Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu – Subsidi gas elpiji 3kg, PKS akan ditarik: Mengapa baik untuk rakyat kecil, Pemerintah harus meninjau pembayaran utang

JAKARTA – Rencana pemerintah untuk membatalkan subsidi gas elpiji 3 kg mendapat kecaman dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Karena beban utang, pemerintah menegaskan angkanya Rp 280 triliun sambil memberikan subsidi.

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

Bacaan Lainnya

Jazuli Juwaini, Ketua Fraksi PKS DPR RI, menilai pemerintah harus mempertimbangkan kembali penghapusan subsidi gas elpiji 3 kg yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

Elpiji Nonsubsidi Naik, ”tabung Melon” Jadi Pilihan

“Ada apa, giliran si kecil yang sangat bersemangat, apakah kamu ingin menambah 3 kilo?” kata Jazuli kepada wartawan, Jumat, 29 April. dikatakan.

Mengapa Anda tidak berpikir bahwa mereka yang memiliki tanggung jawab besar diprioritaskan dalam memenuhi tanggung jawab mereka sehingga beban masyarakat kecil dapat berkurang?

Jazuli kemudian menyoroti meningkatnya utang pemerintah. Data IMF terbaru menunjukkan utang Indonesia mencapai Rp 7,052 triliun. Selain itu, utang pemerintah kepada BUMN masih terutang.

Menurut anggota parlemen PKS untuk daerah pemilihan Banten, pemerintah kurang kreatif dalam mengelola keuangan negara. Itu sebabnya mereka sepenuhnya bergantung pada utang untuk pengembangan atau bahkan setiap bisnis.

Serius, Harga Elpiji 3 Kg Jadi Rp 40 Ribu?

“Kita berharap negara punya sumber daya, tidak semua masalah didasarkan pada utang, jika semua orang bergantung pada utang, siapa pun bisa membangun jalan dengan meminjam (dengan utang), membeli utang, meskipun tidak bisa,” kata Jazuli.

Jazuli menyayangkan pemerintah tidak mau melakukan brainstorming untuk memenuhi kebutuhan negara. Ditambahkannya, jika utang terus berlanjut, pemerintah akan menjadi beban bagi rakyat Indonesia, meski tidak dilahirkan.

“Sekarang saya punya hutang 70.000 (triliun miliar), itu akan menjadi beban bagi orang-orang ini, bahkan orang-orang di dalam rahim memiliki hutang, (orang-orang) seperti itu dapat memiliki hutang bahkan jika mereka tidak dalam kandungan, saya suka ini. ” ‘ dia berkata.

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

Diketahui mulai tahun ini, pemerintah berencana mengganti sistem distribusi bersubsidi dengan gas elpiji 3 kg. Padahal, gas elpiji 3 kg adalah barang bersubsidi yang hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

Resmi, Harga Gas Naik 17% Dari Harga Sebelumnya

Namun, berkat sistem distribusi terbuka, semua orang bisa dengan mudah membeli gas LPG 3 kg. Padahal, banyak kelompok masyarakat yang kondisi keuangannya sesuai, kalangan ekonomi menengah ke atas menggunakan elpiji 3 kg.

Pada 2022, pemerintah akan mulai mereformasi subsidi energi gas elpiji 3 kg berbasis komoditas. Berbasis warga, subsidi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas belanja pemerintah.

Baca Juga :  Makin Murah! Harga Emas Antam Turun Goceng

Febrio Kacaribu, Kepala Biro Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan (BKF), mengatakan subsidi akan lebih tepat sasaran dan 40% penduduk termiskin akan menerima subsidi.

“Kita tahu belanja pemerintah harus lebih berkualitas. Reformasi akan dilakukan secara bertahap dan kita akan mulai pada 2022 untuk melanjutkan reformasi yang telah kita lakukan di dalam negeri hingga saat ini,” kata Febrio dalam konferensi pers di Jakarta. dikatakan. , Jumat, Oktober. 1, 2021. DEPOK – Pekan lalu terjadi kenaikan harga pada beberapa kebutuhan pokok, antara lain kenaikan harga gas elpiji 12 kg atau gas nonsubsidi mulai Minggu, 27 Februari 2022.

Tukar Tabung Elpiji 12 Kg Jadi Bright Gas Mulai Berjalan November 2020

Berdasarkan komentar harga gas elpiji di Kota Depok, Jawa Barat, counter retail berfluktuasi antara Rp 200.000. – 210-000 Rp / 12 kg LPG dan tangki gas Bright Gas.

Antoni Prajonathan (33 tahun), salah satu pemilik dealer gas, Jl. Mahakam Raya, Baktijaya, Sukmajaya, Kota Depok, mengatakan kenaikan gas elpiji sebesar 12 Kg terdeteksi pada 1 Maret 2022.

