Cara Membuat Antena Parabola Sederhana

Cara Membuat Antena Parabola Sederhana – Parabola digital FTA adalah perangkat yang menerima siaran televisi dan radio melalui satelit secara gratis. Dengan perangkat ini, penerimaan sinyal TV tidak lagi terpengaruh oleh lingkungan sekitar, seperti pohon, gunung, dll.

Keunggulan lain yang dapat Anda nikmati dengan salah satu perangkat digital ini adalah kualitas gambar dan suara yang tidak dapat dibandingkan dengan kualitas gambar dan suara, betapapun bagusnya gambar dan suara dengan antena analog (antena UHF dan VHF). Antena parabola digital. Masih ada unit parabola digital yang dapat menerima siaran HDTV (High Definition Television).

Cara Membuat Antena Parabola Sederhana

Karena keempat bagian tersebut memiliki fungsi yang saling terkait, jika salah satunya rusak, dapat terjadi gangguan pada proses penerimaan sinyal atau tidak ada sinyal yang dapat diterima sama sekali.

Bacaan Lainnya

Satu Alat Bisa

Berikut adalah pengalaman dan solusi penulis untuk mengatasi “tidak ada sinyal” pada parabola digital FTA.

Semua saluran dalam daftar stasiun TV dan radio akan kehilangan sinyal terlepas dari kekuatan dan kualitasnya. Ketika pesan “Tidak Ada Sinyal” muncul di layar TV dan menekan tombol “Informasi” pada remote control, tampilan yang ditunjukkan pada Gambar 01 akan muncul. Di sini jelas bahwa persentase kekuatan dan kualitas sinyal dibaca secara numerik. 0 persen.

Sebelum memeriksa perangkat eksternal, periksa dulu sambungan kabel ke penerima FTA dan pastikan sudah terpasang dengan benar.

Jika semuanya beres dan tidak ada kesalahan, inspeksi dilanjutkan dengan perangkat eksternal dan, tentu saja, antena dibalik untuk memudahkan inspeksi (Gambar 02 – kiri).

Cara Memilih Dan Memasang Antena Tv Yang Efektif.

Disarankan untuk melepas mur penyangga atas agar posisi antena tidak berubah selama pembalikan. Letak mur berada di ujung atas baut penyangga pelat keras, ditunjukkan oleh panah merah pada Gambar 02. lingkaran putih

Sebagai langkah awal, periksa dulu kondisi kabel penghubung DiSCq ke receiver. Lepaskan kedua ujung kabel yang terhubung ke DiSCq dan receiver. Periksa kabel dengan hati-hati inci demi inci untuk memastikan tidak ada bagian yang hilang. Jika ditemukan kerusakan, kemungkinan besar kabel tersebut keropos dan air hujan yang masuk ke area yang rusak kemungkinan besar akan memutus salah satu atau kedua jalur tersebut. Untuk memeriksanya, lakukan tes kabel menggunakan multimeter pada posisi ohmmeter X1. Jika pengujian menunjukkan bahwa satu/dua saluran kabel putus, mereka harus diganti dengan yang baru (tidak disarankan untuk menemukan dan menyambungkan saluran kabel yang putus. Pekerjaan seperti itu di masa depan dapat berdampak negatif pada receiver).

Baca Juga :  Jauhi 3 Kesalahan Parenting Ini Jika Tak Mau Anak Jadi Narsis

Apakah Anda tidak berhasil meningkatkan kekuatan sinyal Anda sejauh ini? Lanjutkan ujian dengan bagian berikutnya! Sambungkan kembali salah satu ujung kabel ke receiver dan ujung kabel lainnya langsung ke output salah satu LNB tanpa melalui DiSCq. Jika persentase intensitas dapat meningkat dengan cara ini dan menunjukkan angka tertentu, kemungkinan DiSCq sudah terganggu.

Untuk memastikannya, pindahkan kabel ke output LNB lain. Jika hasilnya sama, maka DiSCq rusak.

