4 Kebiasaan Baik Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kolesterol adalah zat lilin mirip lemak yang diproduksi oleh hati dan sel-sel tubuh lainnya. Tubuh insan sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan asam empedu.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi tinggi dapat memicu beragam persoalan kesehatan, termasuk penyakit jantung. Kunci utama dari menjaga kadar kolesterol tetap stabil tentunya perlu melibatkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Dikutip dari Harvard Health Publishing, mengandalkan obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi tanpa dibarengi pola hidup yang baik, tidak menjamin kadar kolesterol akan turun dan terkontrol.

Bacaan Lainnya

Berikut ialah sejumlah Norma baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol:

1. Bersepeda

Menurut Journal of American Heart Association, orang yang bersepeda ke kawasan kerja ataupun ke kawasan lain kemungkinan kecil mengalami kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

2. Mengonsumsi buah alpukat dan apel

Mengonsumsi buah alpukat secara rutin mampu menjadi cara menurunkan kolesterol. Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

Cara menurunkan kolesterol berikutnya dengan perbanyak konsumsi buah apel. Studi yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine 2011 menyebut konsumsi 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kolesterol tinggi.

3. Yoga

Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, yoga juga diklaim sebagai cara menurunkan kolesterol. Berdasarkan Indian Heart Journal tahun 2013, peneliti mengungkapkan bahwa rutin melakukan yoga selama tiga bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL.

4. Hindari lemak trans

Berdasarkan American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak trans dapat berdampak negatif terhadap kesehatan seseorang, terutama meningkatnya kolesterol jahat (LDL). Beberapa makanan yang mengandung lemak trans, yaitu margarin, minyak sayur terhidrogenasi, gorengan, isi perut sapi, domba, dan kambing.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kolesterol Tinggi Mampu Cek dari Mata, Begini Tandanya

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Pos terkait