Viral Iuran BPJS Kesehatan Naik jadi Rp 12 Juta Usai Penghapusan Kelas Rawat Inap, Benarkah?

Viral Iuran BPJS Kesehatan Naik jadi Rp 12 Juta Usai Penghapusan Kelas Rawat Inap, Benarkah?

Rabu, 22 Juni 2022 07:08 WIB

Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di kantor cabang Jakarta Sentra, Senin, 21 Februari 2022. Pengurusan SIM dan STNK sekarang wajib punya BPJS Kesehatan. Anggaran ini tercantum dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 perihal Optimalisasi Aplikasi Acara Agunan Kesehatan Nasional. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta –  Belakangan ramai kabar beredar soal iuran Badan Penyelenggara Agunan Sosial Kesehatan atau iuran BPJS Kesehatan naik menjadi Rp 12 juta. Benarkah?

Bacaan Lainnya

Besar iuran BPJS Kesehatan sampai kini masih belum berubah atau sama mirip sebelumnya. Adapun besar iuran BPJS Kesehatan 2022 terbaru diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020.

Dalam beleid itu disebutkan besaran iuran BPJS Kesehatan 2022 untuk kategori peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) ialah sebagai berikut: Kelas 1: Rp 150.000 per orang per bulan Kelas 2: Rp 100.000 per orang per bulan Kelas 3: Rp 35.000 per orang per bulan.

Adapun khusus untuk peserta berdikari kelas 3, seharusnya besaran iurannya sebesar Rp 42.000. Tapi pemerintah sentra dan kawasan menetapkan bantuan iuran Rp 7.000 per orang per bulan, sehingga peserta hanya perlu membayar iuran Rp 35.000.

Sedangkan untuk kategori Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan Bukan Penyelenggara, serta Bukan Pekerja (BP) Penyelenggara Negara, iuran ditetapkan sebesar 5 persen dari upah dengan rincian: 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja 1 persen dibayar oleh Pekerja.

Baca Juga :  The Max Leveled Hero Will Return Chapter 88 Bahasa Indonesia

Spesifik bagi PPU Bukan Penyelenggara Negara (Partikelir), upah yang dimaksud ialah gaji pokok ditambah tunjangan dengan batas paling rendah sebesar upah minimum kabupaten/kota/provinsi. Adapun ketentuan perhitungan batas paling tinggi upah per bulan sebesar Rp 12 juta.

Angka Rp 12 juta ini yang kemudian berkembang viral diberitakan sebagai iuran BPJS Kesehatan per bulan. Nyatanya, nominal Rp 12 juta yang dimaksud tersebut bukan besaran iuran, melainkan upah maksimal yang menjadi dasar penentuan besaran iuran.

Adapun untuk kategori peserta berdikari (PBPU/BP), iuran dihitung untuk masing-masing jiwa atau per orang. Ad interim iuran pekerja formal sudah termasuk satu keluarga, dengan rincian suami dan istri dengan maksimal 3 orang anak.

Untuk iuran BPJS Kesehatan bagi segmen peserta Penerima Donasi Iuran Agunan Kesehatan (PBI-JK) dan peserta dari penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah kawasan masih sebesar Rp 42.000 per orang per bulan dibayarkan oleh pemerintah sentra.

BISNIS

Baca: Cair 1 Juli, Berikut Daftar Besaran Gaji ke-13 PNS

Ikuti isu terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

20 jam lalu

Istilah TBL Tengah Viral di Twitter dan TikTok, Apa Adalah?

TBL yang tengah viral di TikTok dan Twitter memiliki makna yang berbeda dari pengertian tersebut. Bahasa gaul ini memiliki arti yang lebih sederhana.

1 hari lalu

Segel Kawasan Spa Penyelenggara ‘Bungkus Night’, Polisi: Bau Ajakan P**nographicgrafi

Polisi menyegel kawasan spa dan pijat yang menyelenggarakan program ‘Bungkus Night’ di Jakarta Selatan yang viral di media umum.

1 hari lalu

Viral di Media Sosial ‘Bungkus Night’ di Hamillton Spa, Polisi Periksa 6 Saksi

Polres Metro Jakarta Selatan memeriksa enam orang sebagai saksi dalam unggahan poster di media umum bertajuk ‘Bungkus Night’.

Baca Juga :  Arti Kata Candu Dalam Cinta, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

2 hari lalu

Penghapusan Kelas Rawat Inap BPJS Kesehatan Diuji Coba per Juli, RS Mana Saja?

Uji coba penghapusan kelas rawat inap BPJS Kesehatan per Juli 2022 akan dilakukan pada rumah sakit khusus vertikal milik Kementerian Kesehatan.

3 hari lalu

Lebih Menantang, Alasan 8 Pelajar Adang Truk di Tol Tangerang-Merak

Para pelajar pengadang truk merasa melakukan aksi serupa di jalan arteri kurang menantang

4 hari lalu

Polisi Tangkap 8 Pelajar Pengadang Truk di Tol Tangerang-Merak yang Viral

Sebuah video viral menawarkan seorang remaja pengadang truk kontainer yang sedang melaju di jalan tol, terlindas ketika mencoba menghentikan truk.

7 hari lalu

Hoax Tol Becakayu Ambruk, Bina Marga Bekasi: Pemasangan Girder Box Kereta Cepat

Dinas Bina Marga Kota Bekasi memastikan Tol Becakayu dalam kondisi baik, sementara proyek di video viral ialah pemasangan girder box kereta cepat.

7 hari lalu

Kata Bos KCIC soal Girder Kereta Cepat yang Viral jadi Tol Becakayu Ambles

Bos KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan soal video viral yang disebut-sebut sebagai Tol Becakayu yang ambles.

7 hari lalu

Viral Video Tol Becakayu Diberitakan Ambles, PU: Proyek KCIC

Direktur Jalan Bebas Kendala Kementerian PUPR Budi Harimawan mengatakan video yang menyebut Tol Becakayu ambruk itu hoaks.

8 hari lalu

Viral Parkir Liar dan PKL di Tebet Eco Park, Wagub DKI Siapkan Hukuman

Sebelumnya, seorang warga Tebet bernama Ricky Siahaan mengeluhkan parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang muncul di daerah Tebet Eco Park.

puncak-media.com

Pos terkait