Salah satu peran daerah dalam kerangka NKRI adalah menyukseskan program

Klik Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, mampu saja tidak akurat dikarenakan si penjawab mungkin bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban lain dari banyak sekali sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Semangat Belajar..#

Bacaan Lainnya

Dijawab oleh ### Pada Thu, 11 Aug 2022 03:25:19 +0700 dengan Kategori PPKn dan Sudah Dilihat ### kali

Jawaban:

– PENDIDIKAN

– KESEHATAN

– SOSIAL

Klarifikasi:

maaf banget jika salah :)

Baca Juga: Akibat dari 4/5-3/4 = tolong ya abang abang sebentar lagi deadline tugas

nya plsssss​

op.dhafi.link/jawab Adalah Website Konklusi dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. aku harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

tirto.id – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang utuh dan berdaulat serta bagiannya tidak dapat berubah.

Hal ini terdapat dalam pasal 37 ayat (5) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Perubahan keempat yang berbunyi, “Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan.”

Indonesia sebagai negara kepulauan tentu tidak mampu hanya mengandalkan pengawasan dari sentra. Oleh sebab itu, setelah melewati banyak sekali proses panjang, Indonesia kini memiliki 34 provinsi yang secara singkat bertujuan menyelenggarakan tugas atau fungsi pemerintahan daerah dan bertanggung jawab pada sentra.

Baca Juga :  View Timnas Prancis 2021 Euro Pics – P-Media

Substansi pembagian daerah NKRI diatur dalam pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945: Perubahan keempat yang berbunyi, “Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang”.

Dikutip dari goresan pena Lukman Surya Saputra dkk., dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017), konsekuensi dari pelaksanaan otonomi daerah, yakni daerah otonom harus berperan nyata dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, pemberdayaan, partisipasi masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, dan kekhasan suatu dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun, otonomi daerah yang dijalankan selama ini semata-mata hanya dipahami sebagai perpindahan kewajiban pemerintah sentra kepada pemerintah daerah untuk masyarakat. Padahal tugas pemerintah daerah lebih luas dari itu.

Menurut Septi Nur Wijayanti dalam jurnal berjudul Relasi Antara Sentra dan Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 (2016).

Padahal substansi penting dari otonomi daerah adalah pelimpahan kewenangan dari sentra ke daerah secara politik dan ekonomi agar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi berlangsung secara adil dan merata di daerah.

Selain itu, juga sebagai dasar memperluas pelaksanaan demokrasi dan instrumen mewujudkan kesejahteraan umum.

Masih dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017), disebutkan peran daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain:

a. Mempertahankan bentuk dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana ketentuan pasal 37 ayat (5) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi, “Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”.

b. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pendapatan masyarakat.

Baca Juga :  Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2, 2022

c. Memajukan bangsa melalui inovasi dan kreativitas aparatur sipil negara di daerah.

d. Melaksanakan pembangunan nasional untuk meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, kesempatan dan kualitas pelayanan publik, dan daya saing daerah.

e. Berbagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis.

Dengan kekayaan sumber daya alam dan insan di Indonesia, setiap daerah memiliki peran penting dalam kerangka NKRI.

Dibentuknya fungsi pemerintahan dengan pembagian urusan antara pemerintah sentra dan daerah, mencerminkan negara Indonesia yang berpegang pada bentuk negara kesatuan. Hal ini berarti butir Pancasila sila ketiga telah berhasil dijalankan.

Baca juga: Apa Saja Jenis-Jenis Belanja Negara Pemerintah Sentra dan Daerah?

Baca juga
artikel terkait
ILMU KEWARGANEGARAAN
atau
goresan pena menarik lainnya
Nika Halida Hashina

(tirto.id – nka/adr)


Penulis: Nika Halida Hashina
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Nika Halida Hashina

Array

Subscribe for updates
Unsubscribe from updates


10. Memperlakukan insan/orang lain sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk ciptaan Yang kuasa Yang Maha Esa dan mengakui persamaan derajat,


hak dan kewajiban asasi setiap insan tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan sebagainya berarti kita sudah melaksanakan Pancasila, terutama sila​


mohon jawab a dan b dan juga kolom warna biru besok harus di kumpul ​


relasi sila ke 2 dan ke 3​


relasi sila ke 1 dan ke 2​


penerapan nilai-nilai Pancasila secara berurutan dari periode lama periode baru dan periode reformasi adalah​


berikanlah contoh hak dilingkungan1.rumah2.sekolah3.masyarakatdalam bidang politik,​


B. Tulislah Akibat atau yang akan terjadi yang terjadi pada sikap-sikap berikut. 1. Tian tidak pernah ikut ibu dan ayah ke gereja.2.Pak roni tidak mau ikut kegia


tan kerja bakti di masyarakat. 3. Todi tidak menawarkan hak pilihnya ketika pemilihan ketua kelas. 4.Lia Bersikap acuh pada teman-teman yang berbeda ekonomi dengan dirinya. 5.dani suka berbicara kasar dengan orang yg lebih tua. ​

Baca Juga :  Kumpulan Deretan Aplikasi Yang Akan Diblokir Kominfo 2022


Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai Pancasila yang bersifat tetap, tidak berubah selama Negara Indonesia
berdasarkan Pancasila!


Sebutkan syarat-syarat satuan standar! yh​


Hak memiliki mencari,dan mengumpulkan kekayaan adalah pasal….

Pos terkait