Cara Mengatasi Gigi Retak Dengan Obat Alami

Cara Mengatasi Gigi Retak Dengan Obat Alami – Rasa sakit mungkin merupakan tanda bahwa gigi Anda retak atau patah. Untuk mengatasinya dengan benar, baca informasi selengkapnya di sini!

Gigi merupakan organ tubuh yang paling kuat, bahkan dibandingkan dengan tulang. Namun, gigi tetap bisa rusak—patah, retak, atau terkelupas.

Cara Mengatasi Gigi Retak Dengan Obat Alami

Penyebab kerusakan gigi cukup beragam, antara lain tergigit makanan atau benda keras, dipukul di bagian wajah atau mulut, terjatuh, sakit gigi, dan tambalan amalgam yang sudah lama.

Bacaan Lainnya

Gigi Berbunyi Kertak Saat Tidur, Apa Penyebabnya?

Lalu, bagaimana cara mengenali gigi yang retak? Kondisi ini memiliki gejala yang berbeda, seperti rasa sakit yang konstan saat mengunyah; ketika gigitan tidak sakit, tetapi setelah menghilangkan gigitan, rasa sakit terjadi; dan rasa sakit saat gigi terkena panas yang ekstrim.

Dalam beberapa kasus, rasa sakit bisa datang dan pergi. Hal ini menyulitkan dokter gigi untuk mendiagnosis kondisi Anda untuk menemukan gigi yang rusak.

Sebenarnya, cara Anda merawat gigi yang rusak, seperti gigi yang terkelupas atau patah, tergantung pada tingkat keparahannya. Ada juga beberapa cara untuk mengobati gigi retak dan gigi patah. Berikut rinciannya:

Cara mengatasi gigi pecah-pecah bisa dilakukan dengan menghindari makanan dan minuman panas atau dingin. Ganti juga pasta gigi Anda dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Keropos Hitam Berlubang Di Bagian Depan Secara Alami

Jika cara ini tidak mengurangi rasa sakit, maka Anda harus segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Perawatan yang bisa dilakukan untuk gigi retak, termasuk penambalan gigi dan gigi palsu

Jika gigi retak Anda terus-menerus sakit, kerusakan dapat meluas ke saraf dan pembuluh darah. Ini adalah tanda peringatan yang kuat. Anda mungkin tidak perlu tambalan, tetapi juga perawatan saluran akar di dokter gigi.

Jika Anda memiliki gigi yang patah, jangan panik. Coba lihat ke cermin dan lihat apakah Anda masih memiliki gigi yang patah di mulut Anda. Jika Anda memilikinya, pastikan Anda memegangnya dan jangan menelannya.

Cara merawat gigi patah membutuhkan tindak lanjut dari dokter. Itulah mengapa Anda harus mengunjungi dokter gigi sesegera mungkin. Dokter gigi akan memutuskan apakah gigi yang patah masih bisa ditambal atau perlu perawatan lebih lanjut.

Kondisi Penyebab Gigi Bergeser Dan Cara Mengatasinya • Hello Sehat

Pasalnya, jika gigi yang patah menyebabkan ruang saraf terbuka, maka diperlukan perawatan saraf gigi atau PSA.

Sebelum mengunjungi dokter gigi, ada beberapa cara untuk merawat gigi patah dan terkelupas yang bisa Anda lakukan sendiri. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan di rumah antara lain:

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Menangis

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi gigi retak dan patah yang bisa dilakukan. Anda bisa melakukan pertolongan pertama di rumah. Namun, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Bicaralah dengan dokter gigi Anda tentang masalah gigi dan mulut Anda menggunakan layanan Obrolan Langsung 24 jam aplikasi. Gigi Anda dimaksudkan untuk bertahan seumur hidup – tetapi mereka dapat menahan banyak tekanan. Gigi retak adalah hal yang normal dan tidak selalu menjadi perhatian.

Obat Alami Sakit Gigi Untuk Anak Dan Orang Dewasa, Coba 5 Cara Ini

Gigi Anda dimaksudkan untuk bertahan seumur hidup. Tetapi gigi Anda membawa banyak stres dan masalah sepanjang hidup Anda, dan terkadang ini menyebabkan pembusukan.

Lapisan luar gigi terdiri dari email, yang merupakan bahan terkeras dalam tubuh. Ketika gigi merusak email, itu tidak dapat diperbaiki — tetapi Anda dapat bekerja sama dengan dokter gigi untuk membuat rencana perawatan yang tepat untuk Anda.

