Pengertian Administrasi – Fungsi, Manfaat, Tujuan, Metode, Ciri Ciri

Pengertian Administrasi

Artikel makalah perihal Pengertian Administrasi meliputi dari, fungsi, ciri-ciri, jenis, klarifikasi, tujuan, unsur, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu administrasi,,, Hal ini adalah salah satu ungkapan yang sangat acapkali didengar dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu di jelaskan bahwa administrasi akan mudah menjawab secara detail bagai mana cara kerja administrasi. Untuk lebih jelasnya eksklusif saja simak pada artikel kami di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Definisi Administrasi

Pengertian Administrasi ialah salah satu bentuk dan aktivitas urusan ekonomi yang terkait pada pengaturan perihal kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi sehingga administrasi berperan sebagai menentukan kegiatan organisasi.

Dengan demikian pengertian administrasi sebagai konsep yang dapat dapat diartikan secara sebagai bentuk kegiatan yang mencakup catatan, korespondensi, akuntansi yang sederhana supaya dapat meningkatkan kegiatan teknis yang lainnya.

Pengertian administrasi juga dapat mencakup semua proses dua individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang melalui penggunaan fasilitas dan infrastruktur yang tertentu secara efisien.

Maka dapat didefinisikan menjadi tiga bagian ialah:

  • Administrasi sebagai proses yang memerlukan tip secara kondisional dan situasional sehinga dapat selalu berafiliasi dengan situasi yang kawasan.
  • Administrasi sebagai unsur-unsur tertentu antara individu yang memiliki tujuan tertentu sehingga akan berafiliasi dangan sarana dan prasarana.
  • Administrasi sebagai peradaban insan yang bertujuan untuk mencapai tujuan secara bersama.

Baca Juga: Globalisasi Ialah

Fungsi Administrasi

Dari beberapa ulasan yang telah kami baghas di atas maka kami juga akan menawarkan beberapa fungsi yang terdapat pada administrasi ialah sebagai berikut.

A. Directing – Ialah salah satu organisasi yang dapat berinteraksi dengan anggota dalam bentuk instruksi, saran, dan perintah sehingga tugas dapat dilakukan dengan baik dan benar.

B. Staffing – Ialah salah satu organisai kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya insan dan sumber sehingga dapat memulai rekrutmen tenaga kerja dengan pengembangan dalam organisasi.

C. Coordinating – Ialah salah satu organisasi kegiatan yang berfungsi sebagai manajemen yang dapat melakukan kegiatan untuk memastikan kekacauan dalam kolaborasi untuk kemajuan organisasi.

D. Reporting – Ialah salah satu organisasi dalam bentuk pemberitahuan perihal perkembangan atau akibat kegiatan dengan cakupan untuk menawarkan tinjauan perihal kinerja anggota organisasi.

E. Budgeting – Ialah suatu kegiatan dalam merancang manajemen keuangan dengan anggaran pada organisasi yang berlangsung.

F. Organizing – Aalah suatu kegiatan yang dapat menyusun dan membangun kerja antara anggota organisasi demi mencapai urusan ekonomi yang di tujuan dari organisasi

G. Rencana – Ialah suatu kegiatan dengan perencanaan yang dapat memerlukan administrasi sehingga dalam pengumpulan data akan mudah terlaksana.

Ciri Ciri Administrasi

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan menawarkan ciri-ciri yang terdapat pada Administrasi diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Administrasi memiliki target daatau sasaran yang terang
  • Administrasi memiliki dua orang yang dapat melakukan kegiatan
  • Administrasi memiliki pola yang dibentuk dalam kerjasama
  • Administrasi memiliki bentuk perihal pengaturan dari lembaga yang akan di buat
  • Administrasi memiliki struktur atasan yang di lakukan pada karyawan

Baca Juga: Pengertian Proposal

Jenis Administrasi

Berdasarkan kinerja nya administrasi juga terdapat beberap macam jenis yang secara umum sehingga masyarakat dapat dengan mudah untuk mengetahuinya.

Berikut beberapa jenis administrasi diantaranya:

Administrasi pendidikan 

Administrasi pendidikan ialah dalam bentuk lembaga yang dapat membangun Puncak-media.com lingkup pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas dalam pembelajaran.

Administrasi Perkantoran 

Administrasi Perkantoran Ialah dalam bentuk yang mengacu pada aktivitas dengan pencatatan yanbg berkaitan pada kegiatan kantor dengan organisasi perusahaan, sehingga dapat mengolah dalam bentuk rancangan.

Administrasi Negara 

Administrasi negara ialah dalam bentuk yang luas sebab dapat mencakup dengan kegiatan bernegara sehingga dapat diproses dan dilakuan tentu mempercepat permasalahan.

Administrasi Keuangan 

Administrasi keuangan ialah dalam bentuk pengelolaan dengan anggaran pada organisasi perusahaan sehingga keuangan memiliki sumber dengan terkontrol dan akan diketahui tanpa adanya pengawasan dari pihak yang bersangkutan.

Tujuan Administrasi

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan menawarkan beberapa tujuan yang terdapat pada administrasi diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Tujuan jangka panjang

Tujuan jangka panjang dapat di lakukan dalam bentuk organisasi dengan adanya pola dari administrasi sehingga dapat ditujukan untuk mencapai yang bersifat:

  • Kualifikasinya yang tidak terbatas
  • Administrasi bersifat generatif

2. Tujuan jangka pendek

Tujuan jangka pendek dapat di lakukan dalam bentukj organisasi yang bersifat lebih kecil untuk menertipkan kebijakan dengan divisi jangka pendek secara spesifik dengan kualifikasi yang tidak terbatas.

Baca Juga: Adat Ialah

Unsur Administrasi

Setelah mengetahui dari pembahasan di atas maka kami juga akan menawarkan beberapa unsur yang terdapat di dalam administrasi secara umum yang acapkali di kenal.

Berikut ini ialah unsur yang terdapat pada Administrasi di antaranya:

1. Relasi masyarakat

Dalam hal ini masyarakat akan memiliki sistem manajemen yang dapat menciptakan antara relasi yang baik dengan komunitas atau kelompok yang tertentu.

2. Keuangan

Dalam hal ini administrasi dapat dengan mudah untuk mengontrol keuangan sehingga berfungsi untuk mengetahui arus uang masuk atau uang yang keluar.

3. Adanya tata perjuangan

Dalam hal ini administrasi dapat mengetahui suatu kegiatan yang di dasai dari akuntansi yang mencatat semua jenis transaksi sehingga dapat mengontrol arus keluar akibat.

4. Pengaturan (Manajemen)

Dalan hal ini juga administrasi akan membutuhkan manajer yang bertindak sebagai regulator untuk menjalankan tugasnya dengan mengelola organisai.

5. Staff (kepegawaian)

Dalam hal ini juga administrasi dapat dengan mudah untuk mendukung proses organisasi dengan baik sehingga dapat memegang peranan dan kekuasaan pada gerakan PHK.

6 Kelompok Organisasi

Dalam hal ini juga administrasi dapat dengan mudah untuk melindungi kelompok – kelompok yang akan melakukan proses yang terkait untuk melakukan tugas dari administrasi dengan organisai yang terkait.

Nah demikianlah yang dapat kami habas mengenai ulasan perihal pengertian dari administrasi dan beberapa fungsinya, semoga artikel kami ini dapat menawarkan wawasan untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Abiotik ialah

Baca Juga :  Rumah Adat Maluku - Nama, Gambar, Ciri, Penjelasan

Pos terkait