Fungsi Bunga Pada tumbuhan, Pengertian, Struktur, Bagiannya

Fungsi Bunga

Artikel makalah perihal Fungsi Bunga pada tumbuhan meliputi dari pengetian, manfaat, struktur, bagian-bagian, tujuan, jenis, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa fungsi bunga itu,,, hal ini adalah salah satu jenis tumbukan dengan menarik dalam penyerbuk sehingga dapat membantu dan menciptakan bibit yang baru dengan banyak sekali jenis bunga dan akan menghasilkan aroma yang kuat untuk pemindahan serbuk Sari pada bunga ke salah satu bunga yang lain.

Bacaan Lainnya

Untuk lebih lengkap nya eksklusif saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Bunga

fungsi-bunga

Secara etimologis istilah bunga berasal dari bahasa Latin ialah Flos dengan akibat dari gabungan atau modifikasi yang mencakup dari tangkai bunga dengan bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pada tanaman itu sendiri.

Dengan demikian bunga juga sebagai alat reproduksi seksual yang memiliki beberapa benih yang tertutup atau dapat juga di klasifikasikan dengan adanya prangko atau sebagai Benang Sari.

Maka fungsi dari bunga itu sendiri untuk menarik pada penyerbuk ke tanaman yang dapat membantu dalam menyalurkan tanaman dengan menghasilkan biji.

Baca Juga: Fungsi Batang

Fungsi bunga

Dari beberapa pembahasan yang singkat di atas maka kami juga akan menawarkan beberapa peranan dan fungsi dari bunga,

Mirip yang telah disebutkan di atas fungsi utama bunga sebagai alat yang dapat membantu supaya tanaman dapat berkembang biak dan untuk menarik dalam penyerbuk ke salah satu tanaman untuk menghasilkan biji.

Berikut beberapa fungsi yang terdapat pada bunga yang perlu diketahui diantaranya:

  • Fungsi bunga ialah sebagai alat untuk pembiakan dari banyak sekali jenis tanaman generatif.
  • Fungsi bunga ialah untuk menarik dengan penyebaran dari menyerbukan melalui kotoran burung, serangga, dan lebah.
  • Fungsi bunga untuk menarik sebauh wadah atau situs untuk penyatuan gamet jantan dan betina.
  • Fungsi bunga sebagai organ seksual pada tumbuhan dari penyatuan gamet jantan dalam mikrospora untuk menghasilkan biji.
  • Dalam fungsi bunga memiliki warna-warna yang cerah sebagai memperindah lingkungan.
  • Bunga dapat menghasilkan panas yang mengeluarkan aroma yang tidak diragukan.
  • Fungsi bunga dianggap sebagai organ yang dapat bertahan dalam kondisi yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan.

Struktur Bunga

Dari ulasan yang sudah kami baghas di atas maka di sini juga terdapat struktur bunga dari ragam nya tergantung pada jenis bunga nya.

Berikut beberapa Struktur bunga dapat dikelompokan ialah sebagai berikut:

Struktur Kelopak bunga

Struktur kelopak bunga adalah salah satu jenis bunga yang berfungsi dalam melindungi pada bagian dalam bunga sehingga akan melalui penyerbukan pada bungan yang akan mudah membesar.

 Struktur Mahkota Bunga

Struktur mahkota bunga biasanya lebih besar dari kelopak yang memiliki banyak sekali warna sehingga pada mahkota ini dapat menarik perhatian penyerbukan pada serangga.

Struktur Benang sari

Benang sari adalah salah satu organ reproduksi jantan yang terletak di tengah corolla dan berdekatan dengan stamper bunga, sehingga dapat mengelilingi benang sari dan menghasilkan daun yang akan mengalami modifikasi atau percabangan bunga yang baru.

Struktur Putik

Struktur Putik ialah salah satu organ reproduksi wanita yang terletak di tengah-tengah bunga dan memiliki putik dari benang sari yang mekar dan akan menghasilkan bunga yang tepat dari batang perempuan.

Baca Juga: Fungsi Dinding Sel

Bunga lengkap

Dengan mengetahui beberapa pembahasan di atas maka di sini terdapat beberapa bunga lengkap dengan memiliki bagian-bagian dan fungsi pada bunga tersebut diantaranya ialah:

A. Tangkai bunga

Tangkai bunga ialah bagian dari bunga yang berfungsi sebagai pendukung dan koneksi antara tangkai bunga dan cabang sehingga Tangkai bunga akan dapat menghasilkan cabang yang baru.

B. Dasar bunga

Dasar bunga ialah salah satu bagian dari bunga yang berada di bagian bawah bunga dan akan bertindak sebagai kawasan menempelnya mahkota.

C. Kelopak bunga

Kelopak bunga ialah bagian terluar dari bunga yang akan menutupi mahkota pada ketika masih dalam kuncup sehingga berfungsi untuk melindungi coronet pada ketika masih dalam bertunas dan akan di tutupi oleh daun.

D. Benang sari

Benang sari sebagai alat kelamin laki-laki untuk propagasi bunga yang terdiri dari batang sehingga akan menghasilkan serbuk sari dalam perkembangan bunga nya.

E. Mahkota bunga

Mahkota bunga sebagai salah satu bagian yang terdapat pada bunga yang paling rupawan serta memiliki warna-warni sebagai ornamen dari bunga, sehingga dapat menarik bagi serangga untuk membantu proses penyerbukan.

F. Putik

Putik ialah alat kelamin wanita yang berada di bagian ujung prangko disebut cap kepala yang dapat menghasilkan buah dari proses penyerbukan untuk berkembang biak yang lebih banyak lagi.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan perihal fungsi dari bunga dan beberapa klarifikasinya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berkhasiat dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Fungsi Benang Sari

Baca Juga :  Bisnis Modal Canvas Yang Harus Diketahui

Pos terkait