Cara Memperbaiki Tv Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar

Cara Memperbaiki Tv Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar – Kami berharap dalam artikel ini Anda akan mempelajari cara memperbaiki TV tanpa suara dalam langkah-langkah sederhana, mulai dari mengidentifikasi kerusakan hingga memperbaiki masalah audio TV yang tidak mengeluarkan suara. Gunakan langkah-langkah ini karena tingkat pemahamannya bisa berbeda-beda tergantung pengalaman, apakah Anda baru mengenal elektronik atau sudah berpengalaman, sehingga lebih mudah untuk memperbaiki kerusakan TV Anda di bagian audio yang bermasalah.

Dalam hal metode sederhana, siapa pun dapat melakukannya, dan ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan bagi mereka yang benar-benar baru mengenal elektronik. disini saya akan menceritakan sedikit tentang teknik sederhana untuk mengatasi TV yang kehilangan suara, saya harap Anda akan mempelajarinya sebelum blok audio.

Cara Memperbaiki Tv Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar

Semua merk TV seperti Polytron, Samsung, LG, China dan lainnya memiliki sistem operasi yang sama, yang membedakan biasanya chip suara yang digunakan. Dengan prinsip yang sama, cara ini bisa diterapkan pada TV berbagai merek. lokasi chip audio juga berbeda, yang akan saya jelaskan di bagian artikel ini.

Bacaan Lainnya

Servis Tv Polytron Mati Total

Tidak ada suara selama perbaikan TV Jika Anda menemukan bahwa TV tidak mengeluarkan suara, tetapi gambarnya normal, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Jika Anda melewati salah satunya, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk berhasil memulihkan suara TV yang hilang.

Ada beberapa kasus TV yang rusak tanpa suara karena tidak sengaja menekan tombol off karena terburu-buru mencari tahu penyebabnya, mereka tidak menyadari bahwa TV yang tidak ada suara itu karena tombol off yang ditekan. Selain mematikan suara, Anda juga harus memeriksa bagian volume TV, jika volume 0 bukan kerusakan, tetapi kesalahan pengguna. Fakta ini biasanya dialami oleh sedikit orang.

Bagi anda yang merasa tidak ada kerusakan di area ini, atau jika anda sudah memeriksa bagian program, tidak masalah, anda akan pindah ke bagian yang sedikit lebih rumit sampai pada perbaikan unit audio TV anda. . di bagian.

Terkadang beberapa acara TV memiliki masalah teknis dengan suara, agar tidak salah mengartikan kerusakan TV, perlu untuk memeriksa saluran lain. Ini dapat terjadi jika Anda menggunakan antena RF (analog) untuk menerima sinyal dari TV Anda. Tetapi jika ada suara atau desisan, itu menandakan bahwa unit audio TV berfungsi.

Baca Juga :  Link Kumpulan Xnxubd 2018 nvidia video japanese download free full version for windows 7 - Info Aktual

Kerusakan Tv Polytron Gambar Menyempit Kiri Kanan Dan Tidak Ada Raster

Di sisi lain, mereka yang menggunakan input audio eksternal, misalnya, untuk menerima sinyal menggunakan penerima parabola, harus memastikan bahwa audio TV berfungsi bahkan tanpa membuka kasing, triknya adalah dengan menyentuh RCA putih dan merah. jack audio. . Pastikan bahwa jika Anda ingin menguji TV dalam mode AV dan mengaturnya sesuai dengan mode, misalnya, jack yang digunakan untuk menguji AV 1, mode tersebut juga menggunakan AV 1. Biasanya, ketika Anda menyentuh jack audio, speaker terdengar. Jika TV tetap diam ketika Anda mengetuk bagian rca, itu berarti Anda harus pergi ke bagian motor TV, yang merupakan bagian audio blog.

Kemungkinan rusaknya speaker TV sangat kecil, tapi ini harus menjadi masalah serius karena jika kita tidak memperhatikan speaker dari langkah pertama, akan sangat membingungkan saat bekerja dengan unit audio. maka tidak ada gunanya mengacaukan pertukaran audio jika ternyata masalahnya ada pada speaker.

