Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh


Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh

P-mediaManfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh, cengkeh memiliki aroma yang khas dan bentuk yang sangat unik. Pada umumnya, cengkeh di manfaatkan sebegai bumbu penyedap kuliner oleh para masyarakat.

Faktanya, cengkeh juga bermanfaat sebagai obat herbal. Mengutip dari buku yang berjudul menguak tabis & potensi jamu gendong karya suharmiati, cengkeh mengandung eugenol, vanili, tanin, asam galotanat dan kalsium oksalat.

Baca Juga:

Bacaan Lainnya

Selain hal itu, cengkeh juga bersifat analgesik dan antibakteri. Dalam dunia pengobatan herbal, bagian tanaman cengkeh yang banyak di pakai adalah bunga cengkeh.

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh

1. Mencegah kanker

Di lansir dari kompas.com, cengkeh mengandung eugenol yang bisa menangkal radikal bebas yang memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, cengkeh mengandung vitamin C yang bermanfaat mentralisir radikal bebas.

2. Batuk

Cengkeh di percaya mampu mengobati batuk. Hal tersebut di sebabkan oleh cengkeh karna bersifat antibakteri dan anti batuk.

Cengkeh mampu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Untuk mencicipi manfaatnya cukup mudah, kau cukup mengunyah cengkeh dengan garam.

3. Asam urat

Cengkeh mengandung tanin dan kaya akan eugenol. Senyawa aktif tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk mencicipi manfaat dari obat herbal cengkeh ini, untuk asam urat cukup mudah, kau perlu merebus 1 sampai 5 gram cengkeh hingga mendidih.

4. Bau lisan

Cengkeh mampu menghilangkan bau lisan yang tidak sedap. Untuk mencicipi manfaatnya, kau cukup merebus 10 butir bungan cengkeh dengan segelas air sampai mendidih. Kemudian setelah air rebusan bunga cengkeh dingin, kau pakai air itu untuk kumur kumur.

Baca Juga :  Picu Aksi Protes, Bioskop Inggris Tarik Film Putri Nabi Muhammad

5. Sakit gigi

Cengkeh bersifat antiseptik dan analgesik alias pereda nyeri. Hali ini membuat cengkeh di percaya sebagai obat sakit gigi herbal yang manjur.

Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh cukup mudah, kau hanya perlu oleskan minyak cengkeh di atas kapas. Kemudian kau tempelkan kapas itu pada area gigi yang berlubang.

6. Meredakan mual dan muntah

Kau acapkali mengalami mual dan rasa ingin muntah? Cengkeh mampu menjadi solusinya. Bubuk cengkeh yang di tambahkan dengan madu efektif meredakan mual dan rasa ingin muntah sebab lambung yang terluka.

Post Views: 41

puncak-media.com