Cara Daftar Bpjs Kesehatan Untuk Karyawan

Cara Daftar Bpjs Kesehatan Untuk Karyawan – BPJS Kesehatan Perusahaan adalah jaminan kesehatan BPJS yang disubsidi oleh suatu perusahaan (badan usaha PT, CV, dll) untuk karyawannya. Layanan yang diterima karyawan perusahaan tergantung pada jumlah gaji bulanan mereka:

Karyawan yang sudah menikah juga mendapatkan asuransi kesehatan untuk anggota keluarganya. BPJS Kesehatan mencakup maksimal 5 orang dalam 1 keluarga yang ditanggung oleh perusahaan. Contoh: Laki-laki yang sudah menikah akan mendapatkan BPJS Kesehatan untuk dirinya sendiri, istri dan maksimal 3 orang anak. Jika Anda memiliki anak ke-4 dan seterusnya, Anda dapat mengajukan permohonan untuk yang lain terlebih dahulu. Kontribusi untuk peserta lain adalah 1% dari gaji karyawan per orang (dibayar oleh karyawan).

Cara Daftar Bpjs Kesehatan Untuk Karyawan

Gaji referensi pegawai maksimal untuk perhitungan tunjangan kesehatan BPJS adalah Rp8 juta. Artinya jika gaji bulanan karyawan > Rp. 8 juta (yaitu: 10 juta), kelipatannya tetap 8 juta, maka iuran kesehatan pegawai BPJS adalah:

Bacaan Lainnya

Bpjs Kesehatan Perusahaan: Syarat Dan Cara Pendaftarannya

Badan usaha BPJS Kesehatan dapat dibuat di cabang BPJS Kesehatan atau secara online. Tanyakan kepada seluruh karyawan Anda apakah sebelumnya sudah memiliki BPJS kesehatan mandiri. Jika ya, catat nomor BPJS kesehatannya. Nantinya, status kepesertaan BPJS Kesehatan mereka akan diubah menjadi pegawai tetap. Nomor dan kartu BPJS akan tetap sama. Konsep ini berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan dimana nomor BPJS dapat berubah setelah pegawai keluar dari pekerjaan sebelumnya.

Cara daftar BPJS Kesehatan untuk perusahaan offline adalah dengan mengunjungi langsung cabang BPJS Kesehatan sesuai langkah lokasi perusahaan :

Pendaftaran BPJS Kesehatan secara online dilakukan melalui website e-Dabu (aplikasi login badan usaha untuk pengelolaan data BPJS kesehatan pegawai).

Setelah menyelesaikan pendaftaran badan usaha, proses selanjutnya adalah pendaftaran online pegawai pemberi kuasa BPJS melalui e-DABU (aplikasi BPJS Kesehatan Perusahaan). Pendaftaran pegawai melalui sistem e-DABU juga terbuka bagi organisasi yang mendaftarkan akun secara offline pada tahap awal (sebagai alternatif proses pendaftaran pegawai melalui RO).

Laman Resmi Republik Indonesia • Portal Informasi Indonesia

Ada 3 cara mendaftarkan karyawan ke skema BPJS kesehatan badan usaha Anda 2 dari 3 cara tersebut adalah melalui Perusahaan BPJS Kesehatan Edabu yang baru:

Setelah memasukkan data peserta, perlu dilakukan otorisasi data agar BPJS dapat memproses semua data peserta yang dimasukkan. Metode:

Perusahaan kemudian membayar tagihan BPJS kesehatan karyawan perusahaan agar bisa mencetak e-KTP seluruh peserta. E-KTP Perusahaan BPJS Kesehatan tersedia pada menu Cetak Kartu dan Tagihan.

Perusahaan akan mendapatkan Virtual Account Number (VA) bagi seluruh karyawannya untuk membayar biaya asuransi kesehatan BPJS. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, internet banking atau mobile banking dengan bank afiliasi (BNI, BRI, Mandiri, BTN dll).

Baca Juga :  Edabu Bpjs Kesehatan Error

Cara Menonaktifkan Bpjs Kesehatan Agar Tagihan Iuran Berhenti

Setelah melakukan pembayaran, PIC perusahaan harus kembali ke cabang BPJS kesehatan dan mencetak kartu BPJS kesehatan untuk perusahaan.

Untuk pembayaran di bulan-bulan berikutnya, pembayaran ke BPJS Kesehatan jatuh tempo pada tanggal 10 setiap bulannya. Jika Anda menunda pembayaran, Anda akan didenda 2,5% dari biaya rumah sakit jika peserta dirawat di rumah sakit. Jika hanya rawat jalan/pemeriksaan umum, BPJS tetap bisa digunakan dan tidak dikenakan sanksi.

Pembayaran BPJS kesehatan hanya dapat dicek oleh pengguna dengan hak akses Super Admin pada aplikasi e-DABU. Tagihan yang ditampilkan adalah untuk bulan berjalan dan untuk 1 bulan sebelumnya. Cara Cek Rekening BPJS Kesehatan Badan Usaha : 6 Cara Daftar Online Pegawai BPJS Kesehatan – Mengapa setiap perusahaan wajib mendaftarkan pegawainya sebagai peserta skema jaminan kesehatan BPJS Kesehatan?

