Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan. Ini cara sempurna minum air putih untuk turunkan berat badan.  Sekitar 60% tubuh insan mengandung air. Asal tahu saja, air memiliki peran penting dalam tubuh yakni menjaga organ tubuh tetap sehat.  Baca Juga: Minum air dingin membuat tubuh membakar kalori lebih banyak, benarkah? Maka, penting untuk Anda memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Para ahli menyarankan untuk minum sekitar 2 liter air per hari secara rutin.  Mengutip dari NDTV, minum air juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Fakta lainnya, minum air secara cukup bisa membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan sistem pencernaan. 

Waktu minum air putih untuk menurunkan berat badan 

Untuk Anda yang sedang menjalankan acara diet, minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan.  Namun, Anda tidak bisa mengonsumsi air putih secara sembarangan. Berikut waktu yang sempurna minum air agar berat badan turun.  1. Ketika merasa lapar  Anda masih merasa lapar setelah makan? Alih-alih menambah setengah atau sepiring makanan, Anda lebih baik minum air putih. Air putih akan membantu Anda untuk menurunkan cita-cita ngemil serta rasa lapar.  2. Ketika tubuh kurang sehat  Anda mungkin tidak ingin minum banyak air putih ketika tubuh merasa kurang sehat. Faktanya, air putih bisa membantu menyembuhkan penyakit dengan cepat.  Minum air putih ketika tubuh kurang sehat bermanfaat untuk menghidrasi dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.  Minum air putih juga membuat Anda merasa segar dan membantu memulihkan tubuh dengan cepat.  3. Sebelum makan  Untuk Anda yang sedang menjalan acara menurunkan berat badan, sebaiknya minum air putih sebelum makan.  Anda sebaiknya minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan. Hal ini bisa membuat Anda merasa kenyang dan tidak ingin makan dalam porsi besar.  Anda hindari untuk minum air ketika makan.  4. Ketika bangun tidur di pagi hari  Minum air putih di pagi hari bisa melancarkan proses buang air besar. Nir hanya itu, minum air di pagi hari membuat perut merasa kenyang dan memberi energi serta membuang racun dari dalam tubuh.  Anda sebaiknya minum air dalam suhu kamar di pagi hari atau air hangat. Anda sebaiknya menghindari minum air dingin di pagi hari sebab bisa memicu batuk.  5. Sebelum dan sesudah olahraga  Minum air sebelum olahraga akan memberi energi dan menghidrasi tubuh. Minum air setelah olahraga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang  Perlu diingat, Anda sebaiknya tetap minum air putih secara cukup ketika cuaca panas atau dingin.  Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menurunkan berat badan sebaiknya Anda minum sekitar 8 hingga 10 gelas air per hari.  Baca Juga: Selain mengoleskan pengecap buaya, 7 cara mengatasi bibir kering secara alami   Cek Isu dan Artikel yang lain di Google News Editor: Tri Sulistiowati

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Profil Kamala Khan, Superhero Muslim Pertama yang Viral

Liputan6.com, Jakarta Memang benar, bisa saja air minum membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, penjelasan tentangnya lebih rumit daripada hanya sekedar mempersenjatai diri dengan sebotol besar air minum dan memastikan Anda cukup minum di setiap waktu. Karena penurunan berat badan bergantung pada banyak komponen berbeda yang saling bekerja sama, tetapi juga tidak bisa disangkal jika air turut berperan penting.

Sebagaimana kita tahu, air sangat penting bagi insan. Fungsinya dari mengatur suhu tubuh, menjaga kadar darah, sampai mengangkut nutrisi ke dan dari sel. Sehingga air menjadi salah satu zat terpenting bagi insan. Namun masih banyak dari kita yang menderita dehidrasi ringan sampai kronis setiap harinya.

Kemudian pada ketika yang sama, tingkat orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas terus meningkat, mirip halnya jumlah orang yang melaporkan melakukan diet penurunan berat badan atau diet rendah kalori.

