10 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Segala sesuatu yang ada di alam ini dan dapat digunakan oleh insan disebut dengan sumber daya alam. Beberapa eksistensi sumber daya alam nyatanya tidak dapat diperbaharui.

Hal ini disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Bacaan Lainnya

Apa itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ialah kekayaan alam yang ada di bumi dan mampu dimanfaatkan untuk banyak sekali kelangsungan hidup insan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan mampu habis dalam jangka waktu tertentu apabila terus menerus diambil dari alam dan digunakan.

Hal tersebut pertanda jika sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat yang terbatas. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini adalah akibat tambang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Simak yuk!

1. Logam mulia

Pixabay/mwewering

Logam mulia ialah istilah ilmu kimia untuk logam-logam yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan oksidasi. Umumnya, logam mulia memiliki harga yang mahal sebab langka dan sifatnya yang langsung sebab sangat sulit bereaksi dengan asam.

Beberapa bahan yang termasuk logam mulia antara lain ialah perak, emas, tembaga, platina dan lainnya.

Spesifik untuk emas, biasanya paling diminati sebagai bahan baku perhiasan. Bahkan ada pula emas batangan untuk disimpan sebagai investasi orang yang sudah memiliki uang berlebih setelah ia memiliki penghasilan ketika memasuki dunia pekerjaan.

Kau juga mampu menjadi salah satu pemiliknya kalau mampu terus semangat dalam belajar dan bekerja.

2. Minyak mentah

Pixabay/cmafla

Minyak mentah yang berasal dari perut bumi. Minyak mentah ini berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi. Cara mendapatkannya yaitu dengan cara melakukan pengeboran.

Minyak mentah yang telah didapatkan dari akibat tambang harus diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan oleh insan.

Akibat olahan minyak mentah tersebut berupa bensin, solar, minyak tanah, aspal, parafin, kerosin, avtur, diesel, oli, elpiji dan lain sebagainya.

3. Gas alam

woqod.com

Sama halnya dengan minyak mentah, gas alam pun berasal dari fosil purba yang ada di dalam perut bumi. Acapkali gas alam ditemukan bersamaan dengan minyak bumi.

Gas alam akibat pertambangan ini biasanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Tak hanya itu, terkadang akibat tambang yang dihasilkan diolah menjadi cairan agar dapat digunakan sebagai bahan kendaraan.

Baca Juga :  Tonton dan Download 1111.90 150 204 Barat Korea Video Bokeh Viral
  1. 9 Peran dan Tanggung Jawab Seorang Abang dalam Keluarga
  2. Peran Papa dalam Agama Islam bagi Anak Perempuan
  3. Langsung: Disparitas Bercanda & Bully, Orangtua Wajib Ajarkan ke Anak!

4. Batu bara

Pixabay/lukaszdylka

Batu bara adalah salah satu jenis bahan bakar fosil yang berbentuk batuan sedimen yang mudah terbakar. Batu bara terbuat dari tumbuhan purba yang sudah mati berjuta-juta tahun lalu. Tumbuhan tersebut menjelma arang dan batu yang akan terjadi pengaruh alam.

Eksistensi batu bara ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga.

5. Nuklir

Pixabay/ELG21

Eksistensi nuklir sangat terbatas. Hal tersebut membuat nuklir termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Nuklir berasal dari bahan radioaktif berupa uranium yang masuk golongan sebagai mineral tambang. Uranium tersebut nantinya dapat diolah dan bermanfaat untuk pembangkit listrik, rekayasa pangan, penunjang kebutuhan medis dan lain sebagainya.

6. Timah

Pixabay/inspaceman

Timah berasal dari bijih-bijih timah yang terpendam di dalam perut bumi. Timah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu timah celah yang mampu ditemukan pada batuan granit bumi dan timah endapan yang berada di darat, dasar laut serta dasar lembah.

Di Indonesia, eksistensi timah dapat ditemukan di sebelah timur Pulau Sumatera. mulai dari Pulau Kundur di utara, menerus ke Pulau Singkep di selatan, Pulau Bangka, sampai Pulau Belitung.

Timah sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, contohnya yakni sebagai komponen pasta gigi dan pembuatan gigi palsu, komponen pembuatan alumunium foil dan lain-lainnya.

7. Besi

Pixabay/inspaceman

Besi adalah sumber daya alam yang berasal dari biji-biji besi. Besi juga adalah unsur yang banyak ditemukan di bumi berdasarkan massa. Tak hanya itu, besi pun membentuk membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Bahkan, besi menjadi unsur keempat terbesar pada kerak bumi.

Eksistensi besi yang melimpah ini dimanfaatkan oleh insan untuk bahan bangunan, perkakas rumah tangga dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semoga sebagai insan yang memanfaatkan sumber daya tersebut kita dapat bijak dalam menggunakannya supaya tidak habis.

Karena, kalau habis kita tak akan mampu menggunakannya lagi. Padahal sumber daya tersebut bermanfaat untuk insan menjalankan kehidupannya.

Baca Juga :  5 Drakor Terbaru 2022 Yang Sudah Tayang, Yang Seru dan Wajib Ditonton

Baca juga:

  • 7 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
  • 7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Agresi Predator
  • 9 Fakta Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya banyak diperlukan insan harus diolah dengan bijak. Karena, kalau terus menerus diambil, maka sumber daya tersebut nantinya menjadi langka dan akan habis masa mendatang. Berikut ini beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya:

1. SDA Mineral

Sumber daya yang paling acapkali dipakai namun jumlahnya terbatas ialah mineral. Mineral adalah sumber daya dari galian tanah yang punya manfaat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manfaat terpenting, tubuh insan sangat membutuhkan mineral setiap harinya.

