WHO: Cacar Monyet Bisa Sebabkan Lebih Banyak Kematian

WHO: Cacar Monyet Bisa Sebabkan Lebih Banyak Kematian

Jakarta, CNBC Indonesia – Penyakit cacar kera telah menyebabkan empat kasus kematian baru di Afrika dan India. Organisasi Kesehatan Global (WHO) mengatakan bahwa penyakit menular itu kemungkinan akan menyebabkan lebih banyak kematian.

“Dengan penyebaran cacar monyet yang terus berlanjut, kami memperkirakan akan ada lebih banyak kematian,” kata Catherine Smallwood, Pejabat Darurat Senior di WHO Eropa, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Business Insider. 

Smallwood menekankan bahwa seluruh negara perlu melakukan upaya terkoordinasi untuk menghentikan wabah ini. Namun, dalam banyak kasus biasanya cacar kera mampu sembuh dengan sendirinya dalam 2-4 minggu tanpa perlu pengobatan.

Bacaan Lainnya

Endemi cacar kera terbaru yang pertama kali dilaporkan pada Mei, telah menyebar ke 78 negara dengan lebih dari 18.000 kasus, menurut laporan pembaruan terakhir WHO pada 28 Juli. Pada ketika itu, lima kematian terkait cacar kera dilaporkan dari Afrika.

Pekan lalu, dua kematian dilaporkan dari Spanyol dan masing-masing satu dari Brasil dan India. Seorang pemuda 22 tahun, dari Kerala meninggal pada hari Sabtu dilaporkan sebab cacar kera.

India sejauh ini melaporkan empat kasus cacar kera yang dikonfirmasi, tiga di antaranya di Kerala, dan satu di Delhi. “Saatnya bagi kita semua untuk bertindak,” ucap Smallwood sebelumnya di Twitter.

Sebelumnya, WHO resmi menetapkan penyakit cacar kera sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Hal ini diucapkan eksklusif oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus melalui akun Twitternya.

“Berdasarkan Kriteria Peraturan Kesehatan Internasional, saya memutuskan untuk menyatakan wabah ini sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Twitter miliknya @DrTedros, Minggu (24/7/2022).

Baca Juga :  New Viral Video Bihar Samastipur Rosera

Umumnya, cacar kera menyebar melalui kontak fisik dekat. Namun pada banyak kasus sekarang, virus cacar kera menular lewat relasi seks.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya Ini Asal Usul Penyakit Cacar Monyet yang Kini Disorot WHO

(hsy/hsy)

puncak-media.com