20 Ide Lomba 17 Agustus yang Seru dan Menarik

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Momen peringatan Hari Kemerdekaan RI acapkali dimeriahkan dengan beragam lomba, mulai dari tingkat RT/RW hingga di sekolah dan kantor. Tujuan lomba ini biasanya menguji kekompakan warga.

Kalau Anda menjadi panitia dan masih galau ingin mengadakan apa, simak 20 ilham lomba 17 Agustus yang seru dan menarik berikut ini.

Bacaan Lainnya

Tema Logo HUT RI ke-77 2022

Sebelum masuk ke banyak sekali ilham lomba yang mampu menjadi referensi Anda, mari mengenal dulu logo HUT RI ke-77 2022 yang mengusung tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Penentuan tema HUT RI ke-77 2022 ini punya dasar-dasar yang kuat, khususnya kejadian yang melanda Indonesia dan dunia dalam dua tahun terakhir saat terjadi pandemi Covid-19.

Meski tengah terpuruk yang akan terjadi pandemi Covid-19, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan cita-cita. Selain itu, semangat gotong royong itu bertujuan untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor agar Indonesia siap menghadapi tantangan global.

Oleh sebab itu, HUT RI ke-77 2022 merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Dasar-dasar negara tersebut menuntun bangsa Indonesia untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Ide Lomba 17 Agustus yang Seru dan Menarik

Panitia 17 Agustus absolut sudah menyusun beberapa lomba yang bakal dilaksanakan untuk merayakan HUT RI ke-77. Namun, bagi Anda yang belum selesai menentukan daftar lomba tersebut sebaiknya cek ilham lomba 17 Agustus berikut ini yang tak kalah seru dan meriah. Ini dia daftarnya yang mampu menjadi referensi Anda:

1. Panjat Pinang




Aneka perlombaan mulai dari perang bantal hingga panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Rifkianto Nugroho)Foto: Aneka perlombaan mulai dari perang bantal sampai panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Rifkianto Nugroho)
Aneka perlombaan mulai dari perang bantal sampai panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Rifkianto Nugroho)

Panjat pinang ialah salah satu lomba khas yang paling dinanti pada 17 Agustus. Pasalnya, lomba ini memerlukan kekompakan beberapa orang yang diharuskan memanjat batang pohon pinang untuk menerima banyak hadiah menarik. Namun, lomba ini tidak mudah sebab batang pohon pinang sudah dilumuri dengan oli bekas atau pelicin lain yang menyulitkan peserta.

Kalau panjat pinang yang dilakukan bapak-bapak dirasa mainstream, cobalah ganti dengan peserta yang mengharuskan ibu-ibu memanjat batang pohon pinang tersebut. Selain itu, Anda juga mampu memilih opsi panjat pinang untuk anak-anak SD atau SMP yang juga tak kalah seru dan meriah. Namun, pastikan batang pohon pinang lebih pendek dan dikelilingi oleh panitia yang menjaga keamanan anak-anak peserta lomba.

2. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk juga tidak pernah absen dalam hajat 17 Agustus. Meski alat dan persiapan yang diharapkan mudah, yakni kerupuk dan tali rafia, lomba makan kerupuk tetap berjalan seru dan meriah. Peserta diharuskan memakan kerupuk yang sudah digantungkan di tali dengan tangan yang menyilang di belakang punggung.

Agar lebih seru dan meriah, panitia mampu sambil menyetel lagu-lagu yang membuat para peserta berjoget ketika lomba makan kerupuk. Selain itu, jangan lupa untuk menggoyangkan tali sesekali untuk menambah keseruan sekaligus membuat peserta makin sulit menghabiskan kerupuk tersebut.

3. Balap Karung

Mirip namanya, lomba ini mengharuskan peserta mencapai garis finis dengan menggunakan karung. Lomba balap karung sangat seru sebab Anda tidak mampu lari untuk mencapai garis finis, melainkan harus melompat-lompat menggunakan karung bagaikan pocong.

Untuk menambah keseruan balap karung, Anda mampu mencoba untuk memakaikan helm kepada para peserta lomba agar lomba ini terasa mirip balapan sungguhan. Selain menambahkan helm, panitia juga mampu meminta peserta lomba balap karung untuk balapan dengan cara melompat jongkok.

4. Memasukkan Pensil/Paku ke Botol

Lomba 17 Agustus lain yang meriah ialah memasukkan pensil atau paku ke dalam botol. Lomba ini juga mampu diikuti oleh anak-anak agar tambah seru. Nantinya, pensil atau paku bakal diikat dengan tali rafia ke perut peserta dan mereka diminta untuk memasukkannya ke dalam botol.

Hal yang menjadikan lomba ini seru dan meriah ialah para peserta harus membelakangi botol tersebut. Kalau Anda menganggap lomba ini mudah, cobalah untuk ikut pada 17 Agustus nanti dan rasakan sensasi kesal sebab pensil atau paku tersebut tak kunjung masuk ke dalam botol.

