Cara Membuat Link Pertanyaan Di Google Form

Cara Membuat Link Pertanyaan Di Google Form – Untuk tujuan akademis dan bisnis, Google Formulir sangat diminati oleh pelajar dan perusahaan. Alasannya karena Google form ini sangat berguna dan sekaligus merangkum semua proses untuk mendapatkan data untuk kuesioner. Jika Anda tertarik, inilah cara membuat Google Form yang saya harap bermanfaat bagi Anda.

Cara membuat Google Form ini sendiri sangat mudah dan juga cepat sedangkan kelebihan lainnya terlihat dari jangkauannya yang sangat luas, hanya dengan menyebarkan link di jejaring sosial kita bisa mendapatkan data lebih banyak dengan mudah. Jadi tidak terbatas hanya pada akun Google saja, pengguna yang memiliki akun lain tetap bisa mengisi kuis yang Anda buat. Langsung saja, inilah cara membuat dan membagikannya.

Cara Membuat Link Pertanyaan Di Google Form

Karena ini adalah produk Google, langkah pertama adalah Anda harus memiliki akun Google. Namun sayangnya pasti tidak semua atau jika anda ingin membuat akun khusus kuis menggunakan Google Forms, anda bisa membuatnya dengan cara biasa.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Soal Dan Melihat Hasil Nilai Di Google Form

Langkah selanjutnya tentang cara membuat Google Form adalah dengan mengunjungi situs Google Form yaitu https://docs.google.com/forms/u/0/i. Setelah itu, Anda dapat memilih apa kebutuhan Anda, yaitu membuat formulir atau formulir. Kemudahan yang diberikan oleh Google adalah ada beberapa topik yang bisa dipilih atau bisa Anda mulai dari halaman kosong.

Namun, jika Anda ingin membuat formulir dari Google Drive, Anda hanya perlu menekan menu Baru di sudut kiri atas, lalu klik Lainnya, lalu pilih Google Formulir. Namun, jika Anda memerlukan data survei untuk spreadsheet di Google Spreadsheet, Anda dapat membuatnya dengan mengeklik Sisipkan, lalu memilih Formulir.

Membuat Google Form juga lebih mudah karena sebenarnya banyak variasi pilihan dan pertanyaan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan jenis data yang dibutuhkan. Jenis-jenis pertanyaan yang dapat diberikan kepada responden Anda, misalnya Jawaban Singkat, Paragraf, Pilihan Ganda, Kotak Centang.

Tidak hanya itu, ternyata karena Anda masih bisa meminta responden Anda untuk mengunggah file seperti foto atau dokumen. Tidak hanya itu, Anda dapat mencoba beberapa fitur umum seperti menambahkan gambar dan video, dan juga sangat menarik bagi responden. Setelah selesai menyusun pertanyaan, tekan tombol Kirim di sudut atas.

Terlengkap Panduan Cara Membuat Link Google Forms Menjadi Bit.ly

Jangan lupa untuk menandai URL pendek untuk mempersingkat tautan dan juga agar tidak mengacaukan posting atau pesan. Setelah proses selesai, Anda kemudian dapat membagikan tautan Google Form kepada responden melalui media sosial atau grup Whatsapp.

Baca Juga :  Cara Cetak Kartu Kis Pbi

Selanjutnya adalah bagaimana mengolah data yang masuk. Anda dapat melihat hasilnya di bagian Answers, yang terletak di sebelah bagian Questions. Di sana Anda dapat melihat versi spreadsheet, dengan mengklik ikon merah di sudut kanan atas. Hanya dengan begitu Anda dapat menganalisis data yang dimasukkan. Kebenaran sederhana?

Bagaimana? Tidak mudah? Selain itu, Google Form yang merupakan produk Google tidak menarik sepeser pun dari pengguna atau pengguna layanan Google Form ini seperti penggunaan produk Google lainnya. Kami berharap artikel ini memberikan gambaran dan juga penjelasan yang lengkap agar lebih mudah dipahami. Selamat mencoba setiap langkah, semoga berhasil. Contoh aplikasi yang mungkin sudah Anda kenal adalah Google Form. Namun, apakah Anda tahu cara membuat Google Forms?