Akan tetapi kalau terus menerus digunakan, mineral lama kelamaan akan habis. Mineral tidak mampu diperbaharui karena penggunaannya hanya untuk waktu singkat saja. Jadi, sebab terus digunakan, mineral mampu sewaktu-waktu habis dan butuh waktu lama untuk tersedia kembali.

2. SDA Emas

Sumber daya satu ini identik dengan simbol kekayaan. Poly orang suka membeli dan berinvestasi emas. Perhiasan emas pun disukai sebab kemilaunya mempercantik penampilan. Ketenaran emas mendatangkan banyak keuntungan sehingga disukai insan.

Namun kalau terus diambil akan mengalami kelangkaan. Emas akan habis sebab sifatnya yang tak dapat diperbaharui. Maka, sebagai insan harus memanfaatkan emas sebijak mungkin agar tidak cepat mengalami kelangkaan.

3. SDA Besi

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui selanjutnya ialah besi. Besi ialah logam tambang dari mineral hematite serta magnetite. Logam ini berperan penting dalam kehidupan insan loh!. Besi digunakan dalam konstruksi dan kerangka kendaraan beroda empat.

Besi adalah unsur besar dalam kerak bumi. Meski keberadaannya masih melimpah, besi lama kelamaan akan habis. Karena besi termasuk ke sumber daya yang sukar diperbaharui. Jadi, diharapkan alternatif lain untuk mengganti besi.

4. SDA Aluminium

Tidak kalah populer dengan emas, aluminium banyak digunakan untuk kebutuhan insan. Sifat menghantarkan listrik membuat aluminium banyak diperlukan. Misalnya untuk komponen otomotif hingga bahan cat dinding.

Tetapi, alumunium juga masuk ke sumber daya yang sulit diperbarui. Jadi, kalau terus diambil untuk keperluan besar misalnya sebagai badan pesawat, ketersediaannya akan cepat habis.

5. SDA Intan

Berasal dari dalam muka bumi, untuk mendapatkannya harus digali. Batu intan berbentuk kristal dan alotrop. Mirip emas, intan juga digunakan sebagai perhiasan cincin dan gelang sebab visualnya rupawan.

Baca Juga :  New Link Viral Video Museum Ojol Twitter Durasi Full 1 Jam Di Hotel

Sebab asalnya dari dalam bumi, membuat ketersediaan intan tidak banyak. Intan tidak dapat diperbaharui dan mampu langka. Intan menjadi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya sangat banyak.

6. Bahan Bakar Fosil

SDA ini masih terdengar asing oleh masyarakat. Namun bahan fosil sebenarnya adalah primadona yang banyak dipakai. Nah kira-kira mengapa disebut sebagai bahan fosil ya?. Jadi SDA ini asalnya dari proses pelapukan fosil-fosil jutaan tahun lalu.

SDA fosil menawarkan banyak manfaat bagi insan dalam hal pemakaian bahan bakar. Jadi sebab sulit untuk diperbaharui, maka harus digunakan dengan bijak agar dapat dipakai dalam jangka waktu lama.

7. SDA Nikel

Bahan yang satu ini juga termasuk dalam sumber daya yang tidak mampu insan perbarui. Nikel adalah logam bertekstur keras dan warnanya perak sedikit keemasan. Akibat tambang nikel yang punya banyak nilai kegunaan ini banyak diperlukan untuk para insan.

Biasanya nikel dipakai untuk bahan bangunan serta pembuatan rel kereta. Nikel juga banyak dipakai sebagai bahan penting pembuatan baterai. Dari banyaknya kegunaan nikel insan berusaha mengeksploitasinya meski jumlahnya terus menipis. Maka dari itu diperlukan alternatif pengganti nikel.

8. SDA Mangan

Adalah akibat tambang berbentuk logam hitam. Mangan digunakan sebagai bahan pembuatan baterai. Selain itu, mangan biasa dipakai untuk membuat baja dan keramik.

Mangan banyak ditemukan terutama pulau jawa, kalimantan, dan Papua. Meskipun banyak ditemukan, mangan termasuk SDA tidak mampu diperbaharui kembali. Jadi penggunaannya dimanfaatkan dengan bijak.

9. SDA Belerang

Bentuk asli dari belerang berupa zat kristalin kuning. Belerang biasa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk, bahan tambahan obat dan korek api. Selain itu, kini belerang juga banyak dipakai untuk produk-produk kecantikan.

Belerang banyak ditemukan di wilayah jawa tengah, timur, serta pulau sumatera. Makin dikenalnya khasiat SDA ini membuat banyak orang berburu belerang.

10. Minyak Bumi

Minyak bumi menjadi sumber daya yang paling banyak diburu insan sebab memiliki manfaat besar. Minyak bumi biasa dimanfaatkan untuk bahan bakar, pembangkit listrik hingga produk kecantikan.

Di Indonesia sendiri, wilayah penghasil minyak bumi ada pada Kalimantan dan Sumatera. Sebab terus menerus digunakan, minyak bumi di Indonesia sempat mengalami kelangkaan.

Demikianlah sejumlah sumberdaya yang sukar diperbarui lagi. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya tersebut masih mampu ditemukan ketika ini.

Pos terkait