Memanas, Dua Kapal Induk China Keluar dari Sarangnya, Diduga Kitari Taiwan


loading…

Kapal induk Shandong berada di pangkalan Angkatan Bahari di Sanya, China. Foto/China Military

BEIJING – Dua kapal induk Angkatan Bahari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dilaporkan telah keluar dari homeport masing-masing di tengah kunjungan Ketua DPR Amerika Perkumpulan (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Bacaan Lainnya

Kapal induk Liaoning pada Minggu memulai perjalanan dari pelabuhan asalnya di Qingdao, Provinsi Shandong China Timur.

“Kapal induk Shandong pada Senin berangkat dari pelabuhan asalnya di Sanya, Provinsi Hainan China Selatan, disertai dengan kapal serbu amfibi Tipe 075,” ungkap laporan media di Taiwan pada Selasa (2/8/2022).

Gambaran satelit komersial asing yang diperoleh Dunia Times pada Selasa juga menawarkan kapal induk Liaoning tidak berada di pelabuhan asalnya pada Minggu.

Kapal serbu amfibi Tipe 075 berlayar di Bahari China Selatan pada Minggu, dan kapal induk Shandong sedang berlayar di Bahari China Selatan pada Senin.

Laporan penyiar negara China Central Television (CCTV) pada Senin menawarkan Liaoning sedang berlayar di laut saat para pelaut di atas kapal merayakan Hari Angkatan Darat.

Pejabat eksekutif Shandong, Xu Ying, mengatakan dalam laporan CCTV terpisah pada Senin bahwa Shandong sedang melakukan misi pelatihan reguler pada ketika itu.

“PLA akan melakukan lebih banyak pelatihan kapal induk ganda di masa depan,” ungkap Xu.

puncak-media.com
Baca Juga :  Gerakan Tanah Rusak Puluhan Rumah di Sukabumi, BPBD Buka Posko