Alasan utamanya tentu saja terkait dengan supremasi hukum. Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan mewajibkan setiap pemberi kerja untuk mendaftarkan diri dan pegawainya sebagai peserta jaminan kesehatan pada BPJS Kesehatan melalui iuran.

Cara Menggunakan Edabu Bpjs Kesehatan Untuk Badan Usaha

Pengusaha yang mengabaikan kewajiban mendaftarkan tenaga kesehatan BPJS dapat dikenakan teguran tertulis, denda, dan sanksi administratif berupa penolakan pelayanan publik tertentu. Akibatnya, akan sulit bagi perusahaan untuk mengurus izin, yang akan menghambat perkembangan bisnis.

Selain sanksi, faktor lain seperti biaya perusahaan juga tidak kalah penting. Pengusaha yang belum mendaftarkan pegawainya ke BPJS Kesehatan bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan jika pegawainya jatuh sakit. Artinya, perusahaan harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa biaya perawatan kesehatan bagi karyawannya akan cukup tinggi.

Dengan demikian, mendaftarkan pegawai sebagai peserta BPJS kesehatan tidak hanya menghindari denda, tetapi juga mengefisienkan anggaran perusahaan dengan mengalihkan cakupan jaminan kesehatan pegawai ke BPJS.

Pegawai adalah orang yang bekerja sebagai penerima manfaat (PPU) sedangkan proses pendaftaran BPJS kesehatan dilakukan oleh perusahaan/badan usaha. Hal ini membedakan mereka dengan pekerja bukan penerima gaji (PBPU) dan pengangguran (BP), yang pendaftarannya dilakukan secara mandiri. Secara umum fungsi administrasi BPJS Kesehatan seperti pendaftaran dan pembayaran iuran ditangani oleh SDM yang bertindak sebagai Penanggung Jawab (PIC).

Begini Cara Menambahkan Anggota Keluarga Di Bpjs Kesehatan Perusahaan

Pendaftaran BPJS Kesehatan karyawan perusahaan kini semakin mudah dengan adanya aplikasi baru eDabu 4.2 yang merupakan versi terbaru dari eDabu 3.1 dan menambahkan fitur-fitur mudah seperti edit data tanpa perlu proses persetujuan dari BPJS Kesehatan. Aplikasi eDabu (Data Badan Usaha Elektronik) sendiri sudah digunakan sejak tahun 2015 dan terus dikembangkan oleh BPJS.

Baca Juga :  Harga Tes Kesehatan Mental

Jika perusahaan belum terdaftar di BPJS Kesehatan, Anda harus mendaftarkan badan usaha terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya melalui website BPJS Kesehatan dan membuka menu Pendaftaran Badan Usaha. Atau, Anda dapat mendaftar melalui aplikasi New eDabu 4.2 di sini dan kemudian klik Daftar Badan Usaha.

Anda menyetujui persyaratan, termasuk bahwa pengguna harus memiliki izin hukum untuk mendaftarkan entitas bisnis. Kemudian isi semua kolom formulir pendaftaran dengan informasi yang benar, antara lain:

Periksa kotak masuk email PIC terdaftar Anda. BPJS Kesehatan akan mengirimkan email dengan link aktivasi untuk mengaktifkan akun eDab Anda. Untuk mendapatkan proses aktivasi ini perlu:

Cek Lagi! Nih Iuran Bpjs Kesehatan Yang Berlaku 31 Juli 2022

Login ke eDab dan Anda bisa langsung mendaftarkan karyawan perusahaan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Klik Member Details, lalu Add Member, lalu isi semua informasi identitas karyawan dan informasi yang diperlukan untuk mendaftar keanggotaan baru, termasuk upah/gaji karyawan. Pastikan juga identitas pegawai sesuai dengan data eKTP, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, pilih fasilitas medis, pilih klinik berdasarkan tempat tinggal karyawan, dan isi unit kerja dan informasi terkait. Sebagai catatan, setiap kepesertaan karyawan berlaku untuk 5 orang (karyawan, pasangan dan 3 anak). Jika anggota keluarga karyawan tambahan ingin didaftarkan, Anda dapat mengklik Tambah Keluarga.

Setelah melakukan pencatatan data registrasi pegawai BPJS, langkah selanjutnya adalah pembayaran iuran BPJS kesehatan sesuai tagihan. BPJS menghitung iuran berdasarkan data upah/gaji yang dilaporkan pegawai yaitu gaji pokok dan beberapa tunjangan pegawai per bulan.

Kontribusi dibayarkan melalui virtual bank account yang ditunjuk oleh BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, BRI dan BNI. Anda dapat menggunakan berbagai saluran pembayaran, seperti jaringan ATM, internet banking, mobile banking, kantor pos atau marketplace.