Jual Dish Antena Parabola Mini Ku Band 60cm + Lnb Ku Band + Kabel Rg6 15m Termasuk Konektor

Kelemahan umum untuk DiSCq adalah air hujan masuk ke kabinet dan menyebabkan hubungan pendek antara komponen elektronik kabinet. Penyebab lainnya adalah korsleting antara dua jalur kabel yang menghubungkan LNB dan DiSCq, yang terjadi ketika DiSCq terhubung ke penerima yang aktif.

Saya telah mengikuti semua langkah pemeriksaan di atas tetapi tidak berhasil menyelesaikan masalah. jangan putus asa. Satu langkah lagi masih harus diuji.

Ada bagian lain, LNB, yang kondisinya tidak dikonfirmasi pada tahap pemeriksaan sebelumnya. Bagian terakhir yang belum dikonfirmasi tentu dipertanyakan. Masuk akal, tetapi pengalaman di lapangan menunjukkan bahwa ini tidak selalu terjadi. Terkadang LNB diganti dengan yang baru, namun kekuatan sinyal tetap tidak menunjukkan perubahan (masih 0%). Sebagai hasil dari pemeriksaan terperinci, ditentukan bahwa bagian yang rusak adalah penerima. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membeli satu set LNB baru, saya sarankan Anda memeriksa bagian penerima terlebih dahulu. Dalam hal ini dilakukan pengujian untuk mengetahui kemampuan receiver dalam memberikan tegangan ke LNB.

Website ini dibuat secara gratis oleh Own-Free-Website.com. Apakah Anda ingin memiliki website sendiri juga? Daftar Gratis Kawan Kreasi Ada banyak cara untuk membuat antena TV sederhana yang akan muncul di dunia maya. Contoh pekerjaan yang saya lakukan bisa dilakukan di rumah dan hasilnya tentu akan berbeda-beda tergantung pada lingkungan dan kondisi alam. Untuk menjadi seorang pencipta, Anda harus memiliki minat yang sama dengan saya. Sekarang contoh tugas sederhana dalam artikel Cara membuat antena TV sederhana, tetapi tetap memperhatikan kualitasnya.

Baca Juga :  Pada Gerak Parabola Di Titik Puncak Berlaku

Mudah Dan Praktis, Ini 6 Cara Agar Tv Jernih Tanpa Booster

Membuat antena televisi sederhana membutuhkan pemahaman tentang pengoperasian gelombang elektromagnetik atau sistem transmisi. Ada banyak cara untuk membuat antena untuk tujuan komunikasi yang berbeda dan jenis antena yang berbeda, semuanya berdasarkan perhitungan panjang gelombang. Sebagai antena yang menerima gelombang elektromagnetik di udara, ia mentransmisikan informasi (data dalam bentuk gambar dan suara) yang ditransmisikan oleh gelombang elektromagnetik dengan interval panjang gelombang tertentu dan kemudian diterima oleh antena penerima dengan panjang antena tertentu. Tergantung pada panjang gelombang, misalnya, pemancar TV yang menggunakan frekuensi UHF 500 Mhz harus menerima menggunakan antena dengan panjang gelombang yang sama, yang juga mengacu pada panjang fisik antena penerima UHF dalam kisaran 500 Mhz.

Sejarah teknologi komunikasi tidak ada habisnya. Jadi lebih baik berbicara tentang panjang antena yang akan kita buat daripada bercerita panjang lebar. Apa itu antena?

Dalam bahasa instalasi listrik, T-dus adalah wadah untuk memperpanjang bagian sambungan kabel listrik untuk percabangan di beberapa titik. Artinya terminal. Terminal juga bisa disebut titik masuk kabel. apa itu bentuk? : Selamat berakhir pekan teman-teman. Namun, kami menyarankan Anda mempertimbangkan antena parabola Low Noise Block (LNB) saat Anda berada di blog ini. LNB memperkuat frekuensi sinyal satelit dan menurunkannya sehingga sinyal dapat diterima oleh penerima parabola. Ada tiga jenis LNB: LNB C-Band, LNB KU-Band, LNB Tunggal, LNB Dual 2R, dan LNB Quad 4R.

