Imbas Kunjungan Pelosi, China Larang Impor Buah dan Ikan dari Taiwan


loading…

Imbas Kunjungan Pelosi, China Larang Impor Buah dan Ikan dari Taiwan. FOTO/SCMP

BEIJING – China meluncurkan pembatasan pada Rabu (3/8/2022) pada sektor impor buah dan ikan dari Taiwan . China juga menghentikan pengiriman pasir ke pulau itu. Dua langkah pembatasan itu diambil setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Perkumpulan (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Bacaan Lainnya

Perjalanan Pelosi, yang berada di urutan kedua kepresidenan dan pejabat AS terpilih yang paling terkenal untuk mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir, telah memicu badai api diplomatik. Pelosi mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam, setelah peringatan yang semakin keras dari China.

Baca: Makin Genting, Taiwan Tuding China Lakukan Blokade Udara dan Bahari, Ini Peta Terbaru

Administrasi Bea Cukai China mengatakan pada Rabu, bahwa mereka akan menangguhkan beberapa impor buah jeruk dari Taiwan atas dugaan deteksi “berulang” dari residu pestisida yang berlebihan, dan impor ikan sebab tes virus corona positif pada paket.

Dalam pemberitahuan terpisah, Kementerian Perdagangan China menambahkan, pihaknya juga akan “menangguhkan ekspor pasir alam ke Taiwan” mulai Rabu, tanpa menawarkan perincian. Pasir alam umumnya digunakan untuk memproduksi beton dan aspal, dan sebagian besar pasir dan kerikil impor Taiwan berasal dari China.

“Langkah tersebut adalah bagian dari “pola umum untuk Beijing”, kata Even Pay, seorang analis pertanian di konsultan Trivium China, mirip dikutip dari Channel News Asia.

Menurutnya, lebih banyak gangguan pada perdagangan pertanian dan makanan dapat diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga :  Link Video 10 Detik Viral SMA Lombok Timur di Medsos 2022

“Ketika ketegangan diplomatik atau perdagangan semakin tinggi, regulator China biasanya mengambil pendekatan yang sangat ketat terhadap kepatuhan, mencari masalah apa pun yang dapat digunakan untuk membenarkan larangan perdagangan,” tambahnya.

Baca: Memanas, Dua Kapal Induk China Keluar dari Sarangnya, Diduga Mengitari Taiwan

China ialah mitra dagang dan pasar ekspor terbesar Taiwan, dengan perdagangan bilateral tumbuh 26 persen per tahun menjadi USD$328 miliar pada 2021, menurut data resmi.

puncak-media.com