Profil Said Ismagilov, Ulama Besar Ukraina yang Ikut Berperang Melawan Rusia

Profil Said Ismagilov, Ulama Besar Ukraina yang Ikut Berperang Melawan Rusia

loading…

Ulama Ukraina Sheikh Said Ismagilov ikut berperang melawan Rusia. Foto/risu.ua

KIEV – Permasalahan Rusia dan Ukraina tampaknya belum kunjung usai. Hal ini membuat masyarakat terbelah menjadi dua, ada yang pro-Rusia dan ada juga yang pro-Ukraina.

Bacaan Lainnya

Sebagai seorang Muslim Ukraina, Sheikh Said Ismagilov turut lantang menyuarakan pendapatnya dalam melawan Rusia. Bahkan, sang mufti juga tidak segan untuk ikut berperang.

Ia pun melepaskan jabatannya sebagai mufti pada Juni kemarin dan menjadi pengemudi penembak jitu di unit medis ASAP Hottabich. Ia bertugas mengevakuasi mereka yang terluka di garis depan.

Baca juga: Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Rusia Transfer Rp297 Triliun ke Turki

Said Ismagilov yang berasal dari Donetsk, lahir pada 9 Agustus 1978. Dia terkenal lantang dalam melawan separatis pro-Rusia yang menguasai wilayah Donbass.

Berkat kekritisan pemikiran dan kelantangannya tersebut, Sheikh Said Ismagilov bahkan hampir meregang nyawa ketika melewati wilayah Donbass.

Kendaraan beroda empat yang dikendarainya menerima tembakan sampai menembus kaca kendaraan beroda empat. Beruntung ia memakai rompi antipeluru sehingga dirinya dapat selamat dari agresi peluru tersebut.

Baca juga: Rusia Peringatkan AS dan UE Soal Ketegangan Baru di Kosovo: Setop Provokasi!

Said Ismagilov menempuh pendidikan agama di Departemen Teologi Universitas Islam Moskow dan lulus pada tahun 1997.

Melalui studinya, dia memperoleh gelar Diploma dan Imam Khatib. Pada tahun 2022, sang imam melanjutkan pendidikannya di universitas negeri, Institute of Artificial Intelligence, Departemen Filsafat dan Studi Agama.

Baca Juga :  Bagaimana Penyedia VPN Gratis Menghasilkan Uang?
puncak-media.com