Periksa juga kabel speaker untuk memastikan speaker bukan hanya speaker. hal ini akan anda alami ketika berhadapan dengan kerusakan TV China yang menggunakan kabel yang mudah putus jika dimakan usia.

Periksa apakah speaker bisa menggunakan ohmmeter, bisa juga menggunakan buzzer. Pastikan speaker dan kabel dalam kondisi baik lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

Detail Tv Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar Koleksi Nomer 22

Langkah-Langkah Uji Unit Audio TV Chip suara TV menjadi panas, jadi ketika Anda bertemu chip suara, Anda akan melihat chip terhubung ke pendingin. Jadi bagi yang kurang paham letak unit audio TV bisa menggunakan teknik sortir berdasarkan jalur speaker, kemudian jika menemukan komponen yang terhubung ke pendingin dan jalur pemain sepak bola ke bagian ini akan dikonfirmasi. bahwa itu adalah unit audio TV.

Hal pertama yang Anda temukan adalah unit audio TV, periksa bagian solder dari kaki-kaki komponen chip audio, alasan mengapa TV tidak ada suara, kaki-kaki komponen sering retak yang menyebabkan unit audio tidak bekerja.

Selain TV tidak ada suara sama sekali, terkadang gejala akibat solderan pecah pada chip suara adalah TV, terkadang tidak ada suara, terkadang normal, dan terkadang TV mengeluarkan suara saat dihidupkan pada untuk sementara waktu.

Periksa perangkat keras unit audio TV dengan cepat dan akurat. Periksa bagian chip audio dengan menyentuh bagian input dari chip power amplifier. jika speaker mengeluarkan suara, itu berarti kesalahan mungkin disebabkan oleh jalur input, seperti dari IC utama atau IC program. untuk disentuh, tidak ada suara berarti kerusakan saluran pada chip audio itu sendiri, baik itu tegangan, komponen tambahan, chip audio yang tidak berfungsi.

Baca Juga :  Download Aplikasi Facebook Versi Terbaru

Mandiri Service Elektronik: Cara Memperbaiki Tv Polytron Led Pld32t700 Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambar Gelap

Memeriksa Tegangan Kabel Audio Setelah Anda memastikan bahwa pin komponen audio IC dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah menggunakan DC meter. Pilih mode DC meter X50 V. Tujuan penggunaan batas 50 V adalah untuk memastikan akurasi pengukuran tegangan pada kisaran 12-15 V DC, tergantung pada masing-masing IC yang digunakan. Karena tutorial ini jamak maka bisa digunakan untuk semua merk TV, baik itu Polytron, China, Sharp, LG, Sanyo dan lain sebagainya.

Temukan jalur dari catu daya ke bagian audio. pastikan rentang tegangan 12-15 volt. jika tidak ada tegangan sama sekali, coba lepaskan dari beban. Ini berarti Anda harus memisahkan (mengambil kendali dengan penarik) pada chip audio.

Jika IC tinggi setelah audio, itu berarti tidak ada tegangan dari catu daya. Ukur kembali sepanjang jalan. Jika tegangan normal ditemukan, chip audio mungkin rusak. Ganti chip audio.

Jika beban diangkat tetapi tegangan masih 0 V, saluran listrik mungkin rusak. Kerusakan resistor sekering di jalur suara chip adalah yang paling umum. Jika resistor sekering putus, rangkaian vertikal IC mungkin rusak atau resistor sebenarnya rusak.

Tv Polytron Mati Total (penyebab & Solusinya)

Saat memperbaiki TV Polytron X-BR atau TV dengan fungsi subwoofer, Anda perlu memperhatikan voltase yang digunakan. beberapa jenis TV Polytron menggunakan sistem audio yang seimbang, jadi Anda perlu mengukur dua jalur positif dan jalur negatif ke ground. pastikan tegangan hampir seimbang.

