6 Pantai di Blitar yang Memiliki Panorama Alam yang Menakjubkan dan Indah

Gaya Hidup Kabargadget – Ada berbagai tempat wisata pantai di Blitar yang wajib dikunjungi oleh anda yang menyukai laut. Memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan yang akan membuat pengalaman liburan semakin seru dan mengasyikkan. Wisata alam ini merupakan cara yang paling cocok untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Sebab, wisata alam tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga dilengkapi dengan udara yang sejuk, bersih, dan segar. Salah satu bentuk wisata alam yang menjadi favorit banyak orang adalah wisata pantai di Blitar. Blitar sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang letaknya dekat dengan laut sehingga banyak dijumpai pantai-pantai.

Bacaan Lainnya

Sebelum mengunjungi berbagai pantai di Blitar, ada baiknya Anda mempertimbangkan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan sesampainya di sana. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan peralatan yang diperlukan. Hal ini dikarenakan banyak pengelola yang tidak menyediakan peralatan yang lengkap atau fasilitas yang kurang memadai.

Jadi, akan lebih baik jika Anda sudah menentukan kegiatan yang akan dilakukan saat berlibur di sana. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain bermain pasir, berenang, snorkeling, menyelam, berselancar, naik perahu, berkemah, bersantai di pantai, menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit, dan berfoto. Berikut ulasan lengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Pantai di Blitar ini memiliki panorama alam yang sangat sejuk dan sering menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut. Pasalnya, penampakan di pantai ini sangat mirip dengan Raja Ampat di Papua. Untuk menuju lokasi ini, Anda harus mencoba jalan berbukit terlebih dahulu.

Meski jalur yang ditempuh cukup terjal, namun sesampainya di pantai, Anda akan melihat pemandangan laut biru yang sangat jernih dengan tebing-tebing besar yang mengelilinginya. Lokasi Pantai Peh Pulo berada di Dusun Peh Pulo, Desa SumClean, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

2. Pantai Serang

Pantai Serang merupakan salah satu pantai di Blitar yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Terletak di Desa Serang, Panggungrejo. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak laut yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga.

Setiap tanggal 1 Sura dalam penanggalan Jawa, masyarakat setempat biasanya akan mengadakan ritual Larung Saji di pantai ini. Penduduk setempat akan menyembelih ternak, lalu kepalanya dicuci ke laut. Tujuan dari ritual tersebut adalah untuk menyelamatkan warga sekitar untuk tahun depan.

3. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Dibutuhkan tenaga dan tenaga yang prima untuk bisa mengunjungi pantai yang satu ini. Terletak di kawasan Desa Sidomulyo, Bakung, pantai ini memiliki akses jalan yang cukup sulit untuk menuju lokasinya yang cenderung lebih cocok untuk menggunakan kendaraan off-road. Setelah sampai di lokasi, Anda harus menuruni tebing melalui tangga yang telah disediakan.

Namun, kerja keras Anda akan terbayarkan sesampainya di sana karena Anda akan disambut dengan pemandangan indah khas Pantai Umbul Waru. Pasir putih dan bersih di pantai ini memiliki tekstur yang cukup halus, sehingga Anda bisa bersantai dengan nyaman. Pemandangan laut yang biru juga akan memanjakan mata dan pikiran Anda.

Tak hanya itu, pantai di Blitar ini memiliki hal menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Anda akan menemukan air terjun yang mengalir dari sungai di atas tebing. Saat air laut sedang surut, maka Anda bisa berjalan kaki menuju lokasi air terjun untuk menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan dari jarak dekat.

4. Pantai Kaben

Pantai Kaben

Pantai yang terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Wonotirto ini dapat ditempuh dengan jarak tempuh hingga 30 kilometer dari pusat kota. Akses menuju pantai di Blitar bisa dikatakan tidak begitu mulus. Hal ini dikarenakan Anda harus melewati jalan yang terjal dan juga akan menjumpai berbagai tanjakan yang cukup menantang.

Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan, Pantai Kaben masih cenderung sepi pengunjung. Jadi, jangan heran jika Anda akan disambut dengan suasana yang sepi saat tiba di pantai ini. Karena tidak banyak pengunjung, pantai ini tetap terjaga kebersihannya. Hal ini juga yang membuat pantai yang satu ini masih sangat alami dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Kaben adalah lokasinya yang berbentuk. Pantai yang terletak di sebelah tenggara Kota Blitar ini memiliki bentuk seperti cincin yang disekat oleh dua buah karang besar. Nah, koral memiliki manfaat untuk memecah ombak sehingga ombak yang menyapu pantai cukup kecil.

5. Pantai Pasur

Ilustrasi pantai.

Berbeda dari kebanyakan pantai di Blitar yang memiliki pasir putih atau cokelat, Pantai Pasur ini justru memiliki pasir yang berwarna kehitaman. Karena kondisi alamnya yang alami, berkunjung ke Pantai Pasur akan mengingatkan Anda pada Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Sedangkan karakteristik ombaknya cukup besar, sehingga disarankan untuk tidak berenang.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa bermain air di muara sungai di sisi barat pantai yang satu ini. Di sini Anda juga dapat menemukan banyak gundukan pasir dan beberapa perahu nelayan yang sedang menepi ke pantai. Pantai ini terletak di Desa Bululawang, Bakung dan belum dibuka sebagai objek wisata resmi.

Jadi, jangan heran jika di tempat ini Anda tidak akan menemukan fasilitas penunjang pariwisata, seperti warung, toilet, atau penginapan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana berkunjung ke sini disarankan untuk membawa bekal sendiri saat berlibur ke Pantai Pasur.

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Foto:

  • Disporbudpar.blitarkab.go.id

Ini adalah pantai yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar Blitar. Dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh perjalanan ke sini dengan kendaraan sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan. Terletak di Kecamatan Wonotirto, Blitar, sepanjang perjalanan ke sini Anda akan melihat banyak bukit hijau yang menawarkan pemandangan indah.

Setelah sampai di sini, Anda bisa langsung menjelajahi tiga kawasan utama yang biasa dikunjungi. Mulai dari wilayah timur yang sering digunakan untuk bersantai karena pasirnya lebih banyak, wilayah tengah yang banyak bebatuan untuk memecah ombak, dan wilayah barat yang digunakan sebagai dermaga perahu nelayan. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, hingga restoran.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Smartphone Oppo F21 Pro 5g Price Keluaran Terbaru

Pos terkait