Cara Cek Pembayaran Bpjs Mandiri

Cara Cek Pembayaran Bpjs Mandiri – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Layanan ini menjadi sangat populer dan diminati masyarakat dengan sangat cepat karena tarifnya masih sangat terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta. Selain itu, pemerintah memperhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses semua layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya adalah kemudahan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan. Penting untuk memeriksa jumlah tagihan yang jatuh tempo setiap bulan, terutama agar Anda tidak melewatkan pembayaran dan dikenakan sanksi. Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya, berikut kami rangkum berbagai cara cek tagihan BPJS kesehatan yang belum terbayar.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 (perpress) tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, iuran BPJS Kesehatan bagi peserta Kelas III meningkat mulai 1 Januari 2021. Tarif ini tidak berlaku untuk pegawai. – Pekerja bergaji. Penerima upah, serta kontribusi iuran non-karyawan. Bayar hutang paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Berikut daftar Tarif BPJS Terbaru di tahun 2021:

Cara Cek Pembayaran Bpjs Mandiri

Untuk peserta BPJS Kesehatan Kelas I harus membayar biaya sebesar Rp 150.000 per orang per bulan. Peserta Kelas I dapat menerima manfaat layanan di ruang perawatan Kelas I. Besaran biaya ini tidak akan berubah pada tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Kartu Dan Kertas Nomor Virtual Account Bpjs Hilang/rusak ? Ini Cara Mengurusnya

Untuk peserta BPJS Kesehatan Kelas II harus membayar biaya sebesar Rp100.000 per orang per bulan. Peserta Kelas II dapat memanfaatkan layanan di ruang perawatan Kelas III. Besaran kontribusi ini akan tetap sama pada tahun 2021.

Pada tahun 2021, iuran peserta BPJS Kesehatan Kelas III akan dinaikkan menjadi Rp42.000 per bulan per orang. Namun, pemerintah menahan Rp. 7.000 akan memberikan subsidi koperasi – sehingga pada 1 Januari 2021, peserta Kelas III akan menerima Rp. 35.000,-. Iuran BPJS kesehatan baru ini diperuntukkan bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP). Peserta dapat memanfaatkan layanan di ruang perawatan Kelas III.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai Peserta BPJS Kesehatan, kami meminta Anda untuk membayar biaya bulanan sesuai pilihan kelas BPJS Anda untuk menikmati layanan yang ditawarkan. Nah, cara cek tagihan BPJS kesehatan untuk Anda, keluarga atau perusahaan sangatlah mudah dan ada banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah cara yang dapat Anda lakukan:

Orang pertama yang melakukan pengecekan tagihan BPJS kesehatan dapat dilakukan melalui website resmi BPJS kesehatan. Cara ini sangat efektif karena Anda tidak perlu repot lagi mengecek kepabeanan dengan datang ke Kantor BPJS Kesehatan karena sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Ikuti langkah ini:

Baca Juga :  Mengatasi Dada Sesak Karena Batuk

Informasi Iuran Bpjs Kesehatan Terbaru: Cara Cek, Besaran Biaya Dan Cara Pembayaran

Selain melalui website, cara lain untuk cek tagihan BPJS kesehatan adalah melalui portal SMS. Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda tidak memiliki jaringan internet aktif di komputer atau ponsel Anda untuk membuka website resmi BPJS. Kirimkan salah satu data Anda ke nomor Layanan BPJS Kesehatan di 08777-5500-400 melalui pesan singkat di ponsel Anda.

Data pribadi yang dapat Anda gunakan untuk peserta mandiri antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA). Kirim dengan mengetik format berikut:

Melalui layanan portal SMS ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar layanan BPJS kesehatan seperti jumlah tagihan bulanan yang jatuh tempo dan besaran denda yang dikenakan (jika jatuh tempo pada bulan-bulan sebelumnya). Jadi, cara ini juga praktis untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan yang jatuh tempo lebih awal.