Ada dua cara untuk membuka dokumen Google Forms, melalui Google Drive atau dengan mengunjungi situs secara langsung.

Beginilah, 3 Cara Membuat Qr Code Dari Google Form

Menurut How to Geek, Google Forms memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tema Anda dengan menambahkan gambar, warna, dan gaya.

Untuk mengubah warna desain, cukup klik ikon palet artis yang terletak di bagian atas halaman. Kemudian pilih warna yang paling Anda sukai.

Dilansir dari Zapier, untuk menambahkan pertanyaan Anda, klik tanda “+” di sisi kanan formulir. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan ikon gambar, video, atau teks ke dalam formulir.

Anda dapat mengajukan semua jenis pertanyaan pilihan ganda pada formulir Anda. Orang dapat memilih opsi dari opsi yang ditawarkannya.

Cara Membuat Soal Dengan Google Formulir Melalui Menu Ini

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan opsi “Lainnya”, sehingga orang dapat memilihnya jika jawaban yang dimaksud tidak dalam pilihan ganda.

Mirip dengan pilihan ganda, perbedaannya adalah bahwa kotak centang memungkinkan responden untuk memilih satu atau lebih dari dua opsi yang ditawarkan.

Selain menambah, Anda juga bisa menghilangkan pertanyaan yang tidak terlalu penting. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik ikon tempat sampah di bagian bawah.

Caranya sangat sederhana, cukup klik tombol “Kirim” di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul layar seperti ini.

Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online

Di sana Anda dapat berbagi melalui URL dengan semua responden. Selain itu, Anda juga dapat berbagi dengan rekan kerja Anda untuk mengedit formulir yang telah dibuat.

Survei di Google Forms kini dapat didistribusikan dan dijawab melalui halaman web, kuesioner lapangan, dan berbagai platform media sosial.

Setelah Anda masuk ke halaman survei baru Anda, pertama-tama ubah nama survei. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengklik kata-kata “Formulir Tanpa Judul”

Baca Juga :  Dada Bagian Kanan Atas Sakit

Untuk semua opsi kecuali Jawaban Singkat, Paragraf, dan Tanggal dan Waktu, Anda tetap harus mengetikkan opsi jawaban.

Cara Menutup Akses Google Form Secara Otomatis Dan Manual

Cara membuatnya cukup mudah, kok. Cukup klik tombol “Wajib” yang tersedia tepat di bawah pertanyaan.

Sekarang di sebelah pertanyaan Anda akan melihat menu vertikal yang berisi ikon-ikon tertentu sebagai berikut.

Bahkan, Anda dapat menggunakan menu untuk menambahkan item tertentu ke pertanyaan dan survei. Berikut adalah penjelasan dari ikon-ikon pada menu tambahan.

Juga, untuk menyampaikannya kepada responden. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Kirim” di sudut kanan halaman di sebelah gambar profil Anda.

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form

Dunia kerja 5 tips untuk kembali produktif setelah long weekend buat kamu Maulana Adieb 30 Des 2021 Karir start 10 unicorn startups asal Indonesia, siapa saja yang masuk dalam daftar ini? Maulana Adieb 28 Desember 2021 Dunia kerja 6 tips melupakan pekerjaan berlibur dan tetap tenang Maulana Adieb 23 Desember 2021 Dunia kerja 10 kado untuk tukar kado natal dan tahun baru di kantor Maulana Adieb 22 Desember Google Form 2021 adalah fitur Google gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat formulir online. Salah satu kegunaan dari Google Forms adalah ujian online. Lalu bagaimana cara membuat Google Form untuk ujian online menggunakan akun Google atau Gmail?

Penggunaan Google Forms dalam hubungannya dengan survei dan sejenisnya juga dapat digunakan untuk ujian online. Dalam formulir Google kita dapat membuat beberapa mode pertanyaan untuk pilihan ganda, jawaban singkat dan jawaban dengan penjelasan. Selain itu, kita juga bisa bertanya dengan menggunakan gambar atau hal lainnya.

Setelah masuk, Anda akan melihat di sisi kiri layar ada tanda + Baru yang digunakan untuk menambahkan data baru ke Google Drive. Selanjutnya, saat mencari Google untuk ujian, klik tanda + Baru, lalu pilih Lainnya (lainnya) dan opsi formulir Google baru akan muncul sebagai berikut:

Jika demikian, sebelum mengajukan pertanyaan, klik tombol pengaturan dengan simbol roda gigi di sebelah tombol kirim di kanan atas.

