Cara Mengatasi Rambut Rontok, Penyebab & Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Kenapa rambut rontok berlebihan? nah rambut rontok bisanya disebabkan oleh perubahan hormon dan juga kondisi kulit kepala berketombe yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Nah admin domainjava kumpulkan beberapa penyebab dan mengatasi masalah rambut rontok pada pria dan wanita lewat artrikel ini, yuk simak selengkapnya dibawah ini

Bacaan Lainnya

Sebagai orang yang hidup di negara yang dihiasi dengan keragaman budaya, kita seringkali menjumpai mitos-mitos unik yang beredar di masyarakat. Termasuk salah satu di dalamnya adalah mitos seputar rambut rontok yang cukup membuat penasaran akan kebenarannya

Penyebab Fakta Rambut Rontok di Indonesia

Meski sudah banyak yang mengetahui mengenai penyebab rambut rontok yang sering dialami oleh perempuan, tapi ternyata tak sedikit juga yang masih memercayai berbagai mitos seputar apa penyebab rambut rontok yang berlebihan dimana justru memberikan informasi yang kurang tepat.

Belum lagi mengenai informasi seputar shampo rambut rontok yang sering kali bikin rambut rontok parah. Nah, apa saja mitos rambut rontok? Berikut informasinya!

Penyebab Rambut Roktok Pada Remaja dan Dewasa

Rambut rontok sering dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia. Tapi bukan tidak mungkin dialami para remaja lho. Bila hal ini sampai terjadi, tentu bisa mengurangi rasa percaya diri bahkan bisa mengakibatkan stres. Dalam kondisi normal, rambut rontok 50 sampai 100 helai per hari nah yang perlu diperhatikan adalah ketika kulit kepala gatal dan rambut rontok melebihi jumlah tersebut.

Kamu nggak perlu panik Sis, ada kok cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan Sunsilk untuk rambut rontok atau shampo natural. Namun, sebelum membahasnya, Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi masalah kerontokan rambut, diantaranya:

Menata Rambut yang Berlebihan

Setiap tahun pasti ada saja tren gaya atau warna rambut yang bermunculan dan bisa membuat tampilan kamu jadi nampak keren. Untuk bisa mendapatkan tampilan tersebut dibutuhkan produk berbahan kimia yang harus bersentuhan dengan rambutmu.

Terkadang produk tersebut membuat kulit kepala jadi panas. Selain itu berganti-ganti gaya rambut seperti mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda, kuncir cepol, atau kepang ketat lama kelamaan bisa mengurangi kekuatan rambut. Akibatnya akar rambut jadi melemah. Belum lagi dengan kebiasaan mencatok yang membuat rambut mudah rapuh, kering, dan rontok.

Kekurangan nutrisi

Kurang mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti zat besi, tembaga, seng, dan protein dapat menjadi faktor utama penyebab kerontokan rambut Anda. 

Tak hanya itu, kekurangan vitamin D juga menjadi penyebab lain kerontokan rambut. Untuk menghindari hal ini, Sempatkan diri untuk keluar dan berjemur di bawah sinar matahari secara rutin.

Kenapa rambut rontok pada remaja? bisa jadi berhubungan dengan apa yang kamu konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan rambut juga lho.  Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak jahat seperti junk food memang enak sih. Tapi, kalau tidak diimbangi dengan makanan bernutrisi dan vitamin bisa memberikan pengaruh negatif pada Kesehatan tubuh termasuk rambut.

Mengalami Perubahan Hormon

Di masa pubertas hormon-hormon yang ada di tubuh para remaja jadi tidak stabil. Hal ini berdampak pada kondisi psikologis dan juga fisik. Tak jarang para remaja mengalami rambut rontok di masa pubertas karena tidak seimbangnya hormon yang dipengaruhi perubahan fisik dan psikologis.

Masalah tiroid

Jika kelenjar tiroid yang berada di bagian depan leher menghasilkan jumlah hormon tiroid yang berlebihan atau bahkan kurang dari yang dibutuhkan, maka siklus pertumbuhan rambut dapat berubah. 

