Pajak subjektif dan objektif adalah jenis-jenis pajak berdasarkan ….

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Bacaan Lainnya

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Pajak eksklusif
  2. Pajak tidak eksklusif
  3. pajak kawasan
  4. Pajak subjektif
  5. Pajak subjektif

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Adalah situs pendidikan pembelajaran online untuk menawarkan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah.
Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Perdeo untuk kau. Semoga Situs Kami Mampu Bermanfaat Bagi kau. Terima kasih telah berkunjung.


35. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Kapital perorangan. (2) Kapital sosial. (3) Kapital konkret. (4) Kapital tak berbentuk. Pernyataan di atas yang adalah mod


al berdasarkan fungsinya ditunjukkan oleh nomor a. (1) dan (2) b. (2) dan (3) (3) dan (4) d. (1) dan (4) C.​


25. Diketahui Ani menyumbangkan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan untuk rasa kepeduliannya terhadap tenaga kesehatan yang melakukan penangan p


andemi Covid-19 agar dalam penanganannya tenaga kesehatan dapat melayani dengan aman. Dari ilustrasi tersebut kalau diterapkan dari motif ekonominya termasuk motif ….. (AKM) internal c. intrinsik b. ekternal d. ektrinsik a. Dahiloveteenhari?​


18. PRJ (Pekan Raya Jakarta) adalah pasar yang waktu pelaksanaanya pada …. setahun sekali b. sebulan sekali C. seminggu sekali d. setiap hari ​


arti dari isi teks sumpah pemudatujuan dan manfaat sumpah pemuda​


menurut hukum penawaran jumlah ulos Batak yang ditawarkan di Tapanuli Utara akan lebih sedikit jika​


plis jawab yang benar ya ngasal saya report plis​


Jelaskan pengaruh hindu-budha dari segi bahasa​


Qa.Tolong dijawab okee !!!1. Apa itu “game” ?2. Apa itu “teknologi” ?3. Apa saja kemajuan teknologi zaman sekarang??4. Jelaskan kemajuan teknologi zam


an sekarang !!No 5 dan 6 teka tekii 5. Kalau ada sebuah pesawat yang mengangkut 122 insan, kalau pesawat tersebut jatuh di perbatasan Indonesia dan Malaysia, maka yang selamat di kuburkan di ??6. Kalau anda memiliki 10 bebek dan diambil oleh dirimu 10 bebek maka bebekmu tersisa ??Nt : Jann apus butuh banget buat besokk.[tex]boxed{by : : junior}[/tex]​

Baca Juga :  Seorang pemain yang bertugas sebagai penyerang dalam permainan sepak bola disebut


berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana aspek sosial?Pelukisan perkembangan​


Jelaskan contoh-contoh nama tokoh dan tujuan perlawanan rakyat Indonesia terhadap:A.VOC B.Portugis C.BelandaD.Jepangminta tolong besok mau di kumpulin





. pilihlah persoalan penelitian yang berkaitan dengan covid-19. jelaskan alasan anda memilih persoalan tersebut! kemudian buatlah draft judul dari persoalan


penelitian anda tersebut!


1) jelaskan masing-masing fungsi dari fungsi computer a. input, pemrosesan b. penyimpanan c. pengendalian, output


2. berikan contoh praktis; mengapa dapat terjadi kegagalan (kinerja rendah) dan keberhasilan bumn atau bumd dalam mendukung pembangunan ekonomi atau k


esejahteraan rakyat (misalnya terkait dengan kinerja pln, pt kai, pdam, dll)


2. seorang karyawan bekerja di pt. abc menyisihkan sebagian gajinya untuk diinvestasikan pada sebuah warnet dengan jangka waktu selama 4 tahun dengan


jumlah uang yang dimilikinya sebesar rp 70.000.000 dengan tingkat suku bunga yang disepakati adalah 8%, maka bagaimana perhitungannya?


Ada prinsipnya perencanaan itu untuk membantu tercapainya tujuan suatu organisasi atau perusahaan. apa yang anda ketahui mengenai kontroversi dari per


encanaan? berikan contoh kasusnya.


Apa yang anda ketahui perihal perusahaan dagang dan aap hubungannya dengan jurnal khusus


Apakah yang dimaksud dengan sistem kolaborasi elektronik? berikan contoh aplikasi-aplikasi yang termasuk dalam sistem dan jelaskan


Berikan pandangan anda bahwa mitos kepemimpinan disadari atau tidak menghipnotis pengembangan organisasi!


Biaya berbasis hubungannya volume kegiatan produksi, beban penyusutan mesin – mesin produksi termasuk dalam golongan biaya ….


. diketahui : neraca saldo 31 maret 2019 keterangan debet kredit kas 10.800.000,- asuransi dibayar di muka 4.800.000,- peralatan 120.000.000,- perleng


kapan kantor 2.600.000,- utang perjuangan 79.200.000,- modal 58.000.000,- pendapatan 9.000.000,- beban gaji 6.400.000,- beban listrik 1.600.000,- jumlah 146.200.000,- 146.200.000,- berita tambahan penyesuaian: 1. tarif premi asuransi sejumlah rp400.000,- per bulan. 2. perlengkapan yang masih tersisa di gudang hingga pada tanggal 31 maret 2019 sebesar rp2.000.000,-.

Jenis-jenis pajak di Indonesia dikelompokkan berdasarkan cara pemungutan, sifat dan lembaga pemungutnya. Apa saja jenis-jenis pajak yang dimaksud?

Jenis-jenis pajak berdasarkan cara pemungutannya terdiri dari pajak eksklusif dan pajak tidak eksklusif.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Video Di Tiktok Tanpa Watermark

Jenis-jenis pajak berdasarkan sifatnya terdiri dari pajak subjektif dan pajak objektif.

