Sebutkan dua klub sepak bola yang ada di jawa barat

Bola.com, Jakarta – Indonesia dikenal sebagai negara yang berkebudayaan. Hal itu juga lantas memengaruhi julukan yang disematkan kepada klub-klub sepak bola yang ada.

Hampir seluruh klub sepak bola di Indonesia memiliki julukan. Mulai dari nama mitos, tokoh kerajaan, sampai nama-nama hewan.

Bacaan Lainnya

Penggunaan nama-nama julukan yang berasal dari hal tersebut diperlukan mampu membangkitkan semangat dari klub tersebut. Wajar jika julukan yang dipilih acapkali dianggap mampu menciutkan nyali lawan.

Namun, klub Indonesia tak sembarangan dalam memilih julukan. Nama yang dipilih harus memiliki makna mendalam, sakral, dan mampu menawarkan dampak kepada permainan para pemain di lapangan.

Selain itu, ada juga penggunaan nama pahlawan yang berasal dari kawasan klub tersebut. Hal itu diperuntukan agar para pemain yang menjadi lambang mampu membanggakan daerahnya melalui prestasi..

Lantas, apa saja julukan yang dimiliki klub-klub sepak bola di Indonesia, khususnya di Perserikatan 1 2020?

Arema FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Singo Edan adalah julukan yang dimiliki Arema FC, satu dari sejumlah klub tersohor di Indonesia. Julukan tersebut terbentuk dari dua kata Singo dan Edan.

Singo adalah Singa yang dikenal sebagai Raja Rimba dan simbol kota Malang. Adapun Edan yang berarti gila atau tidak waras. Namun dalam hal ini diartikan sebagai permainan yang bisa membuat kagum.

Bali United Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bali United memiliki julukan Serdadu Tridatu. Serdadu adalah prajurit atau pejuang yang berjuang di medan perang, sedangkan Tridatu adalah susunan benang yang memiliki nilai filosofis oleh umat Hindu.

Tridatu menggabungkan warna merah, putih, dan hitam. Rona tersebut hingga ketika ini selalu melekat di jersey Bali United.

Barito Putera Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Barito Putera adalah klub yang dikenal memiliki julukan Laskar Antasari. Nama tersebut merujuk pada Sultan Banjar, yakni Pangeran Antasari.

Baca Juga :  Aplikasi Penguat Sinyal Android Paling Ampuh 2022 Terbukti Work 100%

Beliau ialah Pahlawan Nasional Indonesia dari Kesultanan Banjar yang berpusat di Kalimantan Selatan, kawasan asal Barito Putera. Pangeran Antasari berperan dalam perlawanan terhadap kolonial Belanda.

Logo Bhayangkara FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Bhayangkara FC memiliki julukan The Guardians. Secara harfiah, Guardians adalah bahasa Inggris yang berarti Malaikat Pelindung.

Guardians merujuk kepada Kepolisian Republik Indonesia yakni pemilik Bhayangkara FC. Polri memiliki sologan melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat Indonesia.

Pusamania Borneo FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Borneo FC memiliki julukan Pesut Etam. Hal itu merujuk pada mamalia langka yang hidup di Sungai Mahakam sekaligus ikon kota Samarinda yang menjadi markas Borneo FC.

Etam memiliki arti Kami yang kalau digabungkan Pesut Etam kurang lebih bermakna Borneo FC adalah pujian masyarakat Samarinda mirip halnya Pesut (lumba-lumba air tawar).

Madura United Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Madura United adalah klub yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Klub tersebut memiliki julukan Laskar Sape Kerap.

Julukan tersebut diyakini merujuk pada identitas kedaerahan yang dimiliki Pulau Madura. Sape Kerap adalah tradisi yang ada di Madura yakni kesenian karapan sapi yang dikendari joki.

Filosofi Laskar Sape Kerap adalah jika jatuh, bangun; hilang bola, merebut; ketinggalan, dikejar.

Logo Persebaya Surabaya. (Bola.com/Dody Iryawan)

Persebaya Surabaya dikenal sebagai klub yang memiliki julukan Bajul Ijo. Julukan itu berarti Buaya Hijau.

Mirip diketahui, Surabaya dikenal sebagai kota yang identik dengan hewan buaya. Hal itu sesuai dengan nama Surabaya yang adalah penggabungan dua kata yakni Suro yang berarti Hiu dan Boyo atau Buaya.

Tentunya, ada makna di balik julukan tersebut, terutama cita-cita agar Persebaya seganas buaya saat berlaga.

Persela Lamongan Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persela Lamongan memiliki julukan Laskar Joko Tingkir. Julukan itu merujuk pada dua kata yakni Laskar yang berarti tentara, kelompok, atau pasukan dan kata Joko Tingkir yang adalah legenda dari Tanah Jawa.

Baca Juga :  Arti Mimpi Dikejar Anjing Menurut Mitos Islam, Psikolog & Primbon Jawa

Joko Tingkir adalah nama lain dari Sultan Hadiwijaya, raja pertama dari Kerajaan Pajang yang berpusat di Demak, Jawa Tengah.

