Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri – Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah tidak boleh diabaikan. Nyeri perut dapat berkisar dari ringan hingga berat. Rasa sakit ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas.

Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kiri bawah. Jenis pengobatan tergantung pada kondisi atau penyakit yang menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab nyeri di bawah perut kiri.

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Bacaan Lainnya

Penyebab nyeri di perut kiri bawah bisa sama tidak berbahayanya dengan gas. Namun, penyebab nyeri di perut kiri bawah juga bisa lebih serius, seperti infeksi. Sakit perut kronis harus segera diobati.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Pada Wanita

Jika rasa sakit tidak kunjung hilang atau sering muncul secara tiba-tiba, segera konsultasikan ke dokter. Penting juga untuk mencatat gejala tambahan yang mungkin terjadi. Berikut 12 penyebab sakit perut bagian bawah kiri yang dirangkum Liputan6.com dalam Medical News Today, Jumat (18/9/2020).

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan Cek Fakta WhatsApp Liputan6.com nomor 0811 9787 670 dengan hanya mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Sembelit dapat menyebabkan rasa sakit di perut kiri bawah. Kondisi ini sering terjadi karena nutrisi yang tidak tepat dan kurang olahraga. Tanda-tanda sembelit, seperti sulit buang air besar, menekan perut untuk membantu tinja, tinja sangat keras, dan buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Penyebab lain rasa sakit di bagian kiri bawah perut adalah gas yang terperangkap dalam sistem pencernaan. Tidak dapat melarikan diri, gas ini menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Perut Sakit Saat Bernapas, Apa Penyebabnya?

Menelan makanan yang rawan gas, menelan udara, merokok, makan terlalu banyak, mengunyah permen karet, dan bakteri dapat menyebabkannya. Gejala tambahan yang tidak boleh diabaikan termasuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, sembelit, muntah, atau diare.

Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan peradangan yang menyakitkan di mana saja di sistem pencernaan. Penyakit Crohn paling sering terjadi di usus kecil, dan kolitis ulserativa paling sering terjadi di usus besar.

Gejala yang paling umum adalah sakit perut dan diare berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan demam dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Herpes zoster, atau herpes zoster, disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah seseorang terkena cacar air, virus menonaktifkan dirinya sendiri di jaringan saraf dekat tulang belakang dan otak. Bertahun-tahun kemudian, virus dapat aktif kembali sebagai herpes zoster.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Lapar Hingga Penyakit Ginjal

Terkadang herpes zoster menyebabkan rasa sakit dan ruam yang menutupi satu sisi perut. Gejala kurap termasuk rasa sakit saat disentuh, gatal, ruam, demam, dan lecet yang bisa pecah dan meninggalkan bekas luka. Sebelum ruam muncul, seseorang mungkin merasakan nyeri dan gatal di suatu area kulit. Saat ruam muncul, rasa sakitnya bisa parah.

Baca Juga :  Sakit Kepala Sebelah Kiri Bagian Belakang

Gangguan pencernaan atau gangguan pencernaan disebabkan oleh penumpukan asam setelah makan. Bagi kebanyakan orang, gangguan pencernaan terjadi di bagian atas perut.

Gangguan pencernaan di perut bagian bawah dapat terjadi, meskipun jarang. Gejala sakit perut termasuk sensasi terbakar, nyeri ringan atau ketidaknyamanan, mulas, kembung, atau gas.

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah penyakit umum yang mempengaruhi usus besar. Kondisi ini merupakan penyakit gastrointestinal kronis dan hanya dapat didiagnosis oleh dokter. Tanda dan gejala termasuk kram, sakit perut, kembung, gas dan diare, atau sembelit, atau keduanya.

Macam Obat Sakit Perut Yang Alami Halaman All

Penyakit celiac adalah kondisi kronis yang terjadi pada sistem pencernaan ketika seseorang tidak dapat mencernanya sendiri. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum dan beberapa makanan. Ketika seseorang menderita penyakit celiac, sistem kekebalannya menyerang bagian usus, menyebabkan berbagai masalah pencernaan dan kekurangan vitamin.

