Pesta Diskon Emas di Pegadaian Berlanjut!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Harga emas di PT Pegadaian turun drastis hari ini. Emas Antam, misalnya, makin jauh di bawah Rp 1 juta untuk ukuran 1 gram.

Pada Jumat (2/9/2022), berikut harga emas di Pegadaian selengkapnya:

Bacaan Lainnya


Harga emas di Pegadaian tidak lepas dari dinamika harga emas dunia. Kemarin, harga emas dunia di pasar spot ditutup turun 0,85% ke US$ 1.696/troy ons. Ini adalah rekor terendah sejak Maret 2021.




xauSumber: Refinitiv

Penyebab kejatuhan harga emas adalah tren penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Dua aset ini memang punya hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS kuat, emas bakal ‘sekarat’.

Ini karena emas adalah komoditas yang harganya dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS terapresiasi, emas jadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas jadi turun, sehingga harga mengikuti.

Dalam sebulan terakhir, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melesat 2,88% secara point-to-point. Sepanjang 2022 (year-to-date), indeks ini ‘terbang’ 14,18%.




dxySumber: Refinitiv

“Jika The Fed (The Federal Reserve, bank sentral AS) berkomitmen untuk terus ‘berperang’ melawan inflasi dengan mendongrak suku bunga, meski ada ancaman resesi, maka itu tidak akan baik buat emas. Begitu harga menembus ke bawah US$ 1.675/troy ons, maka akan ada tekanan jual lebih lanjut,” tegas Daniel Ghali, Commodity Strategist di TD Securities, seperti diberitakan Reuters.

TIM RISET puncak-media.com INDONESIA


Artikel Selanjutnya


Harga Emas Pegadaian Turun, Waktunya Koleksi Bun?

(aji/aji)



sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga :  3 Dompet Multi-Cryptocurrency Terbaik di 2022

Pos terkait