Antoni mengumumkan bahwa dia telah menjual 12kg gas LPG seharga Rs 175.000 sebelum kenaikan. Tapi pasti harus menjual sekitar Rp 200.000 ketika menaikkan harga.

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

“Sejak 1 Maret, harga BBM naik 12 kg. Tadinya saya jual Rp 175.000, kalau naik kita jual Rp 200.000. Saya menjual jumlah itu. Tapi kalau saya beli untuk dijual, harganya akan turun,” kata Antoni, Jumat, 4 Maret 2022.

Elpiji Nonsubsidi Naik Harga, Gas Tabung 3 Kilogram Jadi Sasaran Warga!

Antoni mengumumkan penjualan tokonya mengalami penurunan menyusul kenaikan harga. Hal ini terjadi karena konsumen mencocokkan harga lainnya.

“Jadi kita tunggu saja keputusan pemerintah, saya lihat di beberapa media rata-rata kenaikan harga gas 12 kg itu sekitar Rp 200.000. Jadi kita belum mau kasih harga paten. Itu tugas pemerintah. mengambil keputusan,” jelas Anthony.

Pak Antoni mengatakan, sebelum kenaikan harga, rata-rata penjualan harian 12 kg gas bisa mencapai 10 tabung, namun mulai akhir Februari hingga hari ini hanya terjual 20 kaleng.

Antoni mengatakan, “Sejak akhir Februari hingga 4 Maret meningkat, dalam empat hari penjualan kami tidak mencapai 20 tabung, biasanya 10 tabung per hari.

Menyusul Pertamax Dan Tarif Ppn, Pertalite Dan Gas Elpiji 3 Kg Akan Ikut Naik Secara Bertahap

Antoni mengaku belum bisa memastikan apakah efek kenaikan gas 12 kg akan mempengaruhi peralihan konsumen ke gas 3 kg.

“Setelah kenaikan harga ini, banyak yang bertanya kepada saya, tetapi ketika kami beralih ke gas 3 kg, kami tidak tahu banyak karena kami tidak tahu apakah mereka memiliki stok di rumah,” kata Antoni.

Baca Juga :  Memulai Bisnis Trading Forex Untuk Pemula

“Banyak konsumen yang menanyakan harga tabung gas kecil, akhir-akhir ini banyak konsumen yang ingin menjual tabung gas besar (12 kg) ke toko.” kata Pak Antoni.

Antoni menjelaskan bahwa tabung gas 12kg biasanya berharga sekitar 600.000 rubel, setelah kenaikan harga ia menjualnya lebih dari 600.000 rubel.

Harga Gas Melon Naik Agustus Ini, Dpr: Tertibkan Pemda Yang Naikan Harga Gas Subsidi Tidak Sesuai

“Saya jual tabungnya sebelum naik, harganya sekitar Rp 600.000, mungkin harganya bisa di atas Rp 600.000 karena harganya naik. Saya tidak mengecek ulang harga jual tabung dan apa yang ada,” kata Pak Antony .

Antoni berharap pemerintah bisa segera mengambil keputusan terkait kenaikan harga gas 12 kg sesuai tarifnya.

Pak Sutrisno (40), yang mendapat kontrak dengan Antoni, seorang penjual gas di sebuah toko kelontong, mengaku kaget dengan kenaikan harga elpiji 12 kg.

Pasalnya, ia baru mengetahui kenaikan harga elpiji 12 kg setelah melakukan pemesanan kembali di salah satu dealer gas di wilayah Depok.

Mulai 2023, Hanya Orang Miskin Yang Bisa Beli Lpg 3 Kg

“Saya juga kaget dengan kenaikan harga BBM jenis elpiji 12 kg, kalau tidak salah saya baru mengetahui informasi dari agen langganan saya ketika harus membelinya mulai akhir Februari.” sutrisno.

Sutrisno mengaku menjual gas elpiji 12 kg dengan harga Rp 180.000 dengan modal beli Rp 162.000 sebelum naik.

Setelah kenaikan, dia sekarang harus mengeluarkan lebih banyak uang dengan membayar biaya untuk membeli bensin Rs 192.000 dari dealer dan kemudian menjualnya ke pelanggan seharga Rs 208.000.

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

“Dulu saya jual Rp 180.000 dari Sononia, saya beli Rp 192.000. Kalau harga naik, saya beli dari sana dengan modal Rp 192 dan dijual Rp 208.000,” ujarnya.

Kenaikan Harga Gas Nonsubsidi Dan Ancaman Kelangkaan Gas Melon

Diakuinya, menjual dengan harga tersebut bukan berarti menaikkan harga. Ia menjelaskan, biaya yang diterimanya sudah termasuk ongkos kirim dan pemasangan di rumah pelanggan.