Ada kasus di mana lebih dari satu LNB dipasang pada parabola, 2 LNB dan bahkan 5 LNB untuk digunakan dengan 2-5 receiver seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara Kerja Antena Tv: Pengertian, Jenis, Fungsi, Parameter Kinerja

Jika ingin memasang lebih dari satu LNB secara bersamaan tidak boleh sembarangan, namun ada perhitungan jarak antar LNB, dan berikut adalah perhitungan untuk menentukan jarak antara dua LNB.

= 4 tf. Langkah pertama dalam menentukan jarak pemasangan antara dua LNB adalah menemukan fokus utama parabola. Kemudian langkah selanjutnya adalah mencari fokus kedua dari sinar datang dengan beberapa offset. Mengetahui posisi kedua, Anda dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk menentukan jarak titik fokus.

Baca Juga :  Bos Binance Sebut Bali Pusat Kripto Indonesia, Kok Bisa?

Panjang garis a adalah jarak atau ketinggian titik fokus utama, dan garis b adalah jarak dari pusat parabola ke fokus kedua, jadi panjang garis a = garis b (a = b). Garis c adalah jarak antara fokus dan titik fokus b. Garis c dapat dihitung dengan rumus Pythagoras sebagai

C = (2a2-2a2cos ) di mana c = jarak antara dua LNB, a = panjang fokus

Cara Membuat Antena Tv Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Kamu Pasti Bisa!

Pada parabola 6 kaki. Jika sinar datang dibelokkan 10° dari timur, berapakah jaraknya dari titik fokus?

Perhatikan bahwa sudut deviasi tidak dihitung dengan mengambil selisih antara koordinat satelit A dikurangi koordinat satelit B (misalnya Palapa 113 BT – Telkom 108 BT = 5 derajat). Hal ini berlaku saat menempatkan antena parabola di pusat Bumi, bukan saat menempatkan antena parabola di permukaan Bumi. Padahal, sudut deklinasi yang terukur dari satelit telkom dan palapa adalah 6,2 derajat pada ketinggian 101 m pada lintang 7 dan 32 serta bujur 110,7 timur. Sudut defleksi juga tergantung di mana antena dipasang.

Catatan: Posisi LNB di titik fokus dan posisi LNB di set point offset harus sejajar, seperti yang ditunjukkan oleh garis merah pada Gambar 6 di atas.

Biasanya, LNB di pasaran dirancang untuk menangkap sinyal terpolarisasi horizontal dan vertikal. Hal ini karena sebagian besar satelit di Indonesia berpolarisasi horizontal dan vertikal (H/V). Namun, ada beberapa satelit yang dapat dicitrakan di Indonesia dengan polarisasi sirkular kanan dan sirkular kiri (R/L). Jika transmisi satelit dapat mencapai lokasi kami, kami dapat menangkap sinyal sebagai LNB terpolarisasi H/V, meskipun tidak optimal. Namun, tidak mungkin untuk menangkap sinyal dengan LNB terpolarisasi H/V kecuali jika transmisi satelit mencapai kita dan mencapai kita.

Kopimaya [dot] Kom

Untuk dapat menangkap berbagai sinyal satelit, Anda harus menggunakan LNB yang dirancang untuk menangkap sinyal terpolarisasi R/L. Jika Anda tidak dapat menemukan LNB terpolarisasi R/L di pasaran, kami dapat mendesainnya sendiri.

Cara membuat antena tv dari parabola bekas, membuat antena parabola sederhana, cara pasang antena nex parabola, cara memasang antena parabola mini, cara pasang antena parabola, cara membuat antena parabola, cara buat antena parabola sederhana, cara setting antena parabola venus, cara memasang antena parabola matrix, cara membuat antena parabola mini sendiri, cara membuat antena parabola tv sendiri, cara memasang antena nex parabola

Pos terkait