Namun, jika Anda memiliki masalah tiroid, Anda akan melihat gejala lain bersamaan dengan rambut rontok seperti penambahan atau penurunan berat badan, rentan terhadap suhu dingin atau panas, dan perubahan detak jantung.

Terlalu sering pakai topi bisa memicu rambut rontok

Beberapa orang masih beranggapan bahwa terlalu sering menggunakan topi bisa memicu rambut rontok. Faktanya, topi merupakan alat yang bisa kita manfaatkan sebagai pelindung rambut dari paparan sinar matahari berlebihan, debu, dan kotoran agar tidak langsung menempel pada helaian rambut dan kulit kepala.

Kasus rambut rontok bahkan yang menyebabkan kebotakan baik pada kaum laki-laki maupun perempuan biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya, bukan karena penggunaan topi.

Jika kamu termasuk perempuan yang gemar mengenakan topi, sebaiknya perhatikan berikut ini agar rambut tetap terjaga kesehatannya:

  • Hindari menggunakan topi yang terlalu ketat, tujuannya adalah agar rambut dan kulit kepala mendapatkan asupan oksigen yang cukup.
  • Pastikan rambut dalam keadaan kering saat mengenakan topi.
  • Pastikan topi dalam keadaan bersih, kering, dan hanya digunakan saat cuaca panas saja.

Kerontokan rambut genetik diturunkan melalui ibu

Kerontokan rambut yang dialami oleh seseorang memang mungkin saja terjadi karena faktor genetic atau keturunan. Hanya saja, faktor genetik ini tidak selalu diturunkan melalui ibu.

Faktanya, rambut rontok juga bisa diturunkan dari sang ayah yang memiliki masalah rambut rontok.

Memotong rambut pendek bisa mengontrol rambut rontok

Sebagian orang percaya bahwa memotong rambut pendek bisa mengontrol rambut rontok yang mereka alami. Faktanya justru sebaliknya. Memotong rambut tidak lantas bisa membuat rambut menjadi lebih kuat.

Hal ini disebabkan oleh helaian rambut yang tidak memiliki jaringan. Hanya saja, dengan memotong rambut bisa membuat tampilan rambut terlihat lebih tebal dari biasanya.

Semua kerontokan rambut bersifat permanen

Faktanya, pada beberapa kasus rambut rontok memang bisa saja menjadi hal yang permanen.

Namun, hal ini tak lantas membuat semua kasus kerontokan rambut bersifat permanen, karena masih ada beberapa jenis kerontokan rambut yang bersifat sementara di mana rambut akan kembali tumbuh setelah beberapa waktu.

Biasanya, rambut rontok yang terjadi sementara waktu ini disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu atau seseorang baru saja melakukan transplantasi.

Rambut rontok hanya dialami orang tua saja

Masalah rambut rontok tidak mengenal usia. Artinya, siapa saja bisa mengalaminya, mulai dari anak muda hingga orang tua. Biasanya, kasus rambut rontok yang dialami oleh anak muda banyak disebabkan kurangnya nutrisi untuk kulit kepala, perubahan hormon, stress, ketombe yang membandel, hingga penggunaan produk styling yang terlalu sering dan mengandung bahan kimia yang terlalu keras.

Rambut panjang, keriting, pendek maupun lurus tentu akan tampak cantik saat rambut terlihat indah. Namun, hal ini akan sulit terwujud jika kamu memiliki rambut yang mudah rontok. Ini karena masalah kerontokan memang selalu menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita.

Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang natural, selama masih dalam batas wajar sekitar 50-100 helai per hari. Kerontokan rambut bisa menjadi parah jika akar dan batang rambut tidak sehat. Akar rambut yang tidak sehat mudah lepas dari kulit kepala. Batang yang mudah patah membuat rambut makin rontoknya.

