Fungsi Hati Manusia dan Cara Menjaganya Lengkap

Fungsi Hati Pada Manusia

Fungsi Hati Pada Manusia – Tanpa hati, insan tidak akan mampu hidup atau bertahan hidup sebab hati ini berperan dalam mengatur aliran tubuh. Berbagai fungsi hati pada insan. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Hati Pada Manusia di bawah ini.

Fungsi Hati Manusia

Setiap insan tentunya memiliki hati, yang mana hati ini menjadi salah organ tubuh tubuh yang memiliki peran penting bagi aliran tubuh insan. 

Tanpa hati, insan tidak akan mampu hidup atau bertahan hidup sebab hati ini berperan dalam mengatur aliran tubuh. Adapun fungsi hati pada insan yakni sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
Fungsi Hati Pada Manusia

1. Detoksifikasi

Fungsi hati sebagai penawar racun yang mana racun tersebut berawal dari makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi memiliki potensi adanya racun yang nantinya mampu membahayakan tubuh kita.

Fungsi hati sebagai penawar racun untuk dari apa yang setiap hari kita konsumsi yang diserap oleh tubuh bukan berarti hati bisa menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, akan tetapi hati hanya berperan dalam meminimalisir racun yang masuk pada tubuh kita.

2. Untuk Menyimpan Kadar Gula Darah

Glikogen atau biasa disebut sebagai kadar gula darah ini adalah sumber energi yang mampu membuat kita bergerak lebih aktif dalam kegiatan kita sehari hari. Apabila kita kekurangan kadar gula darah ini maka tubuh akan selalu mengalami kelelahan dan juga lemas. Selian itu fungsi hati ini juga sebagai penyimpan kadar gula darah kalau kadar gula ini kelebihan di dalam hati yang sewaktu-waktu akan dikeluarkan kembali.

3. Sekresi Birubilin

Birubilin, sebagai pemberi warna pada feses dan urine. Hal inilah yang akan menentukan kesehatan dari hati kita. Sebelum digunakan untuk memberi warna, birubilin ini harus memecah senyawa sel darah merah yang akan membahayakan dan harus segera di keluarkan baik itu melalui feses maupun melalui urine.

4. Untuk Menyimpan Vitamin dan Mineral

Fungsi hati selanjutnya yaitu sebagai kawasan menyimpan vitamin dan mineral kalau berlebih dan kalau kekurangan maka hati akan melepaskan apa yang diperlukan oleh tubuh. Adapun vitamin yang disimpan di dalam hati yaitu vitamin yang larut akan lemak mirip A, D, E, K dan vitamin B12.

5. Pembentukan Sel Darah Merah

Hati berperan dalam memproduksi sel darah merah. Sel darah merah ini dalam hitungan bulan akan hancur sehingga hati sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang baru.

Fungsi Hati

6. Sistem Antibodi

Selain sebagai penawar racun, fungsi hati sebagai pertahanan tubuh terhadap banyak sekali penyakit yang mampu menyerang tubuh. Untuk itu diperlukan mekanisme pertahanan yang biasa disebut dengan sel kupffer atau sistem makrofag.

Prosedur ini diperuntukan melawan bakteri ataupun virus yang mampu bersarang di dalam tubuh insan secara efektif. Selain untuk pertahan tubuh fungsi hati juga sebagai sistem imun yang sangat efektif untuk insan.

7. Mengontrol Aliran Tubuh

Hati juga sangat berperan dalam mengontrol aliran tubuh insan.

8. Membuat Protein Flasma

Hati juga berfungsi membuat protein flasma yang sangat diperlukan oleh tubuh semua insan.

9. Menyempurnakan Eritrosit

Fungsi hati selanjutnya yaitu untuk menyempurnakan sel darah merah yang acapkali disebut dengan eritrosit. Untuk menyempurnakan eritrosit maka juga dengan bantuan dari beberapa zat uang dapat membantu yaitu zat hermatin.

Fungsi Hati

10. Untuk Menyimpan Glikogen

Hati sebagai kawasan menyimpan glikogen atau acapkali disebut dengan gula otot. Adanya gula otot ini sebab akibat dari perubahan yang terjadi antara glukosa sendiri. Glukosa yang disebabkan sebab hormon insulin. Jadi, hati juga digunakan dalam mengontrol kadar gula darah.

11. Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Fungsi hati lainnya ialah berfungsi dalam menghindari adanya penggumpalan darah yaitu dengan dilakukannya proses maupun cara untuk mengeluarkan protrombin dan fibrinogen.

12. Menghasilkan Cairan Empedu

Fungsi hati yaitu untuk menghasilkan cairan empedu, yaitu dengan membantu empedu dalam menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu ini dihasilkan dari sel darah merah pada tubuh insan dan yang telah diolah di dalam hati insan.

Cairan empedu pada tubuh insan juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk mengemulsikan lemak yang terdapat pada makanan maupun minuman yang kita konsumsi.

Apa fungsi hati insan?

Fungsi hati yaitu sebagai penawar racun yang mana racun tersebut berawal dari makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi.

Apa saja fungsi hati pada insan?

Hati berperan dalam memproduksi sel darah merah. Sel darah merah ini dalam hitungan bulan akan hancur sehingga hati sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang baru.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Hati Pada Manusia.
Terus jaga selalu kesehatan kita dalam hal menjaga kesehatan Hati dari
banyak sekali gangguan penyakit. Terima kasih.

Artikel lainnya :

Baca Juga :  Pengertian, Penyebab, Jenis, Akibat & Proses Terjadinya

Pos terkait