Pengertian Bakteri – Jenis, Ciri, Struktur, dan Peranannya

Pengertian Bakteri – Bakteri adalah suatu organisme yang memiliki satu sel atau uniseluler, prokariota atau prokariot, dan berukuran microskopik atau berukuran sangat kecil serta tidak memiliki klorofil. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Bakteri mulai dari Pengertian Bakteri, Jenis Jenis Bakteri, Karakteristik Karakteristik Bakteri, Struktur Bakteri, dan Bakteri beserta peranannya di bawah ini.

Pengertian bakteri

Bacaan Lainnya

 

Pengertian Bakteri

Bakteri adalah suatu organisme yang memiliki satu sel atau uniseluler, prokariota atau prokariot, dan berukuran microskopik atau berukuran sangat kecil serta tidak memiliki klorofil. Asal kata Bakteri ini sendiri berasal dari kata “bacterium” dalam bahasa latin.

Bakteri memiliki banyak sekali macam spesies jumlahnya sendiri mencapai sampai ratusan ribu. Selain itu, Bakteri ialah organisme yang paling banyak yang berada di muka bumi ini. Adapun kawasan tinggalnya berada di dalam tanah, di atas tanah, di udara, di air, di organisme lain dan masih banyak lagi. Bakteri bertumbuh serta berkembang sesuai dengan ph, suhu, temperatur, kandungan garam, zat kimia, zat metabolisme serta sumber nutrisi.

Bakteri pertama kali di temukan oleh ilmuan yang bernama Anthony Van Leewenhoek, yang kemudian di kemukakan dalam bentuk buku bergambar bekteri pada tahun 1684. Adapun ilmu yang mempelajari mengenai bakteri ialah bakteriologi.

Jenis Jenis Bakteri

Mengacu kepada penjelasan di atas bahwa jumlah bakter sangatlah banyak, namun kali ini akan di jelaskan mengenai jenis jenis bakteri berdasarkan cara mereka mendapat makanan dan dari cara mereka memperoleh oksigen. Adapun penjelasanya yakni sebagai berikut :

  1. Bakteri Heterotrof yakni adalah bakteri yang memakan senyawa organika dari organisme lain. Bakteri heterotof terbagi menjadi 2 yaitu bakteri parasit dan bakteri sprofit.
  2. Bakteri Autotrof yakni adalah bakteri yang bisa membuat makananan untuk dirinya sendiri. Bakteri jenis ini terbagi menjadi dua yaitu bacteri kemoautotrof dan bacteri fotoautotrof.

Berikut ini ialah pengelompokkan bakteri berdasarkan cara mereka memperoleh oksigen, adapun penjelasannya sebagai berikut :

  1. Bakteri Aerob yakni ialah bakteri yang memperoleh energi dengan cara menangkap oksigen bebas. Bakteri jenis ini ialah nitrosococcus, nitrosomonas, dan nitrobacter.
  2. Bakteri Anaerob yakni ialah bakteri yang dalam menerima energi tidak membutuhkan oksigen bebas. Energinya berasal dari proses perombakan senyawa organik dan tidak harus menggunakan oksigen di dalam proses itu, proses tersebut disebut dengan fermentasi. Bakteri jenis ini di bedakan menjadi dua yaitu anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Karakteristik Karakteristik Bakteri

Berikut ini ialah ciri ciri bakteri, diantaranya :

  • Bersel satu atau bersel tunggal
  • Prokariotik
  • Kandungan kromosom haploid
  • Hidupnya secara autotrof maupun heterotrof
  • Memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil
  • Berkembang biak dan bereproduksisecara seksual dan aseksual
  • Memiliki bentuk sel yang bervariativ, ada yang berbentuk batang, bundar, spiral dan bentuk lainnya
  • Memiliki alat gerak bernama flagel, namun ada juga sebagianyang tidak dilengkapi dengan alat gerak tersebut
  • Butuh kelembaban yang tinggi, yakni kurang lebih 85% untuk kelanjutan hidupnya
  • Mempunyai dinding sel peptidoglikan pada lingkungan yang ekstrim dan kosmoploit mengandung peptidoglikan.

Struktur Bakteri

Bakteri memiliki struktur yang terdiri atau tersususn atas dinding sel, kapsul, membran sel, materi genetik, ribosom, sitoplasma, bulu cambuk, dan plasmid. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

  1. Dinding sel

Dinding sel tersusun dari 2 elemen, protein & polisakarida. Dinding sel inilah yang berperan dalam menjaga bentuk tetap dari bakteri. Terletak di luar membran sel, dinding sel juga berperan dalam melindungi bakteri terhadap lingkungan luar.

  1. Kapsul

Kapsul yakni selubung pelindung yang tersusun dari polisakarida. Adapun letaknya yang berada di luar dinding sel, kapsul berperan dalam menjaga bakteri agar tidak mengalami kekeringan, dan menjaga bakteri dari antitoksin sel inang. Kapsul tidak dimiliki semua jenis bakteri, sebab hanya dimiliki jenis-jenis tertentu saja, yakni hanya yang bersifat patogen saja.

  1. Membran sel

Membran sel terbentuk dari lemak dan juga protein. Membran sel berada di luas plasma sebab fungsinya yakni untuk membungkus plasma dan mengatur pertukaran mineral dari sel kel luar sel maupun sebaliknya. Membran sel bersifat semipermeable serta menghasilkan enzim respirasi.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan yang ditemukan di dalam sel. Sitoplasma ini sendiri tersusun oleh koloid dari banyak molekul organik, mirip lemak, karbohidrat, protein, mineral. Di sinilah kawasan terjadinya proses reaksi – reaksi metabolisme.

  1. Bulu cambuk

Bulu cambuk flagel ialah alat gerak yang digunakan cacing untuk mobilitasnya, sehingga memudahkan bakteri untuk mendekati makanan, dan menjauhi racun / jenis bahan kimia.

  1. Materi genetik

AND atau biasa disebut dengan DNA bakteri ini tidak tersebar dalam sitoplasma, namun tersebar di nukleoid. ADN sendiri berperan untuk mengendalikan proses sintesis protein bakteri, & pembawa zat sifat.

  1. Ribosom

Ribosom, jenis bakteri yang satu ini berfungsi dalam sintesis protein dan tersusun juga dari protein. Kalau dilihat dengan menggunakan mikroskop, ribosom ini terlihat mirip struktur kecil melingkar.

  1. Plasmid

Plasmid yakni adalah sesuatu yang mengandung gen-gen tertentu diantaranya gen patogen, serta gen kabel antibiotik. Plasmid bisa memperbanyak diri kurang lebih hingga dengan 20 plasmid dalam satu sel.

Bakteri dan Peranannya

Berikut ini ialah beberapa bakteri beserta perannya, Perhatikan di bawah ini !

Nama bakteri  Peranan
Eschersichia Pembusukan
Rhizobium leguminosarum Besimbiosis dengan polongan, mengikat, Nitrogen
Lactibacillus bulgarius Yogurt
Acetobacter xylinum Nata de coco
Lactobacillus casei Keju
Methanobacterium Biogas
Streptomyces griceus Antibiotis streptomisin

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Bakteri. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

  • pengertian udara

    Pengertian Udara – Manfaat, Jenis, dan Cara Menjaganya

  • Tulang Rawan

    Tulang Rawan – Pengertian, Struktur, Fungsi, Jenis, dan Karakteristik

  • Hewan Melata

    Fauna Melata – Pengertian, Karakteristik, Jenis, Model, dan Gambar

Baca Juga :  Series Adaptasi Alan Wake Akan Dibuat! – P-Media

Pos terkait