Cara cek tagihan BPJS kesehatan secara mandiri selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi BPJS kesehatan yang bernama Mobile JKN. Anda bisa mendownload aplikasi ini di PlayStore untuk pengguna Android atau AppStore untuk pengguna iOS. Aplikasi ini memiliki layanan yang lengkap seperti informasi tentang layanan JKN, fitur untuk mengubah data peserta dan cek pembayaran bulanan.

Syarat Dan Cara Turun Kelas Bpjs

Jika Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi seluler JKN di ponsel Anda, buka dan daftar terlebih dahulu untuk membuat akun. Setelah itu, masuk ke akun Anda dan pilih menu Tagihan. Pada menu Tagihan, terdapat pilihan premi, klik dan akan muncul informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS kesehatan yang harus Anda lakukan.

Bagi Anda yang ingin informasi langsung dan lebih lengkap mengenai besaran tagihan yang jatuh tempo, bisa mencoba menghubungi Call Center BPJS Kesehatan di nomor telepon 1500-400. Atau Anda bisa mengunjungi Pusat Pelayanan Publik (MPP) yang sudah tersedia di banyak kota besar di Indonesia

Bagi masyarakat yang kesulitan mengakses kantor cabang BPJS Kesehatan, layanan pengambilan mobil keliling BPJS Kesehatan Mobile Customer Service (MCS) kini telah tersedia di beberapa wilayah. Untuk memudahkan masyarakat salah satunya dengan cara mengecek apakah tagihan BPJS kesehatan sudah lunas atau belum.

Cara cek tagihan BPJS kesehatan selanjutnya adalah melalui ATM terdekat. Banyak mitra perbankan seperti BRI, BNI, BCA dan Bank Mandiri menawarkan fasilitas ini. Mudah dan sederhana, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Baca Juga :  Tes Kesehatan Mental Kemenkes

Cara Bayar Denda Bpjs Melalui Atm Mandiri, Bni Dan Btn

Selain untuk peserta mandiri, BPJS Kesehatan juga menyasar karyawan perusahaan. Biasanya perusahaan mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan dimana iuran bulanan dipotong dari gaji bulanan. Jadi Anda tidak perlu lagi membayar tagihan sendiri. Jika Anda ingin mengetahui cara cek besaran tagihan BPJS kesehatan yang harus dibayar oleh perusahaan, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

Tidak jauh berbeda dengan peserta mandiri, Anda juga bisa mengecek jumlah tagihan BPJS kesehatan dari perusahaan melalui website resmi BPJS kesehatan https://bpjs-kesehatan.go.id/. Untuk mengeceknya, buka halaman website dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan. Kemudian, masukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir serta nomor verifikasi pada kolom yang tersedia. Klik tombol “Cek”, layar akan otomatis menampilkan informasi berupa pembayaran jatuh tempo atau dibayar untuk bulan tersebut.

Kemudahan lain yang ditawarkan BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan aplikasi mobile JKN yang dapat Anda unduh di PlaySore atau AppStore di ponsel Anda. Aplikasi ini berisi berbagai informasi tentang pelayanan BPJS kesehatan serta pengecekan jumlah tagihan bulanan yang jatuh tempo. Setelah aplikasi ini terinstal di ponsel Anda, Anda perlu mendaftarkan akun dengan memasukkan email dan kata sandi. Jika Anda telah mendaftar sebelumnya, lewati langkah ini, pilih opsi login instan dan masukkan email dan kata sandi dari akun Anda. Setelah masuk ke akun, pilih menu Billing, lalu pilih opsi Premium. Kemudian akan ditampilkan nomor tagihan dan informasi pembayaran iuran BPJS kesehatan untuk bulan tersebut.

Cara mudah lainnya untuk cek tagihan BPJS kesehatan adalah dengan menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan di 1500 400 yang bisa Anda hubungi 24 jam sehari. Selain mencari informasi dan melaporkan masalah, Anda juga dapat mengelola proses pendaftaran. Artinya Anda tidak perlu menunggu sesuai jadwal untuk mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan.