Ada berbagai tingkat retakan dan patah pada gigi. Gigi menjadi retak dan pecah-pecah pada permukaannya tetapi tidak sepenuhnya patah; Fraktur berarti gigi patah atau terbelah menjadi beberapa bagian. Menurut American Society of Endodontics, ada lima klasifikasi gigi retak:

Garis gila adalah garis putus-putus pada lapisan luar gigi dan terlihat seperti garis vertikal yang sering ditemukan pada gigi depan orang dewasa. (Lihat gambar 1, courtesy of Spear Education, dan baca juga Cara Mengklasifikasikan 5 Jenis Gigi Retak.)

Rasa Ngilu Akibat Gigi Sensitif? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Mereka sangat dangkal dan tidak menyakitkan dan biasanya tidak menimbulkan masalah. Garis-garis materi lebih dari sekadar masalah kosmetik, dan tergantung pada ukurannya, mereka dapat mengumpulkan bintik-bintik dan plak.

Garis-garis gila disebabkan oleh pemakaian normal selama bertahun-tahun, kurungan atau penggilingan yang berkepanjangan, makan makanan keras seperti biji popcorn atau mengunyah es.

Penyebab lainnya termasuk trauma pada mulut, menggunakan gigi sebagai alat, mengunyah benda, menggigit kuku, cincin lidah, menusuk gigi, dan perubahan suhu yang tiba-tiba seperti minum sesuatu yang panas diikuti dengan sesuatu yang sangat dingin. 1, 2

Perawatan biasanya tidak diperlukan, jadi pilihannya adalah membiarkannya sendiri atau mungkin melakukan restorasi kosmetik jika sangat menarik. Garis gila tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, jadi veneer (bahan komposit atau porselen yang menutupi bagian depan gigi) mungkin disarankan untuk menutupinya.

Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel Atau Kawat

Baca juga: Perawatan Endodontik Molar Baca juga: Koreksi warna gigi setelah perawatan endodontik dengan teknik pemutihan divisi walkiung

Tepi yang retak melemah dan biasanya pecah dengan sendirinya. Patah tulang inilah yang pecah karena makan sup atau roti lunak. Area yang paling umum dari cusp yang retak adalah cusp pada sisi lingual dari gigi belakang bawah dan sisi bukal dari gigi belakang atas (gambar 2). Jarang merusak pulpa dan tidak menyebabkan banyak rasa sakit.

Baca Juga :  Ini Dia Rekomendasi Obat Panu Apotek Ampuh

Pelek yang patah terjadi ketika mulut melemah karena kekuatan berlebihan dalam jangka panjang atau kerusakan gigi yang parah. Penyebab paling umum dari fraktur titik adalah, penggilingan dan pengepalan yang berkepanjangan, trauma, restorasi yang gagal dan menggigit makanan keras. Gejala mungkin termasuk nyeri tekan dan/atau nyeri akibat pelepasan tekanan dari gigitan. Gejala lain dapat berupa kepekaan terhadap panas, nyeri hebat saat mengunyah, gatal pada gusi dan ujung gigi yang tajam – sering terlihat di lidah.

Perawatan dengan fraktur ini biasanya berupa mahkota, yang bertujuan untuk menutupi dan melindungi gigi. Tambalan dalam beberapa kasus mungkin direkomendasikan tergantung pada jumlah gigi yang retak. Jika fraktur di dalam gigi dari akar, itu akan membantu memulihkan gigi. Jika fraktur terdeteksi lebih awal, sebelum gigi pecah, onlay dapat ditempatkan di atas fraktur. 2

Ketahui Cara Menangani Gigi Patah

Fraktur gigi adalah perpecahan tidak lengkap yang berasal dari permukaan kunyah gigi dan meluas secara vertikal ke akar gigi. Ketika email retak menyebabkan pergerakan daerah yang retak yang menyebabkan daerah pulpa menjadi meradang.

Akhirnya ada cukup kerusakan pada pulpa sehingga gigi tidak dapat sembuh, menyebabkan rasa sakit yang intermiten.

Rasa sakit dapat bervariasi dari kepekaan terhadap panas yang hebat dan menggerogoti hingga rasa sakit yang konstan dan konstan yang membuat seseorang tetap terjaga di malam hari.

Kekuatan oklusal yang berlebihan—kekuatan yang diberikan pada gigi lawan saat rahang terkatup atau terkepal—merupakan penyebab utama fraktur gigi. Gigi belahan lebih terpusat pada permukaan kunyah. Saat gigi yang retak semakin menuju ke akar, kemungkinan penyakit endodontik (penyakit endodontik) meningkat.1, 2

Karies Gigi Pada Balita

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan dan kedalaman retakan. Ada dua jenis retakan: dapat diobati dan tidak dapat diobati (gambar 3). Untuk gigi yang bisa dirawat, mahkota biasanya menjadi perawatan pilihan untuk mengembalikan gigi dan mencegah berkembangnya retakan. Pada tahap ini, deteksi dini penting karena retakan dapat terus memburuk, yang menyebabkan pencabutan gigi (klasifikasi sebagai tidak dapat disembuhkan).

