Mimpi Punya Alfamart, Alfamidi & Indomaret? Segini Modalnya

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Peluang urusan ekonomi di sektor minimarket memang dinilai semakin menjanjikan. Ketika ini peredaranya mampu masuk sampai pelosok perumahan.

Sehingga banyak masyarakat ketika ini berbelanja pada minimarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang tidak semua lengkap namun beberapa kebutuhan pokok tersedia di gerai mirip Indomaret, Alfamart, sampai Alfamidi.

Bacaan Lainnya

Untuk berinvestasi membuka mini market mirip Alfamidi, juga tidak sulit. Kawan urusan ekonomi hanya hanya perlu membayar biaya investasi terlebih dahulu, dengan jumlah yang ditentukan oleh tipe gerai yang dipilih.

Biaya termurah membuka Alfamidi ialah Rp 750 juta untuk tipe gerai 60, dengan area penjualan 200 – 250 meter persegi dengan total item 6 ribu. Untuk tipe gerai 80, biaya investasinya Rp 850 juta, dengan area penjualan 251-250 meter persegi, dan jumlah item sekitar 7 ribu.

Ad interim tipe gerai 100 membutuhkan biaya investasi Rp 950 juta dengan total barang lebih dari 7.500. Sebagai catatan, biaya tersebut di luar biaya renovasi dan juga kawasan.

Biaya investasi tersebut berlaku 10 tahun yang meliputi merk dagang, sistem, management, dan supply barang. Instalasi kelistrikan, alat-alat toko, perizinan badan perjuangan sampai kelengkapan toko sudah termasuk di dalamnya.

Kemudian, untuk membuka Indomaret, calon mitra urusan ekonomi perlu mengajukan lokasi yang potensial. Tim Indomaret merekomendasikan lokasi yang sudah berdiri bangunan dan dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Adapun biaya investasi yang perlu dikeluarkan kurang lebih sebesar Rp 494 juta. Rinciannya ialah Rp 36 juta untuk franchise fee selama 5 tahun, Rp 9,5 juta untuk promosi pembukaan toko, Rp 221,5 juta renovasi dan tambah daya listrik, dan Rp 227 juta untuk peralatan toko.

Baca Juga :  Ashton Kucher Alami Gangguan Autoimun yang Bikin Buta & Tuli

Spesifik selama IFRA Expo 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Indomaret menawarkan diskon untuk franchise fee menjadi hanya Rp 18 juta. Calon mitra yang tertarik dapat mengunjungi JCC dan datang ke booth Indomaret.

Ad interim itu, biaya membuka Alfamart dibagi menjadi empat kategori tergantung jumlah rak. Adapun rinciannya ialah sebagai berikut:

1. Tipe gerai 9 rak (30 m2): Rp 300 jt
2. Tipe gerai 18 rak (60 m2): Rp 350 jt
3. Tipe gerai 36 rak (80 m2): Rp 450 jt
4. Tipe gerai 45 rak (100 m2): Rp 500 jt

Kapital tersebut sudah mencakup:
– Franchise Fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun
– Instalasi listrik
– Peralatan gerai dan air conditioner
– Cash register dan sistem berita ritel
– Shop sign dan polesign
– Perijinan gerai
– Promosi dan persiapan pembukaan gerai

Perlu diingat bahwa nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada ketika proses pembukaan gerai.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)



sumber : cnbcindonesia.com

Pos terkait