Luhut: Nanti Jual Beli Minyak Goreng Curah Rakyat Pakai PeduliLindungi

Luhut: Nanti Jual Beli Minyak Goreng Curah Rakyat Pakai PeduliLindungi

Jumat, 24 Juni 2022 11:35 WIB

Pedagang mengemas minyak goreng curah di titik penjualan Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di salah satu warung rekanan di kawasan Klender, Jakarta, Selasa 22 Juni 2022. Zulkifli menyebutkan pemerintah akan tegas dalam memenuhi kebutuhan minyak goreng curah di dalam negeri. Saat ini produksi minyak goreng di dalam negeri mencapai 51 juta liter per tahun dan diharapkan perusahaan sawit bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan harga terjangkau. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta -Pemerintah segera memulai transisi perubahan sistem penjualan dan pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR). Pemerintah pun akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perubahan sistem ini dilakukan untuk membuat tata kelola distribusi MGCR menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

“Nantinya setelah masa sosialisasi selesai, seluruh penjualan dan pembelian MGCR akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata Luhut dalam keterangan tertulis pada Jumat, 24 Juni 2022.

Sementara masyarakat yang belum punya PeduliLindungi  masih bisa membeli dengan menunjukkan NIK. Masa sosialisasi akan dimulai besok Senin, 27 Juni 2022 dan berlangsung selama dua minggu ke depan.

“Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisa mendapatkan MGCR dengan harga eceran tertinggi (HET),” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pembelian MGCR di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kilogram untuk satu NIK per harinya. Dia menjamin bisa diperoleh dengan harga eceran tertinggi, yakni Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

Baca Juga :  Inilah Link Smp Batik Viral Indo

MGCR dengan harga tersebut bisa diperoleh di penjual/pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yakni Warung Pangan dan Gurih.

Luhut mengatakan pemerintah melakukan upaya perubahan sistem ini untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya, penggunaan PeduliLindungi berfungsi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk memitigasi adanya penyelewengan di berbagai tempat dan dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan juga kenaikan harga minyak goreng.

Baca Juga: Mendag Janji Harga Minyak Goreng Curah Stabil, Rp 14 Ribu per Liter

4 jam lalu

Gapki: Stok Minyak Sawit Meningkat tapi Ekspor Rendah

Gapki menyatakan ekspor produk minyak sawit Indonesia April 2022 sebesar 2.018 ribu ton, lebih rendah dari ekspor April 2021 sebesar 2.636 ribu ton.

5 jam lalu

Terpopuler Bisnis: Petani Depresi karena Harga TBS, Ekonomi Diprediksi Tumbuh 5,3 Persen

Berita terpopuler bisnis sepanjang kemarin dimulai dari kalangan petani yang depresi akibat jebloknya harga TBS belakangan ini.

17 jam lalu

Terkini Bisnis: Petani Nelangsa Harga TBS Anjlok, Badan Pesawat Susi Air Rusak Parah

Harga TBS anjlok hingga di bawah Rp 300 per kilogram dalam sepekan membuat para petani nelangsa.

21 jam lalu

Luhut Bakal Jadikan Vaksin Booster Syarat Perjalanan

Luhut mengatakan, secara nasional, kasus Covid-19 meningkat akibat masuknya varian BA4 dan Ba5.

1 hari lalu

Mendag Janji Harga Minyak Goreng Curah Stabil, Rp 14 Ribu per Liter

Harga minyak goreng curah di Pasar Kosambi Kota Bandung, terpantau di kisaran Rp15 ribu per liter.

Baca Juga :  Healer Girl Episode 9 English Subbed

1 hari lalu

Harga Pangan Melambung, Malaysia Kucurkan Bantuan Tunai Rp 2,12 T

Malaysia menyiapkan bantuan tunai Rp 2,12 triliun untuk membantu warga miskin yang terdampak akibat kenaikan harga pangan.

1 hari lalu

Kesulitan Pesan Minyak Goreng via Aplikasi, Pedagang Bisa Hubungi Call Center Warung Pangan

Pengecer yang mengalami kesulitan saat memesan minyak goreng curah melalui aplikasi Warung Pangan dapat menghubungi call center.

1 hari lalu

Kejagung Belum Temukan Fakta Dugaan Eks Mendag Muhammad Lutfi Terima Suap

Menurut Supardi, selama menjalani pemeriksaan sebagai saksi, eks Mendag Muhammad Lutfi sudah terbuka dalam menjawab pertanyaan penyidik

1 hari lalu

Kejar Target Distribusi Minyak Goreng Curah ke 5.000 Titik, Kemendag Bermitra dengan Pasar Jaya

ID Food mencatat sudah mendistribusikan minyak goreng ke 3.000 pengecer minyak goreng yang sudah terdaftar di aplikasi Warung Pangan.

1 hari lalu

Kejagung Sita Dokumen dari Eks Mendag Muhammad Lutfi Saat Diperiksa

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Supardi mengaku telah menyita dokumen dari mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat diperiksa.

puncak-media.com

Pos terkait