Gigi retak adalah hasil akhir dari gigi yang benar-benar patah dan tidak dirawat. Ini berjalan dari puncak gigi ke bagian bawah gusi dan sisi gigi proksimal ke sisi proksimal (gambar 4). Itu bisa pecah tiba-tiba karena pertumbuhan retak jangka panjang. Bagian gigi terlepas sepenuhnya dan bahkan rontok. 2

Hal ini bisa terjadi dari kebiasaan yang merusak gigi seperti menggemeretakkan, mengepal, mengunyah es, mengunyah benda dan memakan makanan keras.

Jika gigi dapat diselamatkan, perawatan yang dianjurkan adalah saluran akar dan mahkota. Jika gigi tidak dapat diselamatkan, perawatannya adalah ekstraksi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Gigi Renggang Pada Orang Dewasa

Penambal Gigi/temptooth/penambal Gigi Sementara/mengatasi Gigi Ompong Patah Renggang

Fraktur akar vertikal berasal dari akar gigi dan meluas ke permukaan kunyah (lihat Gambar 5). Fraktur dapat menghancurkan sebagian akar atau seluruh panjang akar, bergerak ke arah pipi ke sisi lidah. Fraktur ini sering ditemukan ketika tulang dan jaringan terinfeksi.

Fraktur ini dapat didiagnosis dengan sinar-x. Sebagian besar fraktur akar berhubungan dengan riwayat perawatan saluran akar. Seorang dokter gigi atau ortodontis biasanya akan menemukan kantong yang dalam dan tipis di sebelah akar gigi. 2

Perawatannya adalah ekstraksi karena fraktur akar memiliki prognosis yang buruk dan tidak dapat diobati. Dalam beberapa kasus, dokter gigi mungkin mencoba saluran akar – menghilangkan akar yang terbelah.

Kondisi lain yang tidak diklasifikasikan oleh American Endodontic Society adalah gigi yang terkelupas. Ini biasanya terjadi dalam mode penggilingan. Faktanya, tanda klasik penggilingan adalah serpihan kecil acak, potongan kecil email yang merusak gigi. Banyak kejadian lain selain menggertakkan gigi dapat menyebabkan gigi retak termasuk menggigit makanan keras, cedera mulut dan kecelakaan.

Cara Jitu Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Gigi depan biasanya memiliki serpihan kecil, dan ini dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari keausan alami dan botol kaca mengenai gigi depan, hingga penggunaan gigi sebagai alat untuk membuka atau menahan sesuatu.

Gigi yang terkelupas mungkin terasa kasar atau kasar di lidah. Dan tentu saja, tanda yang paling terlihat ada di gigi depan, jadi cukup jelas di cermin atau foto.

Pilihan perawatan tergantung pada level chip. Dalam kebanyakan kasus, lebih baik membiarkannya sendiri, atau cukup menghaluskan area yang diukir.

Jika kecil dan pelunakan tidak cocok untuk gigi, maka ikatan dengan bahan komposit atau porselen sudah cukup. Pada keripik besar, dokter gigi Anda dapat merekomendasikan veneer jika ikatan tidak memungkinkan; jika lebih dari keripik, mahkota adalah pilihan yang lebih baik.

Mengenal Penyebab, Pencegahan, Dan Cara Mengatasi Gigi Kuning Halaman All

Deteksi dini sangat penting untuk menyelamatkan gigi yang rusak. Secara umum, fisura tidak terlihat secara klinis, dan sering didiagnosis melalui gejala. Beri tahu dokter gigi Anda jika Anda mengalami gejala seperti mati rasa, terutama saat makan, atau jika mengunyah di sisi lain mulut Anda menjadi kebiasaan.

Cara mengatasi gigi retak bagian depan, cara mengatasi gigi sensitif dengan bahan alami, cara mengatasi gigi kuning dengan bahan alami, cara mengatasi gigi retak, cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan alami, cara mengatasi gigi depan retak secara alami, cara mengatasi gigi depan retak, mengatasi gigi retak secara alami, cara mengatasi gigi retak secara alami, cara mengatasi gigi yang retak, cara mengobati gigi retak secara alami, cara mengatasi gigi retak akibat benturan

Pos terkait