Materi Soal SKB Perpajakan (Pemeriksa Pajak Ahli Pertama)

Materi Soal SKB Perpajakan (Pemeriksa Pajak Ahli Pertama) – Pada artikel ini admin akan berbagi materi SKB CPNS mengenai pemeriksa pajak ahli pertama. Untuk materi seleksi kompetensi bidang khususnya formasi perpajakan memang belum banyak yang membahas.

Untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan berusaha membagikan materi yang setidaknya kalian harus pelajari jika melamar pada formasi Kementerian Keuangan terutama mengenai perpajakan atau pemeriksa pajak ahli pertama.

Bacaan Lainnya
Materi Soal SKB Perpajakan
SKB Perpajakan

Baca juga: Materi SKB CPNS Penanaman Modal

Sebelum melanjutkan ke link downloadnya alahkah baiknya anda mengetahui apa yang dimaksud dengan pajak dan pemeriksa pajak.

Pengertian Pajak

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesarbesarnya kemakmuran rakyat.

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. 

Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga Negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Pengertian Pemeriksa Pajak

Pemeriksa Pajak adalah PNS di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan Pemeriksaan, Pemeriksaan Bukti Permulaan, dan/atau Penyidikan.

Hasil Kerja adalah unsur kegiatan utama yang harus dicapai oleh Pemeriksa Pajak sebagai prasyarat menduduki setiap jenjang Jabatan Fungsional Pemeriksa Pajak.

Baca Juga :  Kremlin: Operasi Militer Khusus di Ukraina Berakhir Ketika Tujuannya Tercapai

Jabatan Fungsional Pemeriksa Pajak termasuk dalam rumpun Imigrasi, Pajak dan Asisten Profesional yang berkaitan dan merupakan jabatan karir PNS.

Selain penguasaan materi disebutkan diatas, Materi Pokok Kisi-Kisi Soal SKB CPNS Formasi Pemeriksa Pajak Ahli Pertama terdiri dari:

Kemampuan umum:

  • Dasar-Dasar Perpajakan
  • Teknologi informasi dan Aplikasi Komputer
  • Administrasi dan Tata Usaha

Kemampuan Khusus:

  • KUP
  • PPh
  • PPN
  • Akuntansi
  • Proses Bisnis Wajib Pajak
  • Manajemen dan administrasi Pemeriksaan
  • Metode dan Teknik Pemeriksaan
  • Teknik Audit Berbantuan Komputer
  • Penjaminan Mutu

Link Download Materi SKB Pemeriksa Pajak Ahli Pertama

Untuk mengunduh materi seleksi kompetensi bidang atau SKB Calon Pegawai Negeri Sipil khususnya pada bidang pemeriksa pajak ahli pertama silakan anda klik pada tombol download berikut. Tapi sebelum itu pastikan anda sudah mengetahui bagaimana caranya mendownload file disitus ini, jika belum silakan baca dan tonton video cara downloadnya.

Download Materi Perpajakan

Note: file yang anda unduh diatas berbentuk file zip, jadi silakan diekstrak terlebih dahulu sebelum anda membuka dan mempelajari materinya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai materi SKB CPNS Perpajakan atau Pemeriksa Pajak Ahli Pertama, semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi anda semuanya yang sedang mempersiapkan diri menghadapi seleksi kompetensi bidang.

Baca juga: Download Materi Soal SKB Perlindungan Bisnis

Rekomendasi artikel untuk anda :

Pos terkait