Banyak hal yang menyebabkan rambut tidak sehat sepeti tingkat stres, polusi udara, hingga kulit kepala tidak sehat. Nah, agar terhindar dari rambut rontok yang parah dan tidak sehat, mari simak tips di bawah ini seputar cara lindungi rambutmu dan cara mencegah rambut rontok berlebihan!

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan yang Parah

Rambut rontok dan ketombe memiliki pengaruh yang sangat kuat satu sama lain. Umumnya, seseorang yang mengalami rambut rontok bisa dipastikan bahwa mereka juga memiliki masalah ketombe di kulit kepala.

Oleh karena itu, atau cara merawat rambut rontok dan kering secara alami yang dapat kamu lakukan untuk adalah dengan menghilangkan pemicu munculnya ketombe di kulit kepala. Bagaimana caranya?

1. Membilas Rambut Hingga Bersih Setelah Keramas

Setelah menggunakan shampo anti ketombe, pastikan juga untuk membilasnya hingga bersih setelah keramas. Tujuannya agar tidak ada sisa shampo yang menempel di kulit kepala dan memicu ketombe.

2. Terapi Pijat Kepala

Mengurangi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan dengan terapi pijat kepala setelah keramas. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah menuju kepala, sehingga kulit kepala mendapatkan oksigen serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh folikel rambut. Terapi pijat kepala ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini:

  1. Memijat menggunakan unjung jari kedua tangan, mulai dari bagian tepi pinggir rambut ke arah belakang atau tengah kepala. 
  2. Memijat kembali ke arah belakang kepala dengan tekanan yang lembut dan konsisten.
  3. Lakukan gerakan memijat ini selama lima menit dengan gerakan memutar setelah keramas.

3. Tidak Berbagi Handuk, Sisir, dan Aksesoris Kepala 

Meski rambut rontok dan ketombe tidak menular, namun jamur penyebab ketombe bisa saja ditularkan melalui handuk, sisir, dan aksesoris kepala. Untuk menghindarinya, pastikan untuk tidak berbagi handuk, sisir, dan aksesoris kepala dengan orang lain ya, Sist.

4. Olahraga Rutin

Selain mengurangi stres, melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga kebutuhan oksigen bagi kulit, salah satunya adalah kulit kepala terpenuhi. Jika sudah begini, folikel rambut dapat memperbaiki sel yang rusak sehingga akar rambut bisa tumbuh lebih kuat. 

5. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami dan juga dapat mencegah ketombe yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B3, protein, dan antioksidan. Hindari konsumsi makanan cepat saji juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami dan Ampuh

Memiliki rambut sehat yg bebas rontok adalah impian semua orang. Tetapi, untuk mendapatkannya tidak semudah yang dikira. Beberapa faktor yang melatarbelakangi seseorang memiliki rambut mudah rontok di antaranya adalah kehamilan, stres, pengaruh hormon, penyakit tertentu, obat-obatan, dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Hal ini tentu berdampak pada penampilan. Bila kehilangan beberapa helai rambut tentu itu adalah hal normal. Namun, bagaimana jika jumlah rambut yang rontok cukup banyak? Tentu masalah ini perlu diatasi secepat mungkin dengan melakukan perawatan untuk kulit kepala anda. Saat ini memang ada banyak sampo anti rontok yang tersedia di pasaran. Namun, hal tersebut tidaklah cukup. Ada cara mencegah rambut dan kulit kepala yang perlu kamu lakukan agar bisa memiliki rambut bebas rontok.

Tidur yang Cukup

Meskipun terdengar sepele, perawatan untuk rambut rontok yang perlu diperhatikan adalah dengan tidur yang cukup. Bila kamu memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari bisa membantu kamu mengatasi atau mengurangi tingkat stres yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya, durasi tidur sekitar 7 sampai 8 jam sehari. Durasi ini cukup tepat bagi tubuh untuk mengatur hormon yang bisa membantu memperbaiki dan meregenerasi rambut.

