Jelajah Gua Karangpurba Kendal, Bisa Camping Sekaligus

Senin, 1 Agustus 2022 – 08:02 WIB

Perjalanan Kabargadget – Alam di Singgorojo mampu dikatakan keras. Perbukitan kapur banyak terbentang sampai perbatasan Boja di timur, lalu perbatasan Kabupaten Temanggung di selatan. Begitu juga dengan tanaman yang tumbuh di perbukitan. Sebagian besar adalah hutan jati, jagung, palawija, dan semak belukar yang mengering pada trend kemarau.

Bacaan Lainnya

Namun bukan berarti Singorojo yang termasuk dalam Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini minim destinasi wisata. Justru dibalik dan diselingi oleh alam yang keras terdapat banyak kawasan menarik kalau potensinya dikembangkan.

Dan itulah yang dilakukan oleh aktivis kelompok sadar wisata lokal. Salah satunya ialah Irfan Yusuf Atamimi, atau akrab disapa Tomi. Bersama teman-temannya yang lain, ia berusaha memaksimalkan potensi alam di desanya untuk menjadi destinasi wisata yang menarik dan menantang. Mereka juga menyebut destinasi yang dikembangkan dengan nama Karangpurba.

Sinkron dengan namanya, wisata ini berada di perbukitan yang dipenuhi bebatuan besar dan kapur. Kawasan menarik termasuk gua, tebing, daerah hutan, dan bumi perkemahan.

“Gua ini dulu disebut Gua Lawa karena banyak sekali lawa atau kelelawar. Lalu sekarang kita beri nama Gua Karangpurba. Untuk jalur wisata kedalamannya mencapai 100 meter. Untuk jalur caving atau tracking mencapai 200 meter,” terang Tomi di sela-sela keikutsertaan Festival tersebut. Desa Wisata Kendal 2022.

Mirip gua kapur lainnya, di Karangpurba juga terdapat stalaktit dan stalagmit serta ornamen alam lainnya pada dinding batu kapur. Yang cukup menarik, beberapa ornamen berupa hewan laut mirip kerang, ikan dan lain-lain. Bagian dalam gua juga diterangi.

Baca Juga :  Individu Adalah : Contoh dan Karakteristik Individu