Mau Pensiun Dini dan Banyak Duit? Lakukan 5 Langkah Ini

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Milenial cenderung berpikir untuk pensiun dini dua kali lebih banyak dibandingkan dengan Gen Z, dan tiga kali lebih banyak dibanding Gen X, menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Northwestern Mutual.

Ketika ditanya berapa usia yang diharapkan orang untuk pensiun, generasi ini rata-rata memasang target usia pensiun 61,3 tahun, atau hampir tujuh setengah tahun lebih awal dari boomer.

Bacaan Lainnya

Pertanyaannya, bagaimana cara agar bisa pensiun dini dan banyak duit?

Berikut adalah 4 tips yang bisa Anda lakukan agar bisa pensiun dini dengan tenang, seperti dikutip puncak-media.com Indonesia dari beragam sumber:

1. Miliki visi yang jelas untuk masa pensiun

Ini adalah tahapan yang sangat krusial. Buatlah visi yang jelas soal hari pensiun Anda. 

Kebanyakan orang tidak punya bayangan akan seperti apa hari pensiun mereka ketika mengatakan akan pensiun dini. Ini sebenarnya sebuah kesalahan mendasar. Sebab, tanpa tahu gambaran kehidupan pasca pensiun yang Anda inginkan, bagaimana mungkin Anda melakukan perencanaan yang matang. 

Phil Lubinski, salah satu pendiri IncomeConductor, menyebut bahwa kebanyakan orang tidak mengukur kesiapan emosional mereka untuk pensiun.

“Memancing dan bermain golf adalah kegiatan di waktu luang yang menyenangkan, tetapi apa yang akan dilakukan investor dengan sisa waktu mereka?” kata Lubinski, seperti dikutip dari Forbes. “Mereka perlu mengisi 40 hingga 50 jam waktu bekerja dalam seminggu dengan kegiatan lain.”

Dia juga mengatakan bahwa investor mungkin tidak siap untuk melepas manfaat psikologis dan sosial yang diberikan oleh karir dan lingkungan kerja mereka. Karena itu, saat membuat rencana pensiun dini, pikirkan juga kesiapan mental serta aktivitas yang ingin Anda lakukan. 

Baca Juga :  Indeks Harga Saham Allo Bank

2. Buat perencanaan untuk dana pensiun

Jumlah uang yang Anda perlukan untuk pensiun dini sangat tergantung pada gaya hidup Anda. Secara umum, ada beberapa panduan untuk membantu Anda mencapai tujuan pensiun.

Pekerja setidaknya harus punya sekitar 10 kali lipat dari pendapatan mereka saat ini, menurut tolok ukur Fidelity.

Berikut panduannya: menabung setidaknya 1x gaji di usia 30, 3x gaji di usia 40, 6x gaji di usia 50, 8x di usia 60, dan 10x gaji di usia 67.

3. Miliki asuransi kesehatan dan dana darurat

Jangan sampai rencana pensiun dini gagal karena Anda, atau keluarga Anda, mengalami sakit serius yang menguras tabungan. Karena itu, pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan dan dana darurat. 

4. Siapkan rumah untuk pensiun

Jangan lupa juga siapkan hunian yang akan menjadi tempat Anda menghabiskan hari pensiun. Hunian ini tentu harus disiapkan jauh hari sebelum Anda memasuki masa pensiun. 

Menyiapkan hunian untuk masa pensiun bisa berbeda-beda untuk setiap orang, misalnya ada yang harus menyelesaikan cicilan KPR, ada yang harus merenovasi rumah keluarga, ada juga yang harus pindah ke luar negeri untuk tinggal di rumah perkebunan. 

5. Tetap siapkan sumber penghasilan

“Pensiun dini bukan tentang berhenti bekerja, melainkan mendapatkan kendali penuh atas waktu Anda,” kata Jake Northrup, pendiri Experience Your Wealth, dikutip dari Forbes. 

Dia menyarankan agar setelah meninggalkan pekerjaan kantoran, Anda tetap melakukan pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan gaya hidup baru Anda.

Pekerjaan ini bahkan mungkin memberikan Anda manfaat lain, seperti asuransi kesehatan, yang dapat membantu menjembatani Anda menuju masa pensiun.

“Dengan berencana untuk terus mendapatkan penghasilan, Anda dapat mencapai pensiun dini jauh lebih awal karena Anda tidak perlu menabung banyak uang untuk investasi guna mendukung gaya hidup Anda,” katanya.

Baca Juga :  Kenali 3 Tahapan HIV dan 27 Gejala Paling Umum Dialami Pria

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Pos terkait