Keras! China Putus Kerja Sama dengan AS di Sejumlah Bidang


loading…

Keras! China putuskan kerja sama dengan AS di sejumlah bidang. Foto/Ilustrasi/Sindonews

BEIJING China mengumumkan menghentikan kerja sama dengan Amerika Perkumpulan (AS) di sejumlah bidang, termasuk dialog antara komandan militer tingkat senior. Keputusan ini sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi minggu ini ke Taiwan .

Bacaan Lainnya

Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menghentikan pembicaraan iklim dengan AS, mengutip pengabaian terhadap sikap oposisi kuat China dan representasi keras pada kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Kebijakan ini juga akan menangguhkan kerja sama dengan Washington dalam memulangkan migran ilegal, bantuan peradilan dan kejahatan transnasional, serta tindakan anti-narkoba.

China memandang Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji suatu hari akan mengambilnya, dengan paksa kalau perlu mirip dikutip dari Channel News Asia, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Sebut Kunjungan Pelosi Tindakan Sesat, China Bersumpah Akan Jatuhkan Sanksi

Beijing bereaksi dengan ancaman serta latihan militer menjelang dan setelah kunjungan Pelosi, yang dilihatnya sebagai eskalasi relasi yang tidak dapat diterima antara Washington dan para pemimpin Taiwan ketika ini.

Sebelumnya, China memutuskan untuk menawarkan sanksi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dan keluarga dekatnya sebagai tanggapan atas tindakannya yang “kejam” dan “provokatif”.

Ini ialah respons terbaru Beijing dari serangkaian tanggapan terhadap keputusan Pelosi untuk mengunjungi Taiwan, kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat AS dalam 25 tahun, meskipun China telah berulang kali memperingatkan.

Baca Juga :  Kata tamaluuna dalam Q.S. atTaubah ayat 105 mengandung hukum bacaan

Selama kunjungannya, Pelosi memuji demokrasi Taiwan, keberhasilan ekonomi dan catatan hak asasi manusianya. Dia juga bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan mengadakan konferensi pers bersama.

Baca juga: Biodata Ketua DPR Amerika Perkumpulan Nancy Pelosi yang Bertandang ke Taiwan

puncak-media.com