Cara Daftar E Dabu Bpjs Kesehatan Bagi Perusahaan

Setelah membayar iuran jaminan kesehatan, Anda perlu datang ke cabang BPJS untuk mencetak kartu BPJS kesehatan untuk selanjutnya dibagikan kepada pegawai yang bersangkutan. Selain kolektif, kini pegawai bisa mencetak sendiri kartu kepesertaan BPJS kesehatan melalui aplikasi mobile JKN.

Selain itu, Anda dapat menggunakan eDaba untuk banyak hal seperti mendaftarkan karyawan baru, menambahkan anggota keluarga karyawan terdaftar, menonaktifkan partisipasi karyawan, mengubah detail peserta, dan mendaftarkan atau memindahkan karyawan baru.

Misalnya, jika karyawan yang Anda rekrut sebelumnya adalah pekerja mandiri (PBPU) yang terdaftar di BPJS Kesehatan, Anda dapat mengubah statusnya menjadi PPU dengan mekanisme pembekuan BPJS Kesehatan. Karyawan yang bersangkutan tidak lagi secara otomatis menerima pernyataan iuran independen di awal bulan, karena pernyataan iuran telah dialihkan ke perusahaan.

Ada perbedaan antara Iuran Mandiri BPJS Kesehatan (PBPU/BP) dan Karyawan Perusahaan (PPU). Peserta perorangan membayar premi berdasarkan jumlah nominal:

Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online » Rsud Sawahlunto

Sementara peserta BPJS mandiri bebas memilih kelas, tidak demikian bagi karyawan perusahaan. Kategori keanggotaan karyawan secara otomatis ditentukan oleh besaran gajinya, yaitu:

Baca Juga :  Bsu Bpjs Ketenagakerjaan

Iuran kesehatan pegawai BPJS adalah persentase dari upah/gaji, yaitu 5% dari upah/gaji bulanan. Dari jumlah tersebut, 4% dibayarkan oleh pemberi kerja melalui tunjangan BPJS dan 1% dibayarkan oleh karyawan dalam bentuk pemotongan gaji.

Jika karyawan ingin mendaftarkan anggota keluarga tambahan, misalnya anak ke-4, orang tua, menantu atau kerabat lainnya, mereka harus menambahkan kontribusi gaji 1% untuk setiap tambahan 1 orang. Batasan upah minimum untuk perhitungan retribusi BPJS kesehatan adalah upah minimum, batas maksimumnya adalah Rp12.000.000.

Sebagai informasi, 4% iuran BPJS kesehatan yang dibayarkan perusahaan merupakan tambahan dari perhitungan pendapatan kotor pegawai PPh 21. Oleh karena itu, selain perhitungan BPJS, pemotongan PPh 21 juga harus diperhitungkan di setiap gaji.

Cara Mendaftar Bpjs Kesehatan

Untuk memudahkan Anda dalam menghitung tunjangan kesehatan pegawai BPJS dan pajak penghasilan pegawai, Anda dapat menggunakan Aplikasi penggajian ini menawarkan perhitungan BPJS online yang cepat, akurat dan bebas kesalahan. Kalkulator otomatis menghitung slip gaji karyawan, termasuk tunjangan BPJS dari perusahaan, potongan BPJS yang dibayarkan karyawan, ditambah potongan PPh 21.

BPJS tidak hanya menghitung iuran kesehatan, tetapi BPJS menghitung iuran asuransi pegawai (JKM, JKK, JHT dan JP). Software HR berbasis cloud ini juga memudahkan Anda untuk melaporkan kepegawaian BPJS dengan menyediakan file SIPP secara otomatis. Anda hanya perlu mengunggah SIPP Anda ke BPJS tanpa perlu repot mengisinya secara manual. Anda tahu Karyawan yang bekerja di suatu perusahaan/instansi berhak atas tunjangan lain selain gaji pokok dan THR, seperti yang Anda ketahui. Kontribusi tersebut dapat berupa bonus, tunjangan makan dan transportasi, tunjangan pensiun, tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan.

Tunjangan kesehatan bagi pegawai umumnya diberikan dalam bentuk Jaminan Sosial atau yang sekarang dikenal dengan BPJS Ketenagakerjaan. Lantas apakah BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan wajib bagi perusahaan? Apa bedanya?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

Cara Bayar Bpjs Ketenagakerjaan Paling Valid

BPJS Kesehatan adalah organisasi yang menyelenggarakan program jaminan dan perlindungan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS

Cara menghitung bpjs ketenagakerjaan karyawan, cara daftar bpjs kesehatan karyawan perusahaan, perhitungan bpjs kesehatan karyawan, bpjs kesehatan untuk karyawan, cara mendaftar bpjs kesehatan untuk karyawan perusahaan, cara menghitung bpjs kesehatan untuk karyawan, aturan bpjs kesehatan untuk karyawan, iuran bpjs kesehatan untuk karyawan, kelas bpjs kesehatan untuk karyawan, cetak kartu bpjs kesehatan karyawan, potongan bpjs kesehatan untuk karyawan, cara daftar bpjs ketenagakerjaan karyawan baru

Pos terkait