Rutin pijat kulit kepala

Rambut indah adalah rambut yang kuat. Selain nutrisi dari dalam, kamu perlu merawat kulit kepala agar rambut tetap kuat hingga ke akar. Kamu bisa melakukan pemijatan saat keramas atau creambath.

Selain menstimulasi pertumbuhan dan kesehatan kulit kepala, pemijatan juga membuatmu lebih rileks dan bebas stres. Pola pikir positif dan bebas stres juga bisa menghindarkanmu dari masalah kerontokan rambut.

Perawatan untuk rambut rontok yang bisa dilakukan adalah memijat kulit kepala dengan minyak hangat seperti minyak almond, minyak kelapa, dan minyak wijen secara teratur. Hal ini bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa menstimulasi folikel rambut. Selain itu, cara ini bisa membantu menyingkirkan masalah seperti ketombe dan infeksi kulit kepala.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Semua orang tahu makanan bergizi penting bagi kesehatan, tapi apakah kamu tahu bahwa itu juga cara memperkuat akar rambut agar tidak rontok? Seperti yang sudah disinggung sedikit di bagian sebelumnya, makanan bergizi akan membuat rambut sehat. Karena itu, cukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambutmu, seperti omega-3, vitamin, dan makan makanan yang mengandung protein seperti ayam, ikan dan produk susu. Kamu juga membutuhkan asupan mineral penting seperti zat besi dan seng yang bisa didapat dari sayuran dan buah seperti bayam dan lainnya.

Perawatan untuk rambut rontok selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya bisa memperkuat akar rambut. Makanan seperti kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan asam lemak omega 3 dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Selain itu, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti ikan salmon dan telur perlu banyak kamu konsumsi. Hal ini karena di dalam makanan-makanan tersebut terdapat kandungan protein yang menjadi zat penyusun rambut kamu sehingga bila asupan protein kamu cukup, struktur rambut kamu semakin kokoh dan tidak mudah rontok. Mengonsumsi banyak buah dan sayuran juga membantu untuk mengatasi rambut rontok yang cukup efektif.

Kurangi menguncir rambut

Gaya rambut kucir kuda atau ponytail dan kepang dalam waktu lama dapat memicu kerontokan rambut, loh. Saat dalam keadaan dikuncir, rambut tertarik dari kulit kepala dengan cukup kuat. Dampaknya, rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

Kamu bisa mulai membiasakan menggerai rambut atau menggunakan jepit longgar. Jika terpaksa menguncirnya, pastikan kamu tidak membiarkannya terlalu lama, apalagi sampai seharian. Istirahatkan rambut dengan melepaskan kunciran selama beberapa jam.

Menggunakan Produk untuk Rambut Rontok

Pastinya perawatan untuk rambut rontok harus menggunakan sampo yang membantu mengurangi kerontokan rambut. Tetapi, bukan hanya mengandalkan itu saja. Kamu perlu melakukan perawatan di rumah dengan produk Sampo Scalppure Oil Control, Kondisioner Scalppure Complete Solution, dan Aminexil. Serta melakukan perawatan secara berkala di salon yakni servis Cool Therapy +++ yang menggunakan rangakaian produk Scalppure Bio Scrub, Masker Cooling Mint atau Masker Scakppure Complete Solution, dan diakhiri dengan aminexil.

Sampo Scalppure Oil Control berguna untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh sehingga terasa ringan. Sampo Biolage Scalppure Oil Control diformulasikan dengan Zinc PCA + Bergamot, guna membersihkan dan mengurangi minyak berlebih, bau, dan lepek. Setelah menggunakan sampo, kamu perlu lanjutkan dengan pemakaian kondisioner Scalppure Complete Solution yang merupakan kondisioner untuk semua jenis kulit kepala dan rambut. Membantu mengurangi masalah pada kulit kepala seperti ketombe, minyak berlebih, gatal, bau, lepek dan rasa tidak nyaman. Bahan pelembabnya membantu menutrisi rambut sehingga terasa halus dan lembut.

