20+ Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap

Teori dalam bahasa Inggris theory berasal dari kata “theoria” (bahasa Latin) dan juga bahasa Yunani dengan kata yang sama. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Pengertian Teori Secara Generik dan Pengertian Teori Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Bacaan Lainnya

Pengertian Teori Secara Generik

Teori ialah salah satu konsep dasar penelitian sosial. Selain itu, teori adalah beberapa konsep atau konstruk, defenisi dan proposisi yang berusaha menjelaskan sebuah relasi sistimatis suatu fenomena, dengan cara memerinci relasi karena dan yang akan terjadi yang terjadi.

Untuk menambah wawasan kita mengenai pengertian teori berikut ini ialah pendapat beberapa ahli mengenai pengertian teori, adapun para ahli tersebut dianataranya :

  • William Doherty (1993:20)

Teori adalah proses sistematik dalam merumuskan dan mengorganisasi pandangan baru menjadi sebuah fenomena tertentu yang mampu dipahami.

Menurut beliau teori ialah proses berbagi ide-ide atau gagasan yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.

  • Siswoyo “Dalam Mardalis, 2003:42”

Sisiwoyo menfinisikan bahwa teori sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berafiliasi yang mencerminkan suatu pandangan sistematik perihal fenomena dengan pertanda relasi antar variable, dengan maksud untuk pertanda dan meramalkan fenomena.

  • Hoy Dan Miskel “Dalam Sugiyono, 2010:55”

Teori adalah seperangkat konsep, asumsi dan generalisasi yang mampu digunakan untuk mengungkapkan serta menjelaskan perilaku dalam banyak sekali organisasi.

Teori ialah seperangkat asumsi atau pandangan baru dan kesimpulan logis yang mengaitkan satu set variable satu salam lain. Teori akan menghasilkan prediksi yang kemudaian mampu dibandingkan dengan pola yang diamati.

Teori ialah deskripsi dari fenomena tertentu, penjelasan mengenai relasi antara fenomena atau prediksi mengenai penyebab dan konsekuensi dari peristiwa lainnya.

Teori adalah jaringan untuk menangkap apa yang kita sebut sebagai “dunia”. Teori membantu kita memahami kenyataan atau fakta.

Terdiri dari teori generalisasi yakni tujuannya untuk menjelaskan fenomena dan generalisasi harus prediktif. Teori terdiri dari generalisasi dimaksudkan untuk menjalaskan dan memprediksi sebuah peristiwa.

Sebuah teori yaitu ialah hipotesis “dugaan sementara” yang belum terbukti atau spekulasi mengenai fakta bahwa itu tidak absolut.

Emory mendefinisikan bahwa teori ialah seperangkat konsep, definisi, proposisi dan variable yang berafiliasi satu sama lain secara sistematis dan bersifat umum sehingga mereka mampu menjelaskan dan memprediksi fenomena “fakta” tertentu.

Teori adalah hipotesis “dugaan sementara” yang belum terbukti atau spekulasi mengenai fakta bahwa itu adalah tidak absolut.

Teori pertama ini memiliki dua makna, bahwa itu adalah teori empiris, dalam arti sebagai akibat pengujian hipotesis dengan observasi serta eksprimen.

Mereka mendefinisikan teori sebagai pandangan baru pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka artikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan relasi mampu saling berafiliasi.

Teori ialah pernyataan yang berisi kesimpulan substantif mengenai keteraturan.

  • Littlejohn Dan Karen Foss

Teori ialah sebuah sistem konsep-konsep tak berbentuk dan relasi dari konsep yang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena.

Teori ialah sekumpulan konsep yang saat dijelaskan memiliki relasi yang kemudian mampu diamati dalam dunia nyata.

Sebuah teori adalah serangkaian pernyataan umum yang sistematis perihal suatu segmen realitas tertentu“.

Teori ialah opini diajukan sebagai penjelasan dari suatu peristiwa / kejadian.

Teori ialah sebuah konsep yang berafiliasi satu dengan yang lainnya berisi pandangan sistematis fenomena.

Teori ialah pernyataan yang isinya menyebabkan atau ciri beberapa peristiwa

Teori adalah sekelompok hukum yang terorganisir secara logis atau relasi yang adalah penjelasan dalam suatu disiplin

  • John W Creswell, Research Design,“London, sage ‘1993:120”

Teori ialah serangkain bagian atau variabel definsi dan dalil yang saling berafiliasi yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis perihal fenomena dengan menentukan relasi antar variable, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Teori Menurut Para Ahli terlengkap. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Baca Juga :  The Collapsed Elite World Group se convertirá en el protagonista inesperado de 'My Unorthodox Life' de Netflix