Gejala penyakit celiac antara lain tekanan dan gas, kembung, sakit perut, termasuk di kiri bawah, kelelahan, penurunan berat badan, dan diare.

Intoleransi laktosa adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Hal ini disebabkan karena defisiensi enzim laktase.

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Laktase memecah laktosa dalam susu, yang terdiri dari gula sederhana glukosa dan galaktosa. Gejala intoleransi laktosa termasuk diare, sakit perut, termasuk di sisi kiri bawah, kembung, gas, mual, dan sakit perut.

Frau, Die Unterleibsmassage In Der Badekurort Wellnessmitte Empfängt.

Hernia terjadi ketika organ atau bagian tubuh lainnya menembus dinding perut. Terkadang benjolan bisa muncul di tengah atau dekat selangkangan. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut kiri bawah. Karena hernia dapat menyebabkan masalah tambahan, penting untuk menemui dokter sesegera mungkin. Beberapa gejala tambahan komplikasi hernia termasuk rasa sakit saat mengangkat benda, peningkatan rasa sakit, tonjolan, dan perasaan penuh yang terus-menerus.

Divertikulitis adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri perut kiri bawah. Divertikulitis terjadi ketika divertikula (kantung kecil) di dinding usus terinfeksi dan meradang. Seiring bertambahnya usia seseorang, jumlah divertikula meningkat, membuatnya lebih cenderung pecah atau membengkak.

Nyeri pada divertikulitis meningkat saat makan atau segera setelah makan. Gejala tambahan divertikulitis termasuk sakit perut, demam, mual, muntah, dan kembung.

Nyeri di perut kiri bawah juga bisa menjadi gejala batu ginjal. Kebanyakan batu disebabkan oleh endapan kalsium dan dapat terbentuk di ginjal kanan atau kiri. Gejala khas batu ginjal adalah nyeri di perut kanan atau kiri bawah, mual atau muntah, urin berdarah, demam, dan sering buang air kecil.

Baca Juga :  Angka Main Hk Nanti Malam

Cara Mudah Redakan Nyeri Haid, Terbukti Ampuh!

Obstruksi usus atau obstruksi usus bisa menjadi penyebab rasa sakit di perut kiri bawah. Ketika ada penyumbatan di usus, makanan tidak bisa melewati sistem pencernaan.

Obstruksi usus lebih sering terjadi pada orang tua dan biasanya disebabkan oleh penyakit lain, seperti divertikulitis atau kanker usus besar. Gejala umum obstruksi usus termasuk sakit perut, sembelit, dan muntah. JAKARTA – Anda sering mengalami nyeri pada perut sebelah kiri? Pakar kesehatan mengatakan bahwa rasa sakit di perut bagian kiri tidak boleh dianggap enteng. Ini mungkin terkait dengan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Pankreatitis adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh peradangan pankreas. Lokasi organ ini berada di bagian kiri atas perut. Seringkali gejala sakit penyakit ini muncul secara tiba-tiba. Bahkan, rasa sakit ini bisa menjalar ke punggung.

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Gastritis adalah suatu kondisi yang mengiritasi pankreas. Gastritis dapat dikenali dengan gejala seperti nyeri pada perut kiri atas, rasa terbakar atau perih, mual, dan perut penuh atau kembung setelah makan. Jika iritasi ini berkembang menjadi tukak lambung, mereka khawatir bisa memicu timbulnya kanker yang berpotensi mematikan.

Link Rasa Nyeri Di Bawah Dada Sebelah Kanan

Juga dikenal sebagai sindrom iritasi usus besar, penyakit ini terjadi di usus besar. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan rasa sakit di perut kiri bawah, tetapi juga bisa menyebabkan kram perut, kembung, dan sering mengeluarkan gas. Selain itu, kita mungkin mengalami masalah usus berupa diare atau sembelit.

Jika kita memiliki masalah dengan batu ginjal, rasa sakit mungkin muncul di perut kiri bawah. Kondisi ini dipicu oleh kadar kalsium yang berlebihan dalam tubuh atau sebagai efek samping dari masalah asam urat. Selain itu, kebiasaan kurang minum yang menyebabkan rasa haus juga bisa menjadi pemicunya.

