Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli – Penyebab dan Pencegahan Arthritis Diposting: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbaharui: 12 Oktober 2020 Revisi 13 Juni 2019

Apa itu radang sendi? Arthritis adalah penyakit infeksi yang menyebabkan peradangan pada persendian. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan pelindung persendian, terutama persendian tangan dan kaki. Untuk memahami bagaimana hal ini terjadi, kita perlu mengetahui penyebab dan faktor risiko rheumatoid arthritis.

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Bacaan Lainnya

Penting untuk diketahui! Gejala radang sendi tidak hanya meliputi kekakuan pada persendian, tetapi juga nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Akibatnya, tulang (termasuk tulang rawan) bisa patah.

Askep Rematik Pada Lansia

Promo Beli Antibiotik CO COD dan HDmall gratis ongkos kirim kemana saja di Indonesia

Tak berhenti, penderita radang sendi juga kerap menghadapi masalah paru-paru, jantung, dan mata. Cari tahu lebih lanjut: Tanda dan gejala rheumatoid arthritis

Menurut American Academy of Rheumatology, sekitar 1,3 juta orang Amerika menderita kanker paru-paru, 75 persen di antaranya adalah wanita. Di Indonesia sendiri, prevalensi penyakit rematik meningkat dari 25,6% menjadi 35,8% pada tahun 2014, yang menunjukkan bahwa penyakit yang disebabkan oleh penyakit rematik menjadi perhatian masyarakat kita.

Sayangnya, sebagian besar dokter masih belum mengetahui penyebab rheumatoid arthritis. Namun, ada banyak faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit ini. Perhatikan penyebab radang sendi:

Pengertian Profesionalisme Menurut Para Ahli

Di antara faktor risiko tersebut, usia, genetika, dan jenis kelamin adalah 3 pertama yang tidak dapat dicegah. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat lebih dekat beberapa penyebab rheumatoid arthritis di atas.

Seseorang memiliki risiko tinggi terkena rheumatoid arthritis jika mereka memiliki anggota keluarga dengan penyakit tersebut. Seseorang dengan HLA (Human Leucocyte Antigen) dalam tubuhnya adalah 5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan rheumatoid arthritis daripada mereka yang tidak.

Namun, mereka yang memiliki antibodi HLA tidak selalu mengembangkan rheumatoid arthritis karena antigen ini hanya meningkatkan risiko. Selain HLA, ada gen lain yang dianggap terkait erat dengan rheumatoid arthritis, di antaranya:

JUAL SELER BLACKMORES 7000 FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA CO COD ️ FREE KONSULTASI FARMASI

Pdf) Upaya Pencegahan Hipertensi Dalam Kehamilan (hdk) Dengan Metode Non Farmakologi (nutrisi Dan Stress)

Menurut NIH (National Institutes of Health), dibutuhkan lebih dari 1 gen untuk menentukan apakah seseorang terkena rheumatoid arthritis atau tidak. Kondisi ini juga menentukan parah atau tidaknya radang sendi.

Para ahli percaya bahwa selain gen tertentu, bakteri atau virus dapat menyebabkan kondisi kulit yang berkembang menjadi rheumatoid arthritis. Dari hasil tersebut, mereka menemukan bakteri pada membran sinovial yang melapisi sendi.

Baca Juga :  Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video Hd Video Google Chrome Download 2022

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Johns Hopkins University pada Desember 2016 dalam jurnal “Science Translational Medicine”, bakteri yang menyebabkan peradangan jangka panjang pada keringat juga dapat menyebabkan radang sendi.

Pasalnya, infeksi bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans dapat meningkatkan produksi protein penyebab radang sendi. Namun, virus ini bukan satu-satunya virus yang menyebabkan rheumatoid arthritis, karena beberapa peserta penelitian tidak memiliki virus ini.

Pdf) Penyakit Saraf Berbeda Dengan Penyakit Jiwa

Oleh karena itu, virus dianggap berkontribusi pada perkembangan rheumatoid arthritis. Menurut Klinik Cleveland, orang dengan rheumatoid arthritis umumnya lebih kebal terhadap virus Epstein-Barr daripada yang lain.

Namun, virus Epstein-Barr (EPV) bukan satu-satunya penyebab rheumatoid arthritis. Ada juga virus lain, seperti virus herpes simpleks dan parvovirus B19, yang biasanya menyebabkan penyakit kelima.