5. Bakiak

Selain lomba individu, ada juga lomba 17 Agustus yang bakal melatih kekompakan pesertanya. Bakiak menjadi salah satu lomba beregu yang cukup sulit sebab mengharuskan setiap individu berjalan seiringan untuk mencapai garis finis. Kalau tidak, peserta akan jatuh dan kalah.

Umumnya, bakiak yang digunakan untuk lomba 17 Agustus hanya polos dan mampu digunakan oleh 3 sampai 4 orang. Namun, cobalah untuk memodifikasi bakiak tersebut dengan menambahkan benjolan-benjolan mirip yang terdapat pada sandal refleksi. Dengan begitu, balapan bakiak bakal lebih menantang dan meriah.

6. Gebuk Bantal




Beragam perlombaan menarik digelar oleh warga Kalimalang, Jakarta Timur. Aneka perlombaan mulai dari perang bantal hingga panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Agumng Pambudi)Foto: Majemuk perlombaan menarik digelar oleh warga Kalimalang, Jakarta Timur. Aneka perlombaan mulai dari perang bantal sampai panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Agumng Pambudi)
Majemuk perlombaan menarik digelar oleh warga Kalimalang, Jakarta Timur. Aneka perlombaan mulai dari perang bantal sampai panjat pinang meriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (Detikcom/Agumng Pambudi)

Gebuk bantal menjadi salah satu lomba yang cukup populer sebab mengharuskan dua peserta beradu ketangkasan dan keseimbangan agar mampu memukul, menghindar, serta menjaga keseimbangan untuk menjadi pemenang.

Agar lebih seru, pastikan gebuk bantal dilakukan di atas batang pohon dan membuat siapapun yang kalah bakal tercebur ke sungai atau kolam. Selain itu, cobalah lakukan gebuk bantal dengan menutup mata peserta sehingga lomba ini menjadi lebih meriah. Gebuk bantal juga mampu dilakukan secara beregu untuk menguji kekompakan peserta.

7. Tarik Tambang

Tarik tambang mampu dibilang salah satu lomba ikonok 17 Agustus sebab tak pernah absen setiap tahunnya. Sejatinya, lomba tarik tambang standar pun sudah sangat seru sebab menguji kekuatan dan kekompakan tiap regu. Namun, ada cara lain yang mampu Anda lakukan untuk semakin memeriahkan lomba ini. Caranya ialah dengan mengharuskan para peserta di setiap regunya untuk menarik tambang sambil berjoget saat musik diputar. Ini tentu membuat setiap regu bakal berpikir ekstra menyusun taktik untuk berjoget dan tetap menarik tambang sekuat tenaga agar mampu memenangkan lomba.

8. Balap Kelereng

Anak-anak biasanya acapkali mengikuti lomba balap kelereng ketika 17 Agustus. Lomba ini memang terlihat mudah sebab cukup menggigit batang sendok yang sudah disimpan kelereng. Namun, lomba ini sebenarnya cukup menantang sebab Anda diharuskan menjaga keseimbangan sampai garis finis.

Agar lebih seru, cobalah untuk menambahkan rintangan dalam lomba balap kelereng. Misalnya, dengan menambahkan cone di lintasan dan mengharuskan para peserta berjalan zig-zag mirip sedang ujian SIM. Jangan lupa tambahkan musik agar lomba balap kelereng menjadi lebih meriah.

9. Joget Balon

Ide lomba 17 Agustus lainnya ialah joget balon. Lomba ini cukup mudah dan murah meriah sebab hanya memerlukan balon. Peserta yang dipasangkan harus berjoget mengikuti iringan musik sembari menahan balon yang diapit di kening atau jidat peserta.

Joget balon mirip ini sebenarnya sudah seru, tapi Anda mampu menambahkannya dengan syarat peserta harus bergerak pindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Dengan begitu, lomba joget balon bakal lebih menantang dan meriah.

10. Sepak Bola Daster

Daster ialah pakaian rumahan nyaman yang acapkali digunakan oleh wanita, terutama ibu-ibu. Namun, kali ini daster mampu dijadikan properti untuk lomba 17 Agustus, yakni sepak bola daster. Para pesertanya bahkan bukan wanita, melainkan para pria dan bapak-bapak setempat.

Kalau sepak bola biasa dapat dengan mudah dilakukan, sepak bola daster bakal lebih seru dan meriah sebab sulit untuk bermain menggunakan setelan tersebut. Anda juga tidak mampu melakukan nutmeg atau mengolongi pemain lain sebab daster menutupi bagian sela-sela kaki lawan.

sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga :  Cara Menghubungi Kurir Jne Yang Membawa Paket Kita

Pos terkait