Seni tekstil berupa tenun tradisional yang biasa dilakukan pada alat tenun vertical disebut

Dok. SHUTTERSTOCK/ZULFIKRI SASMA

KOMPAS.com – Tapestri adalah sebuah teknik membuat karya tekstil dengan cara menenun benang-benang. 

Bacaan Lainnya

Tapestri memiliki kesamaan dengan merajut. Media yang digunakan dalam kerajinan tersebut mirip benang, sabut kelapa, kain, kertas yang digulung kecil serta benda lain. 

Jenis tapestri mirip karpet, atau hiasan dinding dengan bahan dasar serat. Bentuk yang dibuat bermacak-macam, mulai dari ditenun, diikat, dirajut dan proses yang lain. 

Dilansir Situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tapestri ialah tenunan yang dibuat dari benang-benang, serat-serat atau bahan lain memungkinkan baik berwarna maupun tidak berwarna.

Baca juga: Pengertian dan Model Akibat Seni Kriya Gerabah 

Hal tersebut digunakan sebagai bahan penutup lantai, pembungkus mebel, dan terakhir dipakai sebagai hiasan dinding.

Kata tapestri diambil dari bahasa Perancis tapiesserie yang berarti penutup lantai atau bahasa latin tapestrum.

Tapestri ialah bentuk seni tekstil berupa tenun tradisional yang dikerjakan dengan alat tenun vertikal yang dapat dilakukan di lantai.

Jenis tenun yang dianyam secara vertikal disebut dengan lungsi, sedangkan yang dimasukkan atau dianyam secara horizontal disebut dengan pakan.

Dikutip dari buku  Membuat Hiasan Dinding Teknik Tapestri (2003) karya Umi Badriyah, pengertian tapestri berasal dari kata bahasa Perancis “Tapiesserie” yang adalah tapis yang hampir sama dengan penutup lantai.

Bahasa Yunani menyebutkan permadani, arti umumnya dari tapestri ialah tenunan yang dibuat dari benang-benang berwarna yang dipergunakan untuk penutup lantai, kemudian dipergunakan untuk penutup dinding atau hiasan dinding, atau permadani dinding.

Baca juga: Merancang dan Membuat Karya Seni Kriya Kawasan Setempat

Baca Juga :  Cara Menggunakan Aplikasi Dana | P-media.com™

Karya tenunan tapestri dapat digunakan sebagai media seni maupun benda yang memiliki fungsi pakai. 

Karya tenun tapestri memiliki keindahan dan bentuk yang unik. Sebab jalinan tenunan benang-benang aneka warna yang menutupi bidang gambar dan paduan unsur-unsur bahan lain.

Alat dan Bahan Tenun Tapestri

Pembuatan karya tenun tapestri membutuhkan beberapa peralatan dan bahan. 

Bahan yang digunakan dalam pembuatan tapestri berupa benang sulam atau benang wol, serta jenis benang lainnya.

Pada pembuatan tapestri diperlukan ketekunan, ketelitian dan kesabaran sebab kerapihan adalah salah satu daya tarik karya seni tapestri.

Baca juga: Jenis-Jenis Seni Kriya 

Bahan lain yang mampu dipakai dalam pembuatan karya seni ini berupa:

Kayu spanram berfungsi untuk mengaitkan benang lungsi dan jalinan pakan yang membentuk corak atau motif tenunan.

Spanram dapat dibuat dengan bahan kayu yang salah satu sisi berhadapan diberikan paku berukuran 1 cm.

Stik es krim berfungsi untuk menggulung benang yang akan ditenun.

  • Batang kayu sumpit (jarum paku)

Batang kayu sumpit ialah bentuk batang kayu menyerupai sumpit bentuk yang agak besar dan ujungnya agak tumpul sebagai pengikat benang pakan yang berjalan untuk memudahkan memasukkan benang.

Baca juga: Seni Kriya: Pengertian dan Fungsinya

Gunting berfungsi untuk memotong sisa benang wol dan bahan-bahan yang tidak terpakai.

Sisir berfungsi untuk merapikan atau merapatkan benang-benang yang sudah ditenun hingga menerima kerapatan yang baik.

Dapatkan update isu pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install software Telegram terlebih dulu di ponsel.

5 contoh kerajinan tapestry – Tapestry ialah sebuah bentuk seni tekstil berupa tenun tradisional yang biasa dilakukan pada alat tenun vertikal. Namun, juga dapat dilakukan di lantai juga. Proses htenun ini terdiri dari dua arah benang yang bersilangan, yang sejajar dengan panjang disebut “warp” / benang lungsin dan sejajar dengan lebar disebut “weft” / benang pakan.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Ponsel Xiaomi Black Shark 5 RS

, cita-cita kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda mampu melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya perihal  Membuat Saku Samping pada Celana dan Rok

buka mesin jahit : http://edupaint.com/pojok-unik/pojok-unik-interior/5315-tapestry-keindahan-tenun-tangan-yang-memukau.html

Pos terkait