Kenali Ciri-ciri Orang Hamil dari Wajah, Mudah Dikenali

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kehamilan biasanya dibuktikan dengan alat uji kehamilan alias test pack. Untuk mendapat hasil akurat, test pack sebaiknya digunakan 1-2 minggu setelah Anda terlambat haid. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk mengenali ciri-ciri orang hamil dari perubahan di wajah. 

Kondisi wajah seseorang memang tidak selalu mengalami perubahan saat memasuki masa kehamilan. Namun, ada banyak kasus perubahan hormon selama masa hamil muda yang membuat banyak hal timbul pada kulit wajah Anda.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, ciri-ciri tersebut belum tentu sepenuhnya akurat. Anda masih harus tetap menggunakan test pack hingga melakukan USG demi mendapatkan hasil yang tepat. Meski begitu, mengetahui tanda-tanda kehamilan secara cepat penting untuk mengambil langkah tepat dalam merawat janin.




Ilustrasi Wanita Hamil (Freepik)Foto: Ilustrasi Wanita Hamil (Freepik)

Penyebab Perubahan Kondisi Wajah Orang Hamil

Masalah kulit biasanya akan dialami wanita hamil. Umumnya, itu adalah ciri-ciri hamil yang bisa dikenali dengan mudah lewat wajah. Ada yang berbentuk ruam, flek hitam, jerawat, hingga perubahan warna kulit. Kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan. Berikut beberapa faktor penyebab perubahan raut wajah pada orang hamil:

1. Fluktuasi Hormon

Hormon yang dilepaskan selama kehamilan ternyata bisa membuat kulit memerah. Hormon yang berfluktuasi selama masa kehamilan adalah estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin. Jadi, kondisi ini umumnya bakal memberikan tampilan kulit bercahaya pada wanita hamil.

2. Aliran Darah Meningkat

Tubuh menghasilkan lebih banyak darah saat masa kehamilan. Ini disebabkan oleh rahim dan organ vital yang membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Volume darah yang meningkat membuat pembuluh darah melebar, pada akhirnya kulit wanita hamil menjadi memerah.

3. Produksi Minyak Kulit Meningkat

Umumnya, wanita hamil akan mengalami peningkatan produksi minyak dari kelenjar sebum karena fluktuasi hormon. Selain itu, volume darah yang meningkat juga turut menaikkan sekresi minyak. Kondisi ini menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti jerawat.

Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Perubahan kulit atau raut wajah orang hamil adalah hal yang umum terjadi. Jadi, Anda tidak perlu takut akan kondisi tubuh dan janin dalam kandungan. Selain itu, perubahan raut wajah pada orang hamil juga bisa berbeda di setiap masa kehamilannya. Berikut ciri-ciri orang hamil dari raut wajah:

1. Muncul Flek Hitam

Ciri pertama adalah munculnya flek hitam. Flek hitam sebenarnya adalah masalah umum kulit. Di dunia medis, flek hitam pada wajah selama masa kehamilan disebut dengan melasma dan chloasma.

Flek hitam pada orang hamil umumnya muncul di area dahi, hidung, pipi, dan bibir.

2. Jerawat

Jerawat tidak hanya muncul pada saat menstruasi, tapi juga bisa menjadi ciri-ciri orang hamil. Peningkatan hormon membuat produksi minyak meningkat dan memicu timbulnya jerawat. Biasanya jerawat pada masa kehamilan cukup membandel karena lebih lama dari biasanya.

Jerawat pada orang hamil biasanya muncul di sekitar area wajah, seperti dahi, pipi, dan dagu. Bahkan, wanita berusia sekitar 20-30an berpotensi tinggi mengalami jerawat pada masa kehamilan.

3. Wajah Bengkak

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya adalah wajah yang bengkak. Tidak cuma kaki dan tangan, wajah juga bisa mengalami pembengkakan pada masa kehamilan. Nantinya, wajah orang hamil bakal lebih bulat dan tembem. Namun, ini bakal kembali normal setelah melahirkan.

