs yang admin berikan tersebut maka dapat dipastikan IP yang modem anda dapatkan adalah IP Publik.

Nah bagaimana jika belum mendapat IP Publik? silakan lanjut ke Langkah ke-3.

Langkah 3. Pilih menu Network kemudian klik pada WAN Connection. Disana akan ada beberapa pilihan silakan ikuti sesuai gambar dibawah ini. Pada bagian Authentication Type pindahkan dari Auto ke PAP. Kemudian klik tombol Modify.

Mendapatkan IP Publik Indihome

Langkah 4. Cek kembali pada menu Network Interface, lihatlah pada bagian IP sesuai langkah 1 diatas, lakukan pula pengecekan apakah alamat IP yang didapatkan sudah sama dengan situs canyouseeme.org tersebut.

Baca Juga :  Bahan lengkap untuk model menggambar ….

Jika sudah sama berarti selamat anda sudah mendapat IP Publik dari Indihome tanpa perlu melakukan restart/reboot ulang modem anda. Tetapi jika belum juga silakan lakukan kembali langkah 3 diatas namun kali ini pindahkan dahulu dari PAP ke Auto, kemudian baru ubah ke PAP lagi.

Lakukan langkah tersebut berulang sampai anda mendapatkan IP Publik dari layanan Telkom Indihome. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara mudah mendapatkan IP Publik Indihome tanpa melakukan restart router atau modem. Semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Ganti IP Address di Windows

Rekomendasi artikel untuk anda :