Advertisement Beli Obat Antipiretik di HDmall Gratis Ongkos Kirim ke Seluruh Indonesia ️ Gratis Konsultasi Medis Obat COD

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Para ahli juga percaya bahwa trauma adalah salah satu penyebab utama rheumatoid arthritis. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal akses terbuka Rheumatism, trauma berat dapat memicu peradangan yang menyebabkan rheumatoid arthritis.

Gunakan Bahan Alami Sembuhkan Nyeri Sendi Karena Rematik

Contoh cedera yang diduga serius antara lain patah/patah tulang, amputasi, dan patah tulang. Tetapi para ahli tidak menemukan bukti signifikan tentang hubungan antara trauma besar dan risiko rheumatoid arthritis.

Studi yang lebih besar dan jangka panjang masih diperlukan untuk menguji validitas teori ini. Hal ini karena trauma berat biasanya tidak menimbulkan gejala rheumatoid arthritis. Hanya trauma berat yang diyakini menyebabkan peradangan yang menyebabkan rheumatoid arthritis.

Merokok secara langsung mempengaruhi tingkat keparahan rheumatoid arthritis dan efektivitas pengobatan. Penelitian arthritis dan studi medis telah menemukan bahwa merokok bahkan dalam jumlah kecil meningkatkan risiko rheumatoid arthritis.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa merokok setiap hari 2 kali lebih mungkin mengembangkan rheumatoid arthritis pada wanita. Selain itu, kesempatan untuk mengembangkan radang sendi berkurang setelah berhenti merokok.

Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli

Tetapi setelah 15 tahun, perokok tua memiliki risiko lebih tinggi terkena radang sendi dibandingkan orang yang tidak pernah merokok. Dalam hal ini, para ahli percaya bahwa merokok dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, terutama jika tubuh memiliki gen penyebab radang sendi, seperti yang disebutkan di atas.

Seperti disebutkan di atas, merokok dapat memperburuk radang sendi dan mengganggu efektivitas pengobatan. Jika penyakit rematik mengharuskan seseorang menjalani operasi, maka merokok meningkatkan risiko komplikasi.

Seperti non-perokok, dia melakukannya lebih baik setelah operasi. Karena itu, jangan berhenti merokok atau kurangi risiko radang sendi.

Baca Juga :  Beberapa Pertimbangan Mengelola Saham - P-Media

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Selain faktor lain yang disebutkan di atas, hormon dapat menyebabkan rheumatoid arthritis. Dibandingkan dengan pria, lebih banyak orang dengan rheumatoid arthritis adalah wanita. Para ahli menyimpulkan bahwa kadar hormon wanita juga dapat meningkatkan risiko rheumatoid arthritis.

Pohon Akasia: Jenis, Ciri Ciri Dan Manfaat Akasia (up 2022)

Misalnya, beberapa wanita mengalami gejala radang sendi yang memburuk selama kehamilan. Gejala-gejala ini dapat kembali selama kehamilan, tetapi mereka lebih buruk setelah melahirkan.

Selain itu, kondisi tertentu yang menyebabkan peningkatan kadar hormon pada wanita, seperti menyusui atau penggunaan pil KB hormonal, dapat meningkatkan kemungkinan rheumatoid arthritis.

Para ilmuwan menduga bahwa sumber polusi lain, seperti merokok, polusi udara, paparan pestisida dan zat udara lainnya seperti silika dan asbes, juga meningkatkan risiko radang sendi.

Menurut Arthritis Foundation, sekitar dua pertiga orang dengan arthritis kelebihan berat badan atau obesitas. Ini karena lemak dalam tubuh memproduksi protein sitokin yang menyebabkan peradangan. Karena itu, jika seseorang kelebihan berat badan, ia rentan terhadap radang sendi.

Ciri Ciri Rematik Arthritis, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Selain itu, obesitas mempengaruhi pengobatan konvensional rheumatoid arthritis. Obat anti-rematik yang disebut DMARDs (obat anti-rematik pemodifikasi penyakit) telah terbukti tidak efektif pada pasien rheumatoid arthritis obesitas setelah lebih dari satu tahun penggunaan.

Meskipun obat ini cukup efektif pada penderita arthritis dengan berat badan normal. Namun, sama seperti hal lainnya, obesitas saja tidak membuat seseorang menjadi gemuk.

Oleh karena itu, faktor lain seperti genetika, lingkungan, hormon, dan apakah seseorang mengalami cedera atau penyakit serius harus dipertimbangkan untuk menentukan penyebab sebenarnya dari radang sendi seseorang.

