Rumah Adat Kalimantan Timur – Nama, Gambar, Makalah

Rumah Adat Kalimantan Timur – Kalimantan Timur ialah salah satu wilayah yang ada di Indonesia dan wilayah yang memiliki karakteristik khas dalam hal budaya. Namun selain itu, ada beberapa jenis budaya lain yang tetap terus melekat sampai ketika ini. Budaya tersebut yaitu ialah rumah tata cara Kalimantan Timur.

Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Rumah Adat Kalimantan Timur meliputi Nama Rumah Adat Kalimantan Timur, Gambar Rumah Adat Kalimantan Timur, dan Makalah Rumat Adat Kalimantan Timur di bawah ini.

Bacaan Lainnya
Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah adat kalimantan timur

Rumah Lamin adalah rumah tata cara Kalimantan Timur, yang menjadi identitas Suku Dayak Kenyahk. Pada tahun 1967, pemerintah menetapkan rumah tata cara lamin ini menjadi rumah tradisional. Rumah yang sangat besar dan juga luas ini bisa menampung banyak anggota keluarga.

Rumah lamin ini bisa dihuni oleh 12 – 30 keluarga, bahkan ada yang bisa menampung sampai ratusan orang. Berdasarkan bentuknya rumah rumah Lamin ini berbentuk rumah panggung.

Lantainya berada di atas tiang, yang mana tiang ini menjadi penyangga kayu yang berbentuk silindirs dengan jumlah yang banyak tersebar di bagian bawah bangunan rumah. Memiliki panjang 300 meter dengan lebar 15 meter serta tinggi 3 meter dari permukaan tanah.

Rumah yang bisa menampung sampai ratusan orang ini terbuat dari kayu ulin yang terkenal kokoh, tahan lapuk bahkan bisa bertahan sampai ratusan tahun. Kayu khas Kalimantan ini konon katanya apabila terkena air malah membuat kayu lebih kuat mirip besi.

Karakteristik Khas Rumah Adat Kalimantan Timur

Terdapat beberapa yang menjadi ciri khas dari rumah tata cara kalimantan timur ini, diantaranya :

Rumah Lamin

1. Terdapat Goresan

Karakteristik khas yang utama dan menonjol dari Rumah tata cara Kalimantan Timur yaitu terletak pada goresan-goresan etnik rupawan berupa gambar yang bermakna. Gambar-gambar yang diukir biasanya bermotif makhluk hidup

Mirip tampilan wajah insan, tumbuhan, hewan, dan sejenisnya. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, goresan-goresan yang dibuat tersebut akan mampu menjaga keluarga yang menempatinya dari bahaya ilmu hitam yang sewaktu-waktu menyerang.

2. Bahan Konstruksi

Sebagian besar bahan konstruksi yang digunakan ialah kayu ulin, yang hanya akan didapatkan di hutan Kalimantan. Kayu ulin ialah kayu yang terbaik dan bersifat sangat kuat, sebab tidak mudah lapuk.

Kemudian apabila terkena air, kayu ini bertambah keras dan kuat mirip besi. Oleh sebab itu, banyak orang yang menjuluki nya dengan julukan kayu besi, yang mana efektif digunakan untuk penyangga lantai dan dinding.

3. Memiliki Rona Yang Khas

Selain itu, ciri lain rumah Lamin ini memiliki warna-warna yang didesain kontras dan bisa menghiasi dasar dindingnya. Kuning, merah, hitam, biru, dan putih menjadi pilhan warna yang utama yang acapkali selalu digunakan dalam arsitektur Rumah Lanin ini.

Dalam makna filosofis, merah adalah simbol keberanian, kuning simbol kewibawaan, putih simbol kebersihan jiwa, dan hitam ialah simbol keteduhan bagi masyarakat kalimantan timur.

4. Pembagian Puncak-media.coman

Puncak-media.coman dalam Rumah Lamin ini biasanya terbagi menjadi 3 Puncak-media.coman, yakni Puncak-media.com tamu, Puncak-media.com tidur, dan juga Puncak-media.com dapur. Wujud dari Puncak-media.com tamu yakni Puncak-media.com yang kosong dan panjang yang digunakan sebagai kawasan mendapatkan tamu atau Puncak-media.com pertemuan tata cara.

Puncak-media.com tidur yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin nya dari penghuni rumah tersebut, yakni laki-laki dan perempuan. Namun ada juga Puncak-media.coman tidur yang khusus bagi pasangan yang telah resmi menikah.

5. Tangga & Rongga di bawah rumah Rumah

Tangga dalam Rumah Lamin yakni digunakan oleh tuan rumah untuk mengantar tamu/pengunjung ke lantai rumah. Sebab bentuknya ialah panggung, maka sangat diharapkan penggunaan tangga untuk menghubungkannya dengan dasar tanah. Tangga yang digunakan untuk mengantar tamu tersebut juga dibuat dari kayu ulin, sehingga tidak mudah lapuk atau dimakan rayap

Sedangkan kolong rumah ialah Puncak-media.coman terbuka di bawah rumah yang dihimpit oleh beberapa tiang-tiang penyangga yang tersebar di sepanjang bagian bawah lantai rumah. Rongga di bawah rumah rumah biasanya akan digunakan untuk kawasan atau sangkar hewan peliharaan mirip sapi, kambing, atau kuda. Namun juga kolong rumah ini juga acapkali digunakan sebagai lumbung padi.

Filosofi Rumah Adat Kaliamantan Timur (Rumah Lamin)

Rumah lamin kalimantan tmur

Nilai filosofis dari rumah lamin ini terletak pada ukuran bangunan yang besar, yang menawarkan masyarakat Dayak sebagai masyarakat yang hidup secara bersamaan, bermasyarakat dan gotong-royong, Yang tentunya kita harus mampu mengambil suatu pelajaran dari nilai dan filsafat dari rumah tata cara kalimantan timur tersebut.

Namun selain itu, bangunan dengan ukuran yang sangat luas tersebut menyimpan banyak sekali tanda tanya perihal bagaimana karakteristik Rumah Lamin yang khas.

Apa nama rumah tata cara kalimantan timur?

Rumah Lamin adalah rumah tata cara Kalimantan Timur, yang menjadi identitas Suku Dayak Kenyahk.

Apa filosofi rumah tata cara kalimantan timur?

Nilai filosofis dari rumah lamin ini terletak pada ukuran bangunan yang besar, yang menawarkan masyarakat Dayak sebagai masyarakat yang hidup secara bersamaan, bermasyarakat dan gotong-royong.

Apa ciri khas rumah tata cara kalimantan timur?

1. Terdapat goresan goresan yang unik
2. Bahan konstruksi nya menggunakan kaya ulin
3. Memiliki warna yang khas
4. Memiliki banyak Puncak-media.coman
5. Terdapat tangga dan kolong rumah

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Rumah Adat Kalimantan Timur. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Baca Juga :  Fungsi Tulang Selangka Bagi Manusia

Pos terkait