“Bukannya saya mau tambah tinggi,” jelas Sutrisno, “harga yang saya kutip sudah termasuk pemasangan. Kadang kalau ada yang bermasalah atau ada yang bocor, kami bantu perbaiki. Ya, untuk harga segitu.” , ditambahkan ke bensin saya”.

Pak Sutrisno mengatakan kenaikan harga gas 12 kg berdampak pada turunnya pendapatan penjualan. Tidak hanya itu, kenaikan harga gas telah mendorong konsumen untuk membeli gas 3kg atau gas bersubsidi, menurut Sutrisno.

“Harganya lebih irit menurut pembeli, perbandingannya kalau pakai gas 3 kg sebulan, maksimal 4 kaleng yang digunakan, kalau dihitung untuk satu silinder harganya Rp 22.000. 4 buah per bulan harganya Rp 88.000, jadi kalau pembeli bilang bisa lebih hemat” kata.

Baca Juga :  Peran Asuransi Saat Pandemi: Bukan Sekedar Membayar Klaim

Sentil Pemda Naikkan Het Lpg 3 Kg, Pengamat: Tak Pro Rakyat

Ditambahkan Sutrisno, dibandingkan harga gas 12kg saat ini yang dibanderol sekitar Rp 200.000, sangat wajar bagi pelanggan untuk memilih beralih ke gas 3kg.

“Bagaimana orang tidak beralih ke gas kecil, pembeli mengatakan perbandingannya cukup bagus. Jadi banyak pembeli saat ini yang beralih ke gas 3kg,” kata Pak Sutrisno.

Sutrisno mengatakan sebelum kenaikan harga, penjualan hariannya bisa menjual 2 hingga 3 tabung gas 12 kg, dengan harga saat ini, pendapatan hariannya menurun dibandingkan dengan Sutrisno, dan pesanan gas yang diterimanya dalam tiga hari menurun turun. tercapai. 3 silinder, tidak ada tanggal pemesanan.

Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik Jadi Rp 40 Ribu

Pak Sutrisno mengatakan: “Tiga hari setelah kenaikan hanya ada 2 penjualan, beberapa hari bahkan tidak ada pesanan, tidak ada pesanan seperti hari ini, kemarin hanya terjual.”

Sejak Naiknya Harga Elpiji Non Subsidi, Pengecer Mulai Kehabisan Gas Elpiji 3 Kilogram!

Ia menambahkan, setelah konsumen biasa mengetahui bahwa harga 12 kg naik, mereka membatalkan pesanan dan mulai membeli 3 kg bahan bakar.

“Konsumen tidak membeli setelah mengetahui kenaikan harga ketika memesan melalui telepon dengan saya, mereka beralih ke tabung kecil. Tidak apa-apa, saya hanya memesan gas dalam tabung kecil.” Sutrisno menirukan suara konsumen.

Sebagai penjual gas, Sutrisno berharap pemerintah kembali normal dan menurunkan harga gas 12 kg.

“Meskipun kenaikan utama dari dealer dan Pertamina, kami salah jika ingin meningkatkan seperti konsumen. Saya berharap harga BBM turun lagi 12 kg dan kembali normal. Saya berharap penjualan saya siap lagi. , (GIBS) selesai. kata-katanya.

Dampak Kenaikan Migas Dunia, Harga Elpiji Non Subsidi Mulai Naik

Kemendag gelar Pertemuan Tingkat Menteri G20 di Nusaybin … CariMoney | Kamis, 22 September 2022 10:55 WIB 0 0 Satine Zaneta mengambil langkah penting dalam dunia musik … CariGosip | Kamis, 22 September 2022 10.32 WIB 2 0 Kata Sandi: Perjalanan bukan lagi sebuah pencarian… Dapatkan Uang | Kamis, 22 September 2022 10.07 WIB 2 0 Pembaruan Sistem Monetisasi Kreator CariBerita YouTube | Kamis, 22 September 2022 09.50 WIB 2 0 Gubernur Sumbar Nagari Lubuak Batingkok dilantik … CariBerita | Kamis, 22 September 2022 09.38 WIB 1 0

Pelanggaran aliran sesat di Soppeng berdoa tanpa kehancuran, … CariCase | Jumat, 21 Januari 2022 21:41

Harga gas elpiji 12 kg, gas elpiji 3 kg naik, tabung gas elpiji 12 kg, gas elpiji 3 kg akan naik jadi rp 40 ribu, harga gas elpiji 3 kg, distributor gas elpiji 3 kg, gas elpiji 3 kg, gas elpiji 5 kg, harga gas elpiji 5 kg, gas elpiji 12 kg naik, gas elpiji 12 kg, jualan gas elpiji 3 kg

Pos terkait