Selain peradangan atau infeksi yang disertai gejala seperti batu ginjal, retensi urin yang tidak lengkap, nyeri dan panas saat buang air kecil, ada baiknya memperhatikan urin yang disertai darah.

Hernia adalah suatu kondisi di mana usus dapat menembus dinding perut bagian bawah sebelum mencapai hati. Hal ini menyebabkan sakit perut di sisi kiri. Hernia harus diobati karena menimbulkan komplikasi yang tidak bisa dianggap remeh.

Tanda Perut Kedutan, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

Jika rasa sakit di perut sebelah kiri sudah cukup parah, jangan sampai hilang dan pastikan untuk memeriksakan kesehatan tubuh Anda dengan segera berkonsultasi ke dokter untuk menghilangkannya. (*)

**) Dapatkan update fitur harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal Telegram di ponsel Anda. Bagian perut berisi berbagai organ yang memiliki fungsi penting untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus peka terhadap setiap tanda atau masalah yang muncul pada rongga perut. Salah satunya adalah sakit perut sebelah kiri.

Baca Juga :  Nyeri Dada Kiri Saat Menarik Nafas Dalam

Sakit perut sebelah kiri adalah keluhan yang cukup umum. “Kondisi ini menyebabkan berbagai ketidaknyamanan, mulai dari kembung, berbusa, mual hingga sakit perut yang parah. Jika Anda mengalaminya lebih sering dan lebih serius, hati-hati, itu bisa menjadi pertanda penyakit serius,” kata dr Seppri.

Nyeri Pada Perut Bagian Bawah Sebelah Kiri

Secara garis besar, sakit perut sebelah kiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu sakit perut bagian atas dan sakit perut bagian bawah. Lantas, penyakit apa saja yang ditandai dengan nyeri di perut sebelah kiri? Jika Anda mengalami nyeri di sisi kiri perut, Anda mungkin mengalami beberapa masalah kesehatan:

Merasakan Sakit Saat Batuk Atau Berjalan? Ini Salah Satu Gejala Usus Buntu Dan Ini Penyebabnya

Nyeri di perut kiri bawah biasanya disebabkan oleh peradangan pada sistem pencernaan. Radang usus besar (kolitis) dapat menimbulkan gejala buang air besar yang encer di perut kiri bawah, sembelit alias sembelit, sakit perut saat buang air besar, kembung terus-menerus, dan nyeri karena sering buang air kecil.

Sakit ginjal adalah salah satu penyakit serius yang ditandai dengan rasa sakit di bagian kiri bawah perut. Sejumlah penyakit ginjal biasanya terjadi berupa batu ginjal, batu saluran kemih dan infeksi ginjal.

“Saat mengalami batu ginjal dan batu di saluran kemih, pasien mengalami nyeri di punggung bawah, kesulitan buang air kecil, dan rasa tidak nyaman tambahan berupa urin berwarna merah. Sedangkan saat infeksi ginjal, ada nyeri di perut kiri bawah disertai demam.” kata dr. Sepriani.

Kondisi ini biasanya terjadi pada pria. Nyeri di perut kiri biasanya terjadi saat penderita batuk, diikuti dengan benjolan di sekitar hati dan buah zakar.

Jual Obat Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Terbaru

Hernia tidak selalu berbahaya. Namun, pasien tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari komplikasi.

“Kista ovarium adalah kasus tumbuhnya bola di indung telur. Benjolan ini tidak terlihat dari luar, tetapi bisa menimbulkan rasa sakit. Jika kista berada di indung telur sebelah kiri, pasien mengalami nyeri di perut sebelah kiri.

Nyeri perut sebelah kiri bawah pada pria, nyeri perut bawah sebelah kiri, nyeri pada bagian perut sebelah kiri, nyeri perut bagian bawah sebelah kiri pada wanita, nyeri perut sebelah kiri bawah pada wanita, nyeri di bagian perut sebelah kiri bawah, benjolan di bagian perut bawah sebelah kiri, nyeri pada bagian bawah perut sebelah kiri, penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah, nyeri bagian bawah perut sebelah kiri, penyebab nyeri perut bagian bawah sebelah kiri, sakit di bagian perut sebelah kiri bawah

Pos terkait