Dilansir dari Livescience, terang memang ada banyak dari kita yang ingin mengurangi kelebihan berat badan dan menjadi sehat, sementara air memegang jawaban penting selain untuk menyembuhkan dehidrasi, juga mempertahankan berat badan yang sehat.

Sebelumnya, berdasarkan laporan CDC tahun 2018, ada lebih dari 73% persen orang dewasa di AS kelebihan berat badan, dan lebih dari 42% hidup dengan obesitas. Di Indonesia pun, penderita obesitas mengalami peningkatan, sebagaimana data Riskesdas 2018, satu dari lima anak usia sekolah dasar dan satu dari tujuh remaja di Indonesia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Ini bukan kabar baik mengingat obesitas dan peningkatan BMI secara umum dikaitkan dengan serangkaian persoalan kesehatan, sebagaimana yang tercantum dalam uraian rinci makalah yang dirilis tahun 2017 di Annals of Translational Medicine.

Baca Juga :  Menurut Pasal 4 UU KUP pengisian SPT harus ditandatangani

Tetapi dapatkah air benar-benar membantu kita menurunkan berat badan, dan, dengan melakukan itu, menawarkan kesehatan dan kesejahteraan kita dorongan yang sangat diperlukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran berita yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Mungkin kau pernah dengar manfaat air putih untuk menurunkan berat badan. Kenyataannya hal itu benar loh. Dilansir dari Healthline, 30-59 persen orang dewasa di Amerika Perkumpulan berkurang berat badannya dengan minum air putih.

Meski begitu, kau gak bisa sembarangan minum air putih ya. Konsumsi yang berlebih hanya akan membuatmu over dehidrasi dan tentunya sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Terus gimana cara minum air putih yang benar untuk diet atau turun berat badan? Berikut di antaranya.

pexels.com/Daria Shevtsova

Konsumsi air akan mengendalikan nafsu makanmu. Dengan minum air, kau akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang kau konsumsi akan berkurang.

Dilansir dari WebMD, minum air putih sebelum makan mengurangi asupan makanan sebanyak 75 kalori. Adapun, kalau kau rutin melakukannya, kau bisa mengurangi konsumsi kalori sebesar 27.000.  

usnews.com

Mulailah tinggalkan konsumsi jus kemasan, soda dan teh kotak yang mengandung banyak kalori. Selain bikin berat badan bertambah, konsumsi minuman tinggi kalori dan gula akan meningkatkan risiko banyak sekali penyakit, mirip jantung dan stroke. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Karena Kau Acapkali Haus dan Ingin Terus-terusan Minum 

creativenaturesuperfoods.co.uk

Sebagai gantinya konsumsilah air putih. Kalau bosan, kau bisa tambahkan irisan lemon. Kandungan pektin dalam lemon juga membuatmu mengurangi konsumsi makanan berlebih. Cobalah beberapa minggu dan lihat khasiatnya. 

unsplash.com/justinwarner

Baca Juga :  Https://www.mediafire.com/file/499zhbdwjl7tah4/riffa+atta+viral.zip/file - net.P-Media

Air putih juga berkhasiat untuk mencegah kram otot dan melumasi sendi. Dengan begitu, kau bisa berolahraga lebih lama. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantumu menurunkan berat badan. 

runtastic.com

Kalau kau benar-benar ingin menurunkan berat badan, minimal kau perlu minum delapan gelas atau dua liter per hari. Kau bisa menambah jumlah air yang perlu kau minum kalau kau banyak beraktivitas atau berolahraga yang membuatmu berkeringat.

Adapun, cara termudah untuk mengetahui kau cukup minum atau gak dengan melihat air senimu. Lihatlah apakah warnanya bening atau kuning belia. 

Baca Juga: Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Krusial Banget Lho! Ini Sebab

Baca Artikel Selengkapnya