Cara Membuat Soal Online Google Form

Pada bagian general setting terdapat pilihan untuk mengumpulkan email, dimana peserta tes kemudian diminta untuk memasukkan alamat emailnya masing-masing. Kemudian ada bagian di bawah ambang batas untuk 1 jawaban, tidak perlu memeriksa daftar jika nanti peserta tes lebih dari 1 peserta. Penyetelan Google Form untuk ujian.

Di bagian pengaturan ini, ada beberapa opsi, seperti menunjukkan kemajuan ujian saat ini, mengacak pertanyaan, dan menunjukkan tautan untuk mengisi formulir yang berbeda. Jika untuk ujian disarankan tidak perlu mencentang opsi di atas, jika hanya menginginkan opsi soal acak.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Jumlah Tagihan Bpjs Kesehatan

Bagian ini adalah bagian terpenting dalam membuat Google Form untuk ujian, yaitu mengaktifkan opsi kuis. Di bawahnya terdapat opsi pengujian, seperti memposting hasil pengujian untuk segera ditampilkan atau nanti setelah ditinjau (manual). Jadi, opsi berikut tidak perlu dicentang karena tidak wajib.

Setelah kita selesai menyiapkan Google form untuk ujian, saatnya untuk bertanya dan juga menjawab pertanyaan sebagai berikut:

Cara Membagikan Link/share Link Google Form Dengan Mudah

Bagian pilihan ganda adalah opsi pertanyaan yang dapat diajukan, sehingga ada alat untuk menambahkan pertanyaan, mengimpor pertanyaan, menambahkan judul dan deskripsi pertanyaan, menambahkan gambar, menambahkan video, dan mengkonfigurasi bagian pertanyaan.

Pilih opsi soal yang akan ditanyakan, untuk pilihan ganda, pilih pilihan ganda. Kemudian lengkapi pertanyaan dan tambahkan opsi jawaban di bawah ini. Jangan lupa aktifkan wajib (penting) karena soal harus dijawab oleh siswa. Setelah pertanyaan dibuat, klik “Kunci Jawaban” untuk mengatur jawaban yang benar.

Pilih opsi jawaban yang benar, di pengaturan jawaban Anda juga dapat mengatur skor untuk setiap pertanyaan. Tidak perlu mengonfigurasi respons respons jika tidak diperlukan. Setelah selesai, klik tombol “Selesai”.

Anda dapat menambahkan pertanyaan lain dan juga mengonfigurasi jawaban sesuai dengan panduan di atas. Jika sudah siap, pastikan form respon sudah diaktifkan agar nanti bisa melihat jumlah siswa yang mengirimkan respon.

Contoh Soal Ujian Menggunakan Google Form

Setelah semua tahapan selesai, soal-soal ujian siap beredar di kalangan siswa, cara termudah adalah dengan menggunakan tautan. Untuk membuat tautan ke pertanyaan, klik tombol Kirim terlebih dahulu.

Beralih ke mode tautan seperti di atas dan periksa pemendekan URL untuk membuat tautan kueri lebih ringkas. Jika Anda mengklik salin dan kemudian di salib. Tautan yang telah disalin dapat dikirim ke siswa yang akan mengikuti ujian. Berikut adalah contoh hasil Google Form yang akan digunakan untuk ujian.

Cara menambahkan timer di Google form untuk ujian adalah dengan memasang plugin. Lakukan pencarian “Extended Forms” di Google marketplace, lalu install modulnya (pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda terlebih dahulu).

Setelah terinstal, kembali ke Google Form untuk teks yang Anda buat. Pastikan ikon plugin muncul di atasnya untuk menambahkan formulir diperpanjang yang diinstal sebelumnya.

Cara Membuat Absen Online Di Google Form Paling Mudah

Klik Plugin > Plugin Formulir Diperpanjang > Konfigurasi. Kolom diperpanjang muncul di kanan bawah layar sebagai berikut:

Anda dapat mengatur timer dari jendela popup atau klik

Pos terkait