4. Hidung Bengkak

Masih di area wajah, ada juga pembengkakan lain yang menjadi ciri-ciri orang hamil. Biasanya, hidung orang hamil juga bakal mengalami pembengkakan. Ini terjadi karena peningkatan sirkulasi darah di selaput lendir yang membuat hidung terlihat lebih besar dan lebar.

5. Kulit Wajah Lebih Sensitif

Saat hamil muda, Anda biasanya bakal merasakan kulit wajah yang lebih sensitif. Kondisi kulit yang lebih sensitif ini terjadi karena perubahan hormon pada tubuh. Selain itu, pembengkakan yang terjadi juga membuat kulit tertarik dan menjadi lebih sensitif.

6. Kulit Wajah Lebih Cerah

Tak selamanya ciri-ciri orang hamil membuat wajah Anda terlihat tidak cantik. Ada juga perubahan raut wajah pada orang hamil yang membuat Anda terlihat lebih cerah dan berkilau.

Kulit wajah orang hamil bisa jadi lebih cerah karena peningkatan produksi darah pada tubuh selama masa kehamilan. Sementara, wajah yang berkilau disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebih.

7. Mata Sembab

Kondisi mata sembab memang tidak dirasakan oleh seluruh wanita hamil. Umumnya, kondisi ini terjadi karena pembengkakan pembuluh darah wajah. Kelelahan juga bisa membuat mata Anda sembab selama masa kehamilan. Biasanya, ciri ini terlihat di trimester pertama kehamilan.

8. Bulu Mata dan Alis Rontok

Bulu mata dan alis Anda rontok? Bisa jadi itu adalah ciri-ciri kehamilan. Ini terjadi karena kekurangan protein dan vitamin. Selain itu, rontoknya bulu mata dan alis pada orang hamil disebabkan karena gangguan tiroid yang tidak stabil.

9. Kulit Memerah

Kemerahan pada kulit wajah juga bisa menjadi ciri-ciri orang hamil. Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan. Kemerahan biasanya terlihat di pipi, hidung, dagu, dan dahi wanita hamil.

Tubuh memang menghasilkan lebih banyak darah selama masa kehamilan. Peningkatan volume darah ini mampu melebarkan pembuluh darah dan berperan membuat kulit tampak memerah.

10. Kulit Berminyak

Wanita hamil cenderung memiliki kulit wajah yang berminyak. Ini disebabkan oleh perubahan hormon dan produksi sel darah yang meningkat. Bahkan, tak jarang orang hamil tampak lebih glowing. Namun, kulit berminyak bisa menyebabkan jerawat jika tidak dirawat dengan baik.

11. Pembuluh Darah Terlihat

Biasanya, pembuluh darah kecil atau kapiler pada orang hamil akan terlihat lebih jelas. Kondisi ini disebut dengan istilah spider vein. Ini terjadi karena perubahan hormon dan peningkatan volume darah selama masa kehamilan.

Tekanan signifikan pada pembuluh darah membuatnya membengkak dan menimbulkan spider vein. Kondisi ini biasanya muncul di area wajah, leher, dan lengan. Namun, spider vein tidak berbahaya dan akan memudar setelah bayi lahir.

12. Warna Mata Berubah

Selain mata sembab, warna mata ternyata juga bisa berubah selama masa kehamilan. Biasanya, warna mata akan terlihat lebih gelap dan pucat pada orang hamil. Ini disebabkan oleh hormon yang mempengaruhi ketebalan dan kelengkungan kornea mata.

Itulah penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Anda bisa dengan mudah mengenalinya untuk memberikan tindakan tepat selama masa kehamilan. Namun, tidak sepenuhnya tanda-tanda tersebut muncul pada orang hamil dan bisa dijadikan tolok ukur kehamilan. Jangan lupa lakukan tes dengan test pack dan USG. Semoga bermanfaat!


Artikel Selanjutnya


Ini 10 Tanda Hamil yang Jarang Disadari, Kentut Termasuk?

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga :  Usai Kontroversi, Holywings Palembang Ganti Nama Jadi Ini

Pos terkait