Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Rusak Paru-paru

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Pandemi COVID-19 memunculkan banyak masalah terkait pernapasan. Karena itu, penting menjaga paru-paru Anda agar tetap sehat. 

Seiring berolahraga teratur dan menghindari rokok, makanan yang Anda juga berperan dalam menjaga kondisi paru-paru. Berikut, tim puncak-media.com Indonesia telah merangkum dari berbagai sumber, sejumlah makanan yang bisa merusak paru-paru:

Bacaan Lainnya

1. Brokoli

Anda mungkin terkejut menemukan brokoli dalam daftar ini! Dalam beberapa kasus, brokoli bisa baik untuk paru-paru Anda berkat kandungan antioksidan dan potensi antikarsinogeniknya. Namun, Amanda Webster, pelatih pikiran-tubuh bersertifikat, mencatat bahwa brokoli sebenarnya bisa berefek buruk untuk kesehatan paru-paru karena kecenderungannya untuk bikin kembung.

“Kita secara otomatis berpikir bahwa sayuran itu ‘sehat’, sehingga mudah untuk melupakan bahwa ada kasus khusus di mana makanan sehat tertentu harus dibatasi,” katanya, seperti dikutip dari Eat This Not That.

“Jika Anda merasa kembung setelah makan makanan seperti brokoli, kembang kol, atau kubis, cobalah membatasi atau menggantinya dengan makanan padat nutrisi lainnya.”

2. Roti




rotiFoto: REUTERS/Pichi Chuang
roti

Karbohidrat sederhana seperti tepung dan gula halus dapat berefek buruk untuk kesehatan paru-paru Anda. Makanan ini tidak hanya menyebabkan peradangan, tetapi juga membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk proses metabolisme.

“Diet rendah karbohidrat membuat tubuh memproduksi lebih sedikit karbon dioksida, yang merupakan kabar baik bagi siapa saja yang memiliki kondisi paru-paru,” kata Lisa Richards, ahli gizi dan penulis The Candida Diet.

3. Garam

Garam memang menambah rasa, tetapi bisa menambah peluang Anda untuk menderita masalah paru-paru.

Mengutip Web MD, orang yang makan banyak garam lebih mungkin menderita bronkitis jangka panjang. Makan banyak garam juga dapat memperburuk gejala asma.

4. Minuman berpemanis




Ilustrasi Soda (Designed by Freepik)Foto: Ilustrasi Soda (Designed by Freepik)
Ilustrasi Soda (Designed by Freepik)

Sayangi paru-paru Anda dengan berhenti mengonsumsi minuman ringan berpemanis.

Sebuah studi menemukan orang dewasa yang minum lebih dari lima minuman ringan berpemanis selama seminggu lebih berisiko memiliki bronkitis berkelanjutan, dan anak-anak lebih mungkin untuk menderita asma.

Jika Anda merokok, bahkan minuman ringan tanpa pemanis pun bisa berdampak buruk bagi paru-paru Anda.

5. Daging olahan




Nugget Ayam (Photo by Miguel Andrade on Unsplash)Foto: Nugget Ayam (Photo by Miguel Andrade on Unsplash)
Nugget Ayam (Photo by Miguel Andrade on Unsplash)

Sebagian besar daging yang diawetkan seperti bacon, nugget, ham, dan hotdog mengandung zat aditif yang disebut nitrat.

Perusahaan sering menambahkan nitrat untuk warna atau untuk memperpanjang umur penyimpanan. Sebuah studi dari European Respiratory Journal menunjukkan bahwa penambahan nitrat meningkatkan risiko rawat inap kembali terkait penyakit paru. 


Artikel Selanjutnya


Ini 10 Makanan Termahal di Dunia Tahun 2022, Tembus Rp2 M!

(hsy/hsy)


sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga :  Download FaceApp Pro Mod APK No Watermark 2022 - Info Aktual

Pos terkait