Tahap monitoring voltage drop tidak 0V, audio line drop bukan 0 volt, hanya beberapa volt dibawah ukuran normal, seperti hanya 5 volt. Ini biasanya terjadi ketika saluran audio memiliki filter tegangan audio elko yang rusak. Elko berada tepat di baris pertama diurutkan berdasarkan catu daya, biasanya mulai dari ukuran 470 F 25V hingga 1000 F 35V tergantung pada masing-masing merek TV.

Kesimpulan tentang cara memperbaiki TV yang kehilangan suara teknis. Sebelum membuka casing TV, ada baiknya untuk memeriksa bagian audio utama, mulai dari siaran, program TV, hingga saluran kabel audio. Setelah membuka bagian TV, periksa bagian chip audio dengan menyentuh bagian input dari chip power amplifier. jika speaker mengeluarkan suara, itu berarti kesalahan mungkin disebabkan oleh jalur input, seperti dari IC utama atau IC program. untuk disentuh, tidak ada suara berarti kerusakan saluran pada chip audio itu sendiri, baik itu tegangan, komponen tambahan, chip audio yang tidak berfungsi.

Baca Juga :  4 Kebiasaan Baik Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Cara termudah dan tercepat untuk mengatasi TV rusak tidak ada suara jika Anda terlalu malas untuk pergi ke bengkel Tips sederhana yang dapat Anda gunakan dalam keadaan darurat misalnya terlalu malas untuk membawa TV ke bengkel yang Anda butuhkan untuk mengelabui audio TV.

Kerusakan Tv Polytron Dan Cara Memperbaikinya

Jika Anda menggunakan input dari penerima parabola atau sejenisnya, jack audio line-out yang menuju ke TV dipindahkan ke speaker aktif. sedangkan menggunakan antena frekuensi radio. ada beberapa merk TV yang menyediakan output audio, cek jack di belakang yang bertuliskan. itu dapat digunakan untuk mengalihkan suara TV ke speaker aktif. Atau TV model lama memiliki jack audio tunggal yang berfungsi ganda sebagai subwoofer. itu juga merupakan keluaran audio.

Kapten Mlinjos Saya senang berbagi informasi dan pengalaman yang saya tahu. Semoga apa yang akan saya bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terkadang kita menjumpai TV dengan suara normal tetapi gambar layarnya gelap/tidak ada gambar dan ketika melihat leher CRT filamennya menyala dan Flaybacknya menyala.

Jika kita menemukan TV dengan gejala di atas untuk diatasi/diperiksa, kita periksa dengan melakukan hal berikut:

Saat memutar layar dan suara potensial selama pemutaran, menonton layar terlepas dari apakah gambar terlihat atau tidak, terkadang karena tegangan CRT tidak mencukupi, layar TV mungkin menjadi gelap dan gambar tidak terlihat. Jika pengaturan tegangan CRT, potensiometer layar, dan volume flash diatur ke maksimum, tetapi layar masih gelap dan tidak ada gambar yang muncul, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Tv Polytron Susah Start? Ini Solusinya

1. Kabel / probe hitam – pada multitester, sambungkan ke ground CRT dan kabel / probe merah + pada multitester, letakkan di katoda merah (KR) di bagian RGB, maka harus ada warna merah cerah ringan dan pada garis buku layar. Jika tidak ada lampu merah terang dan tidak ada garis buku, CRT katoda merah (CR) mati.

2. Kabel / probe hitam – pada multitester, sambungkan ke ground CRT, dan kabel / probe merah + pada multitester, letakkan di katoda hijau (KG) di bagian RGB, maka harus ada yang terang lampu hijau dan pada garis buku layar. Ketika tidak ada lampu hijau terang dan tidak ada garis buku, bagian katoda hijau (KG) dari CRT dimatikan.

3. Kabel/probe hitam – Hubungkan ground CRT dan kabel/probe merah ke multitester

Pos terkait