Perbedaan Art Paper dan Art Carton Beserta Kegunaannya

Perbedaan Art Paper dan Art Carton Beserta Kegunaannya – Art carton sebenarnya mempunyai karakteristik yang sama dengan art paper. Mengenai perbedaannya yaitu terletak pada ketebalannya. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Perbedaan Art Paper dan Art Carton beserta Kegunaannya di bawah ini.

Perbedaan Art Paper dan Art Carton

Bacaan Lainnya

Perbedaan Art Paper dan Art Carton

Di masyarakat, ada banyak sekali macam jenis kertas. Dari kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari mirip kertas HVS, juga kertas yang kita kenal di percetakan mirip art paper dan art carton, namun sebagian orang masih galau perihal perbedaan dari kedua kertas ini, sebab memang kalau dilihat sekilas kertas ini hampir sama, namun sebenarnya kedua kertas tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Lalu apa perbedaan Art Carton dengan Art Paper?

Art Paper

Art paper merukan kertas jenis coated yang mana kertas ini memiliki permukaan yang licin dan halus serta mengkilap. Art paper juga memiliki ketebalan yang bervariasi dari 85 gram hingga dengan 150 gram. Art paper ini biasanya digunakan untuk mencetak kalender, brosur, flyer, poster, bahkan majalah. Meskipun sulit ditulis sebab sifatnya yang licin dan mengkilap, art paper dapat ditambahkan laminasi baik doff maupun glossy.

Art Carton

Art carton sebenarnya mempunyai karakteristik yang serupa dengan art paper. Mengenai perbedaannya yaitu terletak pada ketebalannya. Art Carton memiliki ketebalan yang bervariasi mulai dari 190 gram hingga dengan 310 gram, sedangkan Art paper mirip sudah dijelaskan sebelumnya memiliki ketebalan 85 Gram-150. Kalau tadi art paper digunakan untuk kalender, brosur, flyer, poster. Berbeda dengan Art carton yang biasanya menjadi bahan dasar kartu nama, kartu stamp, hang tag, dan lain-lain.

Model Produk Dari Art Carton dan Art Paper

Berikut ini ialah contoh produk dari penggunaan art carton dan art paper, yang perlu kita ketahui, yaitu :

1. Greeting Crad

Greeting card adalah salah satu contoh dari penggunaan art paper. Kartu perkenalan diri ini mampu di desain sesuai kebutuhan. Maksudnya ukuran mampu diadaptasi dengan kebutuhan mampu mengikuti ukuran normal ataupun sesuai cita-cita. Greeting card pada umumnya digunakan oleh para profesional yang memerlukan identitas kartu pengenalan guna kepentingan pekerjaan.

2. Gift Tag

Gift tag adalah salah satu dari beberapa macam contoh penggunaan dari art carton dan art paper. Memiliki ketebalan mulai dari 190 gr hingga dengan 310 gr, bahan ini memang sangat direkomendasikan sebagai material dalam membuat kartu hadiah. Sebab Gift Tag ini memiliki ketebalan yang sesuai, maka kartu ucapan hadiah ini akan menjadi lebih awet dan tahan lama dan juga keunikan dari gift tag ini yaitu mampu di desain bervariasi.

3. Poster

Mirip yang maklumi bersama bahwa desain yang ditampilkan oleh poster biasanya menggunakan beragam warna dan dapar dikatakan cukup kompleks. Dalam memenuhi semua kualitas yang diminta tersebut, maka art paper menjadi apa yang diperlukan. Dengan karakteristik tinta yang akan tetap tahan berada di atas permukaan kertas, membuat poster tampak lebih tajam dan menjadi menarik.

4. Product Tag

Tentunya kalain sudah pernah melihat produk yang satu ini sebab sudah sangat familiar apalagi bagi mereka yang acapkali berbelanja pakaian. Product tag ini mampu kita lihat pada tag pakaian yang dijual. Bahan dari tag tersebut mampu dibuat dengan menggunakan carton khusus yang memiliki tingkat ketebalan lebih tinggi. Benda tersebut memiliki sebuah peranan yang sangat penting, sebab menjadi tanda pengenal atau identitas diri dari sebuah brand.

5. Kalender Dinding

Yang acapkali kita lihat yaitu Kalender dinding yang mana kalender dinding ini termasuk satu di antara sekian banyak contoh art paper yang paling sesuai. Memiliki bahan yang tidak mampu menyerap debu atau kotoran. Art paper ini memberikan tingkat kualitas gambar yang tinggi, sebab memang bahannya juga rupawan. Mengusung tekstur serupa couted paper, yang memiliki ketahanan terhadap kelembaban. Kertas ini dapat menampilkan warna yang lebih tajam.

Dan juga jenis kertas art carton dan art paper ini juga memiliki kemampuan sulit menyerap tinta print.  membuat proses pengeringan yang dilakukan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Namun meskipun cepat, warna yang dihasilkan tetap baik. Apabila Anda ingin mencetak produk dengan desain gambar yang sangat detail dan kompleks, maka kalian mampu menggunakan bahan yang satu ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Perbedaan Art Paper dan Art Carton. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

  • Polimer

    Polimer – Pengertian, Model, Kegunaan, Jenis, dan Sifat

  • Klasifikasi Jamur

    Pembagian terstruktur mengenai Fungi – Tabel, Pengertian, Karakteristik, Struktur, Reproduksi

  • Kingdom Monera

    Kingdom Monera – Karakteristik, Makalah, Gambar, Pembagian terstruktur mengenai, dan Model

Baca Juga :  Sandiaga Uno Bertandang ke Kantor Google, Bahas Kolaborasi di Sektor Ekonomi Kreatif