Menurut Bupati Lamongan periode 2000-2010, H. Masfuk, Persela memilih julukan itu terkait dengan petilasan Joko Tingkir di Lamongan. Publik Lamongan berharap Persela sebagai klub kawasan mampu mirip Joko Tingkir yang awalnya anak dalang sampai menjadi raja.

Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persib Bandung memiliki julukan Maung Bandung. Mirip diketahui, wilayah Jawa Barat identik dengan Harimau yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan Maung.

Sosok hewan tersebut melekat dengan sosok tenar bernama Prabu Siliwangi, raja dari kerajaan Padjadjaran. Syahdan, Prabu Siliwangi yang sakti mengubah wujud menjadi Harimau atau Maung.

Berdasarkan cerita itu, seniman Bandung, Kang Ibing, menciptakan lagu “Jung Maju Maung Bandung”. Semenjak itulah, Persib mendapat julukan Maung Bandung.

Persija Jakarta Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persija Jakarta memiliki julukan Macan Kemayoran. Julukan tersebut diambil dari Cerita Rakyat perihal seorang pemuda pemberani yang tak kenal takut mirip Macan.

Pemuda tersebut bernama Murtado yang berasal dari kawasan Kemayoran. Murtado itu sempat disegani oleh Pemerintah Hindia Belanda sebab mahir dalam melakukan bela diri sehingga julukan Macan Kemayoran melekat pada dirinya.

Persik Kediri Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persik Kediri memiliki julukan Macan Putih. Hal itu merujuk pada lambang Pemerintah Kota Kediri.

Meski demikian, kabarnya Macan Putih adalah penjelmaan dari Prabu Jayabaya. Sosok tersebut adalah Raja ketiga dari Kerajaan Kediri sekaligus menjadi pemimpin yang berpengaruh dalam peradaban masyarakat Jawa.

TSC_Persipura Kampiun TSC 2016_Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persipura Jayapura dikenal memiliki julukan Mutiara Hitam. Hal itu merujuk pada anak Papua asli sebab memiliki tubuh yang tegap dengan bola mata yang berbinar dan dikelilingi bulu mata lenting.

Orang Papua juga dikenal memiliki senyum yang manis dan gugusan gigi yang rapi dah putih. Hal itulah yang menginspirasi Persipura Jayapura dijuluki Tim Mutiara Hitam.

Persiraja Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Persiraja Banda Aceh dikenal sebagai klub yang memiliki julukan Laskar Rencong. Nama tersebut merujuk pada senjata tradisional yang berasal dari Aceh yakni Rencong.

Baca Juga :  Where Is ‘Falling For Figaro’ Filmed?

Senjata tersebut melambangkan identitas diri, keberanian, dan ketangguhan suku Aceh. Hal itulah yang digunakan Persiraja agar menjadi klub yang berani dan tangguh.

Persita Tangerang Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Julukan Pendekar Cisadane melekat di Persita Tangerang. Mirip diketahui, Cisadane ialah nama sungai yang memiliki hulu di Gunung Pangrango dan bermuara di Bahari Jawa.

Sungai tersebut melintasi Tangerang yang menjadi kawasan kekuasaan Persita. Adapun Pendekar Cisadane merujuk pada tokoh cerita rakyat yang kabarnya berhasil mengalahkan teror dari Ratu Siluman Buaya di Sungai Cisadane.

Tira Persikabo Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Tira Persikabo ketika ini memiliki julukan Laskar Padjadjaran. Awalnya julukan itu dimiliki oleh Persikabo Kabupaten Bogor.

Namun, setelah kedua tim melakukan merger maka nama tersebut melekat ke Tira Persikabo. Padjadjaran ialah kerajaan yang berada di wilayah Jawa Barat dan kawasan kekuasaan juga berada di Bogor.

PSIS Semarang Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

PSIS Semarang dikenal memiliki julukan Laskar Mahesa Jenar. Kabarnya, nama itu diambil dari seorang jagoan yang berasal dari Jawa.

Dalam sebuah novel yang ditulis SH Mintardja yang berjudul Nagasasra dan Sabukinten terdapat tokoh yang bernama Mahesa Jenar. Meski begitu, belum diketahui secara absolut apakah sosok tersebut nyata atau fiktif belaka.

PSM Makassar Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

PSM Makassar memiliki julukan Juku Eja. Julukan tersebut mengacu pada kata Ikan Merah yang adalah makanan pokok masyarakat Makassar.

Ikan Merah dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi dan simbol kekuatan. Selain itu, ikan dianggap sebagai lambang kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai masyarakat maritim.

PSS Sleman Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

PSS Sleman memiliki julukan Super Elang Jawa. Hal itu mengacu pada burung yang endemik dan dilindungi di Pulau Jawa.

Kabarnya, Elang Jawa dianggap sebagai hewan yang identik dengan lambang negara Republik Indonesia yaitu Garuda. Di Sleman yang adalah kawasan asal PSS juga terdapat tugu Elang Jawa.

Pos terkait