Tidur Siang Bisa Sebabkan Penyakit Jantung? Perhatikan Ini

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Ketika kelelahan melanda, tidur siang ialah salah satu cara ampuh untuk mengembalikan energi. Tidur siang sendiri didefinisikan sebagai tidur singkat, setidaknya 5 menit tetapi tidak lebih dari 2 jam, yang dilakukan setelah makan siang. 

Kendati demikian, menurut beberapa penelitian, tidur siang juga mampu meningkatkan risiko beberapa persoalan kesehatan. 

Bacaan Lainnya

“Tidur siang adalah hal lazim di seluruh dunia dan umumnya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat,” kata penulis studi Dr. Zhe Pan dari Guangzhou Medical University, China. “Pandangan umum di masyarakat adalah tidur siang bisa meningkatkan kinerja dan melawan konsekuensi negatif dari ‘kurang tidur’. Studi kami mencoba menantang pandangan umum tersebut.”

Akibat analisis menemukan bahwa tidur siang yang lama (lebih dari 60 menit) dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular (jantung) 34% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Secara keseluruhan, tidur siang dengan durasi berapa pun dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 19%. Risiko ini lebih tinggi pada wanita, yang memiliki kemungkinan kematian 22% lebih besar yang akan terjadi tidur siang dibandingkan tanpa tidur siang.

Meski demikian, tidur siang yang singkat (kurang dari 60 menit) tidak berisiko memicu penyakit kardiovaskular (jantung).

“Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang yang lebih pendek (terutama yang kurang dari 30 hingga 45 menit) dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari.”

Alasan mengapa tidur siang menghipnotis tubuh masih belum absolut, tetapi beberapa penelitian menawarkan bahwa tidur siang yang terlalu lama terkait dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi, yang berisiko bagi kesehatan jantung dan umur panjang. Penelitian lain juga menghubungkan tidur siang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan kesehatan fisik yang buruk secara keseluruhan.

Baca Juga :  Ibis Paint X APK Mod 9.2.3 (Unlocked full) Download For Android - Info Aktual

“Jika Anda ingin tidur siang, penelitian kami menunjukkan bahwa paling aman untuk melakukannya di bawah satu jam. Bagi kita yang tidak terbiasa tidur siang, tidak ada bukti yang meyakinkan untuk memulai kebiasaan tersebut.”

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Penyakit Jantung Bisa Terlihat dari Kuku & Kulit, Pernah Cek?

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Pos terkait