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Lantas, bagaimana cara mencegah radang sendi saat ini? Tergantung pada penyebabnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rheumatoid arthritis, termasuk:

Rematik: Penyebab, Jenis, Dan Gejalanya

Menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), merokok meningkatkan risiko radang sendi sebesar 1, 3-2, 4 kali lipat. Tapi berhenti merokok tidak selalu mudah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda berhenti merokok:

Seperti disebutkan di atas, salah satu penyebab radang sendi adalah kelebihan berat badan. Jadi jika Anda salah satunya, maka makanlah. Untuk ini, Anda dapat mengikuti rencana diet tertentu di bawah bimbingan seorang profesional atau melakukannya sendiri.

Hal yang jelas harus dilakukan ketika mencoba makan sendiri adalah menetapkan tujuan yang realistis. Misalnya, penurunan berat badan 1 kg atau kurang dalam seminggu dianggap sehat.

Anda juga perlu masuk ke kebiasaan makan yang sehat, yang berarti aktif makan biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Untuk sumber protein, pilihlah makanan tanpa lemak seperti ikan dan ayam tanpa kulit. Hindari makanan yang tinggi gula, garam dan lemak.

Baca Juga :  3 Alasan Pentingnya Obligasi untuk Usaha Kecil Anda

Pdf) Pemberian Kompres Hangat Serai Untuk Mengurangi Intensitas Nyeri Pada Lansia Penderita Rematik (rheumatoid Arthritis)

Dan olahraga, karena itulah kunci diet sehat. Pilih program latihan yang menggabungkan latihan kardio dan kekuatan, karena ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang.

Juga, regangkan atau regangkan secara teratur untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada persendian yang berhubungan dengan arthritis. Namun, jika Anda menderita rheumatoid arthritis, hindari olahraga berat, karena gerakan dan ketegangan yang berlebihan dapat memperburuk gejala.

Jika Anda harus menangani bahan kimia berbahaya, pastikan untuk memakai pelindung yang tepat setiap saat, seperti masker dan sarung tangan.

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Ketika Anda pertama kali mengalami gejala rheumatoid arthritis, segera temui dokter Anda. Menurut CDC, deteksi dini dan pengobatan dapat mencegahnya menjadi lebih buruk. Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke rheumatologist atau rheumatologist.

Mengenali Faktor Penyebab Rematik

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi berkualitas kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan praktisi kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari otoritas terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Para peneliti telah menambahkan bukti bahwa penyakit periodontal kronis dapat menyebabkan rheumatoid arthritis. (14 Desember 2016) (

Giuseppe, D. G., Discacciati, A., Orsini, N., Wolk, A. (2014, 5 Maret). Merokok dan risiko rheumatoid arthritis: meta-analisis penggunaan narkoba. Penelitian & Kedokteran Reumatologi, 16 (R61)

Brawer, A. E., Goel, N. (2016). Onset pasca-trauma artritis reumatoid. Open Rheumatology, 8, 77-80 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5098718/)

Penyebab Rematik Dan Tanaman Herbal Yang Bisa Menyembuhkannya

Baka, Z., Buzás, E., Nagy, G. (3 Agustus 2009). Rheumatoid arthritis dan merokok: menyatukan potongan-potongan. Rheumatology Research Medicine, 11 (4), 238 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/labs/articles/19678909/)

Barbara Woodward Lip Center Pusat Pendidikan Pasien. Rematik: Mengobati persendian. Rochester, MI: Mayo Foundation untuk Pendidikan dan Penelitian Kedokteran, 2017.

Singh JA, dkk. Kolese Reumatologi Amerika 2015. Aterosklerosis dan penelitian. 2016; 68:1.

Pengertian Rematik Menurut Para Ahli

Goldman L, dkk., Ed. Artritis reumatoid. : Kedokteran Goldman-Cecil. Ed 25. Philadelphia, PA: Saunders Elsevier; 2016. https://www.clinicalkey.com.

Tugas Wilanda Rematik

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan merupakan diagnosis klinis. Konsultasikan terus dengan dokter dan ahli di bidangnya.

Sekitar 40% orang menderita rheumatoid arthritis

Pengertian jantung menurut para ahli, pengertian ebook menurut para ahli, pengertian musik menurut para ahli, pengertian iklan menurut para ahli, pengertian aplikasi menurut para ahli, pengertian pendidikan menurut para ahli, pengertian kesehatan menurut para ahli, pengertian hadits menurut para ahli, pengertian ekologi menurut para ahli, pengertian spss menurut para ahli, pengertian jerawat menurut para ahli, pengertian saham menurut para ahli

Pos terkait