Contoh Latar Belakang Laporan, Makalah, dan Lainnya

Bali adalah nama dari sebuah pulau sekaligus propinsi yang ada di daerah Indonesia tengah. Pulau yang satu ini terkenal dengan kecantikan alamnya dan juga budayanya. Selain Bali juga menjadi daerah satu-satunya daerah yang dihuni oleh dominan orang Hindu yang ada di Indonesia.

Berbagai proses pembelajaran yang mampu dilakukan di Bali. Bali memberikan pengetahuan mengenai budaya, keindahan alam dan juga pengetahuan perihal keanekaragaman masyarakat.

Bacaan Lainnya

Alasan inilah yang membuat Bali dipilih sebagai daerah study tour untuk siswa SMA Taubah Jp. Ada banyak tempat-tempat yang dikunjungi oleh para siswa dan siswi. Kegiatan yang dilakukan juga sangat banyak.

Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi siswa siswi dan pengajar atau guru yang mendampingi. Poly pelajaran penting yang didapat oleh para siswa.

Beberapa daerah yang dikunjungi oleh para siswa yaitu daerah Pantai Kuta, Pura Tanah Loh dan daerah daerah yang rupawan lainnya. Di sini siswa berbagai belajar banyak mengenai budaya masyarakat yang hidup di Bali.

Siswa dapat mengenal lebih dekat mengenai Bali dan paham akan kondisi Bali yang sebenarnya. Hal ini terang menambah wawasan siswa SMA Taubah Jp.

Kegiatan positif mirip ini harus terus dilakukan, agar siswa dapat belajar banyak hal. Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Siswa harus memahami sebab keberagaman budaya bangsa kita sangat besar.

Contoh 2 :

Contoh Latar Belakang Makalah

Demokrasi menjadi salah satu sistem pemerintahan yang memang dianut oleh banyak negara. Sistem demokrasi ini lahir dari pemikiran Yunani yang kemudian dipraktikkan antara abad ke-6 SM sd abad ke-4 SM. Kendati begitu, kata demokrasi masih belum banyak digunakan mirip ketika ini.

Demokrasi, yang hakikatnya adalah proses bernegara yang bertumpu pada peran utama rakyat sebagai pemegang tertinggi kedaulatan, mulai berkembang pasca perang dunia dua sebagai solusi atas kegagalan paham Naziisme dan Fasiisme dengan membawa keberhasilan yang luar biasa terhadap negara-negara penganut demokrasi.

Mirip misalnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat, kebebasan tanpa memandang ras, dan sebagainya. Berangkat dari keberhasilan tersebut, negara-negara berada di Asia Afrika turut serta menganut paham demokrasi.

Meskipun sudah banyak negara yang berbagi paham demokrasi, namun di setiap negara mempunyai demokrasi dengan tipe yang berbeda-beda. Hal tersebut diadaptasi dengan kondisi masyarakat sekitar.

Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. Seiring bergantinya pemerintahan di Indonesia, sudah berkembang banyak sekali macam model demokrasi yang diterapkan di Indonesia guna menyesuaikan keadaan masyarakat Indonesia pada ketika itu.

Akan tetapi sistem demokrasi yang diterapkan acapkali tidak menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Sampai tercetuslah gagasan demokrasi pancasila yang dianggap paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk, yang mana Pancasila ini diterapkan sampai ketika ini.

Masyarakat harus memahami mengenai demokrasi dengan benar, sebab sistem pemerintahan yang dianut ialah sistem demokrasi. Ini diharapkan demi keberhasilan sistem demokrasi itu sendiri. Maka dari itu, penulis merasa perlu menyusun makalah dengan tema “Demokrasi”.

Contoh 3 :

Contoh Latar Belakang Skripsi Pendidikan

Pendidikan ialah salah satu upaya yang dilakukan insan dalam menumbuhkan dan berbagi potensi diri baik secara jasmani dan juga rohani yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat dan budaya. Kemajuan suatu bangsa atau negara juga tidak lepas dari pendidikannya sebab pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan sumber daya insan (SDM).

Pendidikan juga berperan penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa sebab pendidikan mampu membentuk insan yang cerdas, pintar dan terampil. Pendidikan juga mampu mewujudkan sumber daya insan (SDM) yang berkualitas dan juga memiliki kretifitas yang tinggi serta bisa bersaing dalam setiap tantangan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Adapun tujuan pendidikan yaitu agar mampu membuat insan menuju perubahan tingkah laku yang lebih baik dan lebih intelektual sehingga insan mampu menjadi sosok individu yang berdikari sekaligus menjadi makhluk sosial yang menghasilkan sumber daya insan yang berkualitas. Namun, penyelenggaraan pendidikan ini juga perlu diadaptasi dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

Sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sifatnya formal diselenggarakan oleh pemerintah untuk mewujudkan pendidikan nasional. Cara dalam mencapai tujuan tersebut dengan melalui interaksi di dalam proses belajar di sekolah, sistematik dan juga terarah menuju ke arah perubahan tingkah laku setiap anak didik yang sesuai dengan yang apa menjadi cita-cita.

Aplikasi pendidikan nasional tersebut perlu menjamin peningkatan mutu pendidikan ditengah pengaruh global supaya setiap warga Indonesia menjadi makhluk yang patuh terhadap Yang kuasa Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, agresif dan memiliki daya saing tinggi baik di pergaulan nasional maupun di dalam pergaulan internasional.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Contoh LatarBelakang. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Baca Juga :  Link Video Terbaru Mirip Kayes Onic Tanpa Busana Tersebar Kembali Di Twitter