Ngeri! Kena Cacar Monyet Bikin Hidung Orang Ini Membusuk

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Penyakit cacar kera atau monkeypox membuat hidung seorang pasien di Jerman menghitam dan mulai membusuk. Awalnya, pria yang tidak disebutkan namanya ini pergi ke dokter setelah muncul bintik merah di hidungnya. Sebab dianggap sebagai luka yang akan terjadi terbakar sinar matahari saja, pria itu diperbolehkan pulang lagi.

Namun, beberapa hari kemudian, luka di hidungnya itu mulai menghitam. Pria itu juga mengalami luka yang berisi nanah di seluruh tubuh, penis dan mulutnya, mirip yang dilaporkan dalam jurnal medis infeksi Springer Link.

Bacaan Lainnya




Hidung pria itu mulai membusuk setelah diagnosis cacar monyet (Tangkapan layar via PHOTO BY BOESECKE, C., MONIN, M.B., VAN BREMEN, K., SCHLABE, S., HOFFMAN, C. /Infection)Foto: Hidung pria itu mulai membusuk setelah diagnosis cacar kera (Tangkapan layar via PHOTO BY BOESECKE, C., MONIN, M.B., VAN BREMEN, K., SCHLABE, S., HOFFMAN, C. /Infection)
Hidung pria itu mulai membusuk setelah diagnosis cacar kera (Tangkapan layar via PHOTO BY BOESECKE, C., MONIN, M.B., VAN BREMEN, K., SCHLABE, S., HOFFMAN, C. /Infection)

Pasien lalu menjalani tes cacar kera dan diberikan antivirus untuk memerangi virus di tubuhnya. Setelah dites, hasilnya mengungkapkan bahwa pria itu tidak hanya positif cacar kera, tapi juga mengidap penyakit menular seksual sifilis dan HIV. 

Sifilis yang diidapnya ternyata sudah lama dan tidak pernah terdeteksi. Ad interim itu, tes mengkonfirmasi bahwa infeksi HIV yang dialaminya telah menjelma AIDS.

Untuk infeksi cacar monyetnya, obat antivirus yang diberikan dokter cukup untuk mengeringkan luka di kulitnya. Tetapi, hanya mampu memperbaiki sebagian hidungnya yang membusuk dengan mengurangi pembengkakan.

“Kasus pria itu sangat parah karena HIV membuatnya mengalami gangguan kekebalan dan rentan terhadap nekrosis atau kematian jaringan tubuh,” tulis penulis yang dikutip dari New York Post, Jumat (19/8/2022).

Namun, dokter yang menulis artikel untuk infeksi ketika ini tidak menawarkan kabar terbaru soal pria itu.

Cacar kera adalah penyakit langka yang mampu ditularkan dari hewan ke insan. Penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala yang seperti dengan flu, termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala tersebut kemudian menjelma ruam menyakitkan yang dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Badan Kesehatan Global (WHO) telah mendeklarasikan cacar kera sebagai darurat kesehatan global. 


Artikel Selanjutnya


Diwarning WHO, Cacar Monyet Menular atau Nir? Ini Kata Pakar

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga :  Indo Today Mod Apk - Dapatkan Unlimited Poin Gratis

Pos terkait