Tips dan Strategi Mengelola Marketplace dengan Aman dan Uang

AKURAT.CO Siapa di antara kita yang belum pernah berbelanja dari software lokapasar yang tersedia di toko software mobile kita.

Sepertinya tidak mungkin melihat penetrasi internet yang mampu diakses dimana saja dan kapan saja.

Bacaan Lainnya

Bagaimana jika kita juga membuka toko di toko pasar dan tidak hanya menjadi pembeli saja.

baca juga:

Riskiadi Purwanto selaku Ketua Kaderisasi dan Organisasi Organisasi Relawan ICT Ngawi sekaligus Pengelola RTIK Jatim menyebutkan beberapa alasan mengapa berjualan di toko pasar salah satunya tidak memerlukan biaya sewa sehingga dapat mengurangi biaya.

Riski juga menambahkan, kelebihan lokapasar ialah banyaknya penawaran diskon, promo tanggal rupawan, dan promo gratis ongkos kirim, sedangkan kekurangannya ialah persaingan harga yang ketat dengan toko lain.

“Mengapa Anda membutuhkan riset kata kunci? Agar konten tepat sasaran sehingga setiap konten yang dibuat menjadi lebih tepat sasaran dan sudah memiliki target. Selanjutnya, produksi konten lebih efektif dan efisien sehingga tidak ada lagi konten yang dihasilkan tanpa hasil. Terakhir, hemat karena pada akhirnya semua manfaat akan bermuara pada efisiensi waktu dalam anggaran. Artinya, ini akan mempercepat Anda dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari segi jumlah akan sangat efisien sehingga biaya bisa ditekan,” ujarnya dalam webinar bertema “Tips Membangun Bisnis di Era Digital”, Kamis (14/7), di Banjarmasin, Kalimantan Timur.

Soal etika digital, Alamsurya Kubara Endriharto menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan keterampilan digital sebab menurutnya, anak-anak milenial tidak merasa bahwa budaya digital mirip budaya nyata, meski di balik ponsel pintar. ialah orang-orang nyata.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Filter IG (Instagram) Kapan Nikah

Hal inilah yang menyebabkan hancurnya dunia maya di sekitar kita dan masyarakat belum memahaminya.

“Teman bisa bebas di dunia digital tapi teman hidup sendiri di bumi ini. Mungkin tidak? Ini berarti bahwa kebebasan dan kepentingan kita dibatasi oleh hak orang lain. Oleh karena itu, kita juga harus menyerap nilai-nilai harmoni dalam Puncak-media.com digital.” ujarnya yang adalah Pendiri Digital Advisor & RTIK Indonesia Academy dan Aktivis Literasi Digital.

Fetty Kurniawati selaku Asisten Sosial Kabupaten Ngawi dan Ketua Relawan ICT Kabupaten Ngawi menawarkan fakta bahwa penipuan online tidak hanya terjadi pada pembeli tetapi juga penjual dapat merasakannya.

Penipuan dimulai dengan pencurian data eksklusif dan bertujuan untuk menerima keuntungan finansial.

Fetty juga membagikan isu viral, yaitu seorang wanita yang menikahi wanita yang dikenalnya dari software perjodohan untuk mendukung materi yang disajikan.

Menurutnya, hal ini mampu dikategorikan sebagai penipuan identitas.

“Ada banyak aplikasi chatting dan teman di media sosial. Di Facebook, berapa banyak orang yang benar-benar Anda kenal? Mungkin hanya 10% sisanya bertemu dalam kelompok atau teman. Karena satu hobi dan kesukaan, lama kelamaan mereka menjadi akrab dan dekat. Kedekatan ini tidak semuanya buruk tetapi orang dapat menggunakannya untuk menipu kita. Jadi dia sudah berbaikan ke kita lalu minta transfer uang atau lebih,” pungkasnya dalam program yang digagas Kominfo dan GNLD Siberkreasi itu.