Negara di asia tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing adalah

Digaji Nyaris 100 Juta, Kenapa Warga Negara Ini Susah Kaya?

Thailand di dalam perjalanan kehidupan bangsanya memanglah tidak pernah dilakukan penjajahan oleh siapapun, khususnya terhadap bangsa Eropa.

Akan tetapi, pada masa kakak ke-13, wilayah modern yang dimana kemudian berada di bawah kendali dari Thailand sejati berada terletak didalam kekuasaan dari kekhaisaran khmer yang dimana memilikiu sentra pemerintahan yang terletak di wilayah modern Kamboja.

Kemudian pada masa abad ke-16 dan juga 18, wilayah thailand sendiri dalam waktu yang dekat sempat dilakukan penaklukan oleh Dinasti Toungoo dan juga Alaungpaya. Kemudian pada masa dari abad ke-20, Thailand sendiri adalah bagian dari sekutu yang dimana berada di bawah dari kerajaan Jepang.

Bacaan Lainnya

Perjanjian ini sebenarnya sangat menguntungkan Inggris dan merugikan Thailand, tapi ini adalah salah satu langkah untuk menghindar dari penjajahan Perjanjian ini menghapus monopoli pajak perdagangan luar negeri yang selama ini dilakukan oleh kerajaan, menghapus bea impor dan membuat sebuah hukum dimana warga negara Inggris di Siam hanya tunduk pada hukum Inggris (sebab ketika itu di Thailand terdapat sebuah metode penyiksaan yang disebut Nakorn Bencana). 

Perjanjian ini merugikan Kerajaan dimana pajak dan bea impor adalah sumber pendapat terpenting, Selain itu, Thailand adalah buffer state (negara pembatas) wilayah kolonial, dan diputuskan sebagai wilayah perdamaian, tanpa peperangan. Oleh sebab itu, Thailand tidak pernah dikunjungi negara Eropa untuk dijajah.

Pada tahun 2019, penduduk Thailand mencapai 69,63 juta jiwa, dan memiliki mata uang berupa Baht Thailand.

Kerajaan Thailand sebelumnya dikenal sebagai Siam sampai tahun 1939, sebelum mengganti namanya menjadi Thailand untuk seterusnya.

Baca Juga :  Bukan Manusia, Pulau di Jepang Ini Dikuasai Kucing

Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa.

Negara Thailand yang beribukota di Bangkok menerapkan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Ketika ini Thailand dipimpin oleh Raja Maha Vajiralongkorn yang bertindak sebagai kepala negara, dan kepala pemerintahan yang dijabat Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha.

Thailand yang dijuluki negeri gajah putih ini juga adalah destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara tahun 2013 menurut Organisasi Pariwisata Global.