Selain menggunakan sampo dan kondisioner, kamu bisa menggunakan Masker Scalppure Complete Solution atau Masker Cooling Mint. Masker Biolage Scalppure Complete Solution, diformulasikan dengan Zinc PCA + Zinc Pyrithione + Bergamot,  cock digunakan untuk segala jenis kulit kepala dan rambut. Sedangkan Masker Cooling Mint mengandung mint yang mampu memberikan sensai segar hingga 72 jam. Cara menggunakannya, setelah memakai Sampo Biolage Oil Control, usapkan pada kulit kepala/ rambut secara merata, pijat dengan lembut dan biarkan selama 3-5 menit. Lalu bilas. Jika terkena mata segera bilas. Produk ini bisa membantu melengkapi khasiat yang didapatkan dari sampo dan juga kondisioner Scalppure Oil Control agar membantu mengurangi masalah pada kulit kepala seperti  ketombe, minyak berlebih, bau, gatal, lepek dan rasa tidak nyaman.

Selain itu, sebaiknya gunakan juga Biolage Advanced ScalpSync Aminexil untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan menutrisi kulit kepala untuk memperpanjang usia rambut. Dengan formula ScalpSync yang membantu menyeimbangkan kulit kepala, Aminexil mampu mengurangi rontok rambut secara signifikan. Cara menggunakannya, yakni usapkan ke rambut basah sesudah keramas yang sudah dikeringkan dengan handuk, maupun kering. Pijat kulit kepala dengan lembut. Setelah menggunakannya tak perlu dibilas, langsung tata seperti biasa.

Hindari Stres

Stres juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kenaikan atau penurunan berat badan, penyakit diabetes, stroke, termasuk kerontokan rambut. Kebanyakan orang yang stres biasanya mengalami kerontokan rambut. Jadi sebaiknya kamu menghindari stres dengan melakukan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga,  melakukan meditasi, menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama teman dan keluarga, dan melakukan apapun yang membuat anda merasa bahagia.

Stres yang ekstrem dapat menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Yang lebih menyeramkan, kerontokan rambut akibat stres dapat berlangsung selama beberapa bulan. Meminimalisir stres dengan rutin berolahraga, yoga meditasi, dan pijat akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut.

Hindari Menyisir Rambut saat Basah

Ketika rambut masih basah, jangan langsung di sisir. Hal ini dikarenakan rambut menjadi lemah ketika masih basah. Menyisir rambut saat basah justru bisa melemahkan folikel rambut dengan mudah. Selain itu, jangan mengeringkan rambut  dengan hair dryer dan biarkan rambut kering secara alami.

Rambut berada dalam keadaan paling rapuh ketika basah. Karena itu, perlakukan dengan lembut setelah keramas. Ketika mengeringkannya dengan handuk, tepuk perlahan akar rambut dan peras rambut dengan hati-hati. Hindari menggosoknya terlalu kuat karena dapat menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

Sisir perlahan dengan sisir bergigi jarang. Penggunaan sisir bergigi jarang saat rambut masih basah atau setengah basah akan menghindarkan rambut dari kekusutan. Jika rambut tertarik karena kusut saat disisir dengan sisir bergigi rapat, rambut akan rontok dengan mudah.

Rambut adalah salah satu ekspresi langsung dari kepribadian dan gaya seorang individu. Tak heran jika permasalahan rambut rontok kerap dianggap sebagai momok bagi para Wanita.

Pada dasarnya masalah rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi. Dikutip dari beberapa sumber, setidaknya dalam satu hari aka nada 50 hingga 100 helai rambut yang gugur.

Namun, kerontokan rambut yang berlebihan bisa menjadi masalah yang menyusahkan, seringkali menimbulkan kekhawatiran dan mempengaruhi rasa percaya diri.

Baca Juga :  Video Museum 19 Detik di Emper Pasar Magelang Tanpa Sensor

Pos terkait