Iuran Bpjs Kesehatan Dan 3 Cara Cek Tagihannya

Cara selanjutnya, Anda bisa mengecek jumlah tagihan BPJS kesehatan dari perusahaan Anda melalui ATM terdekat sesuai dengan rekanan perbankan yang Anda gunakan. Lakukan langkah-langkah berikut di ATM:

Belum yakin apakah Anda sudah membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan bulan ini? Anda dapat dengan mudah memeriksa dengan berbagai cara. Mengecek pembayaran tagihan secara rutin setiap bulannya dapat mengantisipasi keterlambatan pembayaran tagihan sehingga dapat terhindar dari denda. Nah, di bawah ini ada beberapa cara cek tagihan BPJS kesehatan yang belum terbayar yang bisa Anda pilih.

Untuk mengecek iuran BPJS kesehatan, Anda bisa dengan mudah melalui website resmi BPJS kesehatan. Caranya dengan mengunjungi https://List.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ lalu mengisi data-data yang diminta seperti Nomor Kartu BPJS Kesehatan, Tanggal Lahir dan Nomor Verifikasi. Setelah mengisi semua data, klik “Cek” dan data tagihan yang harus dibayar akan langsung muncul.

Baca Juga :  Cara Obati Telapak Kaki Pecah2

Data tersebut meliputi nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut serta status aktif atau tidak. Anda juga bisa mengecek denda BPJS di halaman yang sama jika ada tunggakan pembayaran.

Cara Cek Iuran Bpjs Kesehatan Melalui Sms, Website, Atm & Aplikasi

Jika Anda ingin mengecek berapa tagihan iuran BPJS Kesehatan terakhir atau bulan ini, Anda bisa melihatnya melalui aplikasi. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi seluler JKN dan menginstalnya di ponsel Anda. Setelah itu lakukan registrasi akun baru dengan memasukkan nomor kartu sehat dan alamat email BPJS, setelah registrasi login dengan data-data tersebut. Masuk ke akun Anda, pilih menu Tagihan, lalu pilih Premi, dan Anda akan dapat mengakses informasi tagihan BPJS Kesehatan terbaru Anda.

Tidak ada koneksi internet? Cara cek pembayaran iuran BPJS kesehatan bulan ini juga bisa Anda lakukan melalui SMS. Peserta hanya perlu mengetikkan pesan singkat dengan menggunakan data diri seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan), dan NIP (Nomor Induk Pegawai) bagi yang terdaftar oleh perusahaan. Tagihannomor data pribadi untuk menulis SMS, misalnya Tagihan 00000888567742. Jika data yang dimasukkan dianggap benar, kirim SMS ke nomor Layanan BPJS Kesehatan 08777-5500-400

Dengan semakin banyaknya fasilitas yang ditawarkan BPJS Kesehatan untuk mengakses layanannya, kini Anda bisa melakukan semuanya secara online. Tidak perlu lagi mengunjungi kantor BPJS, apalagi jika tempat tinggal Anda jauh atau kantor cabang terdekat tidak tersedia. Nah, cara-cara di bawah ini memudahkan cek tagihan BPJS kesehatan secara online, jadi bisa kamu akses dimana saja selama ada koneksi internet.

BPJS Kesehatan kini telah meluncurkan aplikasi khusus untuk mengakses layanan yang disediakan bernama Aplikasi Mobile JKN. Setiap pengguna ponsel Android dan iPhone dapat memiliki aplikasi ini. Cara ini memungkinkan Anda melakukan pengecekan tagihan dari BPJS Kesehatan secara mandiri untuk peserta atau keluarga. Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Bayar Bpjs Kesehatan Terlengkap Untuk Kamu Ketahui

Bersamaan dengan aplikasi, Anda juga dapat mengunjungi halaman resmi BPJS Kesehatan

Cara cek pembayaran bpjs lewat hp, cara cek penangguhan pembayaran bpjs, cara cek pembayaran bpjs kesehatan mandiri, cek pembayaran bpjs, cara cek no pembayaran bpjs, cara pembayaran bpjs mandiri, cek pembayaran bpjs mandiri, cek pembayaran bpjs kesehatan mandiri, cara cek pembayaran bpjs, cara pembayaran bpjs kesehatan mandiri, cara cek pembayaran terakhir bpjs ketenagakerjaan, cara cek kode pembayaran bpjs kesehatan

Pos terkait