Hari Ini BEI Tutup Kode Domisili Investor


Senin, 27 Juni 2022 06:49 WIB

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 28 April 2022. IHSG parkir pada posisi 7.246,25 atau naik 0,69 persen. IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada level 7.267,11. Tercatat, 317 saham menguat, 200 saham melemah dan 163 saham bergerak stagnan pada akhir sesi I perdagangan. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta – Bursa Efek Indonesia menutup kode domisili investor mulai Senin, 27 Juni 2022. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan investor dari praktik herding behavior.

Penutupan kode domisili dilakukan enam bulan setelah penutupan kode broker. Kode domisili sebelumnya biasa dilihat sebagai informasi tipe investor, yakni investor asing atau domestik. 

Bacaan Lainnya

Dalam dokumen sosialisasi yang beredar beberapa waktu lalu, BEI mengungkapkan saat itu kode broker dan tipe investor ditampilkan sebagai informasi post trade ke publik setiap terjadinya transaksi. Padahal secara umum, bursa lain tidak memberikan informasi serupa.

BEI menuliskan beberapa maksud penutupan kode broker. Pertama, mengikuti best practice. Kedua, mengurangi potensi herding behavior dan meningkatkan kewajaran dalam pembentukan harga. Ketiga, mengurangi front running, piggybacking, dan information leakage.

Keempat, meningkatkan insentif untuk melakukan riset. Kelima, meningkatkan partisipasi dari informed investor large dan repeatedly investor. Terakhir, berpotensi meningkatkan likuiditas dan menurunkan spread. 

Praktisi Pasar Modal William Hartanto mengatakan penutupan tipe investor bisa menurunkan aktivitas transaksi saham pada awal penerapan. Namun, kebijakan itu menurutnya wajar karena pelaku pasar perlu beradaptasi dengan kondisi baru. 

Baca Juga :  Rehabilitasi Adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

“Bukan cuma investor retail, hampir semua pelaku pasar masih menggunakan data investor asing dan lokal,” katanya. 

Sebagai alternatif, William menyebut investor dapat menggunakan analisis teknikal dengan time frame pendek, seperti 15 menit atau 1 jam. Tujuannya ialah untuk membantu mengukur perubahan arah tren dan perlahan pelaku pasar dalam negeri akan mulai terbiasa dengan kondisi bahwa tidak selalu investor asing menjadi acuan dalam menilai daya tarik suatu saham. 

BISNIS

Baca juga: BEI Catat Transaksi Saham Capai Rp 17,23 Triliun Meski IHSG Terkoreksi

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

19 jam lalu

IHSG Menguat 1,53 Persen selama Sepekan, Investor Asing Beli Bersih Rp 65 T

PT Bursa Efek Indonesia mencatat nilai jual bersih investor asing pada Jumat, 24 Juni 2022 Rp 1,08 triliun.

20 jam lalu

Indorama Synthetic Bagi Dividen Rp 940 Per Saham, 50 Persen dari Laba Bersih

Emiten milik konglomerat Sri Prakash Lohia PT Indorama Synthetics Tbk. (INDR) bakal membagikan dividen Rp940 per saham dari laba bersih 2021.

20 jam lalu

Mulai Besok BEI Tutup Kode Investor Asing, Analis: Tantangan Edukasi Diri

Rencana Bursa Efek Indonesia (BEI) menutup kode domisili investor pada Senin 27 Juni 2022, diperkirakan berdampak minim.

21 jam lalu

Usai Recall Mobil Listrik bZ4X, Saham Toyota Turun 1,6 Persen

Toyota Motor Corp dan Subaru Corp mengalami penurunan saham pada Jumat, 24 Juni 2022. Simak selengkapnya di sini!

1 hari lalu

Iman Rachman Direktur Utama BEI Pilihan OJK, Berapa Harta Kekayaan dan Utangnya?

OJK sudah menyetujui pergantian direksi PT BEI untuk periode 2022-2026. Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI. Berapa harta kekayaan dan utangnya?

Baca Juga :  Token Tether (USDT) Resmi Akan Diluncurkan di Blockchain Tezos

2 hari lalu

Samuel Sekuritas: IHSG Ditutup Menguat 0,63 Persen, Saham GoTo Jadi Pendorong Terkuat

Samuel Sekuritas Indonesia mencatat saham emiten teknologi GoTo menjadi saham pendorong terkuat Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan hari ini.

2 hari lalu

Samuel Sekuritas: IHSG Menguat 0,61 Persen, Saham GoTo Paling Banyak Dibeli Asing

Samuel Sekuritas Indonesia mencatat saham emiten teknologi GoTo paling banyak dibeli investor asing di pasar reguler pada sesi pertama hari ini.

2 hari lalu

Samuel Sekuritas Perkirakan IHSG Masih Menguat Hari Ini

Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG menguat hari ini.

2 hari lalu

Harga Minyak Turun, Investor Khawatir Kenaikan Suku Bunga The Fed

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus jatuh 1,69 dolar AS atau 1,5 persen, menjadi menetap di 110,05 dolar AS per barel.

2 hari lalu

BEI Tutup Kode Domisili Investor Mulai Senin Depan

BEI meningkatkan perlindungan investor melalui implementasi penutupan kode domisili investor baik domestik maupun pada awal pekan depan.

puncak-media.com