Ad interim jenis-jenis pajak berdasarkan lembaga pemungutannya terdiri dari pajak sentra dan pajak kawasan.

Nah, agar lebih mengetahui jenis-jenis pajak tersebut, yuk, kita ulas semuanya satu per satu:

Pajak Eksklusif dan Pajak Nir Eksklusif

Mirip yang telah disebutkan sebelumnya, pajak eksklusif dan pajak tidak eksklusif adalah kategori jenis pajak yang dikelompkkan berdasarkan cara pemungutannya.

Pajak Eksklusif adalah pajak yang bebannya ditanggung sendiri oleh wajib pajak dan tidak dapat dialihkan kepada orang lain.

Dengan kata lain, proses pembayaran pajak harus dilakukan sendiri oleh wajib pajak bersangkutan.

Seorang anak, misalnya, tidak boleh mengalihkan pajak kepada orangtuanya. Begitupun seorang suami tidak boleh mengalihkan kewajiban pajaknya pada istri.

Sedangkan Pajak Nir Eksklusif adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain sebab jenis pajak ini tidak memiliki surat ketetapan pajak.

Adalah, pengenaan pajak tidak dilakukan secara bersiklus melainkan dikaitkan dengan tindakan perbuatan atas kejadian sehingga pembayaran pajak dapat diwakilkan kepada pihak lain.

Baca Juga: Apa Saja yang Termasuk dalam Pajak Eksklusif dan Pajak Nir Eksklusif

Pajak Subjektif dan Pajak Objektif

Kemudian ada jenis pajak yang digolongkan berdasarkan sifatnya yakni pajak subjektif dan pajak objektif.

Pajak subjektif adalah pajak yang berpangkal pada subjeknya sedangkan pajak objektif berpangkal kepada objeknya.

Suatu pungutan disebut pajak subjektif sebab memperhatikan keadaan diri wajib pajak.

Model pajak subjektif adalah pajak penghasilan (PPh) yang memperhatikan perihal kemampuan wajib pajak dalam menghasilkan pendapatan atau uang.

Pajak objektif adalah pungutan yang memperhatikan nilai dari objek pajak.

Model pajak objektif adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari barang yang dikenakan pajak.

Pajak Sentra dan Pajak Kawasan

Pajak sentra dan pajak kawasan adalah jenis pajak yang pengelompokannya berdasar pada lembaga pemungutannya.

Pajak sentra adalah pajak yang dipungut dan dikelola oleh Pemerintah Sentra, dalam hal ini sebagian besar dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Akibat dari pungutan jenis pajak ini kemudian digunakan untuk membiayai belanja negara mirip pembangunan jalan, pembangunan sekolah, bantuan kesehatan dan lain sebagainya.

Proses administrasi yang berkaitan dengan pajak sentra dilaksanakan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak serta Kantor Sentra Direktorat Jenderal Pajak.

Baca Juga :  The Secret Of Life Pets

Berbeda dengan pajak sentra/ nasional, pajak kawasan adalah pajak-pajak yang dipungut dan dikelola oleh Pemerintah Kawasan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Akibat dari pungutan jenis pajak ini kemudian digunakan untuk membiayai belanja pemerintah kawasan.

Proses administasinya dilaksanakan di Kantor Dinas Pendapatan Kawasan atau Kantor Pajak Kawasan atau kantor sejenis yang dibawahi oleh pemerintah kawasan setempat.

Poly yang menerka kalau pajak sentra dan pajak kawasan berdiri sendiri sebab akibat dari pajak sentra dan pajak kawasan digunakan untuk membiayai rumah tangga masing-masing.

Nyatanya, pajak sentra dan pajak kawasan bersinergi satu sama lain dalam membangun Indonesia secara nasional dari Aceh sampai Papua.

Pembangunan nasional dapat berjalan dengan baik kalau ada kesesuaian acara kegiatan antara pemerintah sentra dan pemerintah kawasan.

Model Jenis-jenis Pajak Sentra dan Pajak Kawasan

Berikut ini pajak yang dikelola oleh pemerintah sentra:

  1. Pajak Penghasilan (PPh)
  2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  3. Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  4. Bea Materai
  5. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB perkebunan, Perhutanan, Pertambangan)

Berikut ini pajak yang dikelola oleh pemerintah kawasan:

1.    Pajak provinsi terdiri dari:

  • Pajak Kendaraan Bermotor.
  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.
  • Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.
  • Pajak Air Permukaan.
  • Pajak Rokok.

2.    Pajak kabupaten/kota terdiri dari:

  • Pajak Hotel.
  • Pajak Restoran.
  • Pajak Hiburan.
  • Pajak Reklame.
  • Pajak Penerangan Jalan.
  • Pajak Mineral Bukan Logam dan Donasi.
  • Pajak Parkir.
  • Pajak Air Tanah.
  • Pajak Sarang Burung Walet.
  • Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.
  • Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan.
  • Sekadar berita saja, mulai tahun 2014, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan masuk dalam kategori pajak kawasan. Sedangkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkebunan, Perhutanan dan Pertambangan masih tetap adalah pajak sentra.

Ketika ini, Anda dapat melakukan pembayaran dan pelaporan pajak sentra melalui OnlinePajak. Nir hanya itu, Anda pun dapat mengelola transaksi urusan ekonomi, payroll karyawan, sampai pembayaran BPJS di dalam satu perangkat lunak terpadu. Daftar sekarang di sini, atau pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada laman berikut ini.

Video yang berafiliasi

Pos terkait