Contoh Soal Gerak Parabola

Contoh Soal Gerak Parabola – Home » soal latihan untuk kelas 10, soal latihan untuk SMA » Soal dan Pembahasan Lengkap: Gerak Parabola (Alat Fisika Kelas 10)

Gerak parabola merupakan salah satu alat peraga fisika yang dipelajari di kelas 10 semester 1, tidak sedikit siswa yang merasa belum memahami alat ini, terutama ketika ditanyakan dalam soal, menggunakan persamaan yang lebih banyak, dan konsep matematika yang lebih kompleks, jadi. Saya mencoba membuat soal-soal tentang fisika gerak parabola dengan informasi yang detail, dapat digunakan sebagai latihan bagi siswa untuk lebih memahami tentang listrik statis atau penggunaan guru untuk soal-soal ulangan. Soal-soal yang disajikan antara lain berbagai jenis soal yang diberikan dari ujian masuk atau ujian nasional sehingga cocok untuk dipelajari sebelum ujian harian atau mengikuti ujian. Pembahasan yang saya tulis di sini tidak selalu menggunakan “rumus lengkap” untuk gerak parabola seperti mencari tmax, hmax, atau xmax, tetapi saya menggunakan rumus sederhana gerak linier (GLB) dan konversi langsung (GLBB). . yang telah dibahas pada bab sebelumnya.

Contoh Soal Gerak Parabola

Bola ditendang dengan sudut dan kecepatan awalnya v0, jika kecepatan karena gravitasi = g, waktu bola di udara adalah…

Bacaan Lainnya

Soal Dan Pembahasan Fisika Sma Gerak Parabola

Panjang bola di udara sama dengan waktu yang dibutuhkan bola untuk mencapai Xmax yaitu dua kali waktu yang dibutuhkan bola untuk mencapai hmax yang harus ditulis secara matematis.

Ketika bola mulai naik ke hmax GLBB melambat hingga mencapai hmax kecepatan bola di sekitar sumbu (vy = 0) adalah nol. Jadi kita tulis persamaannya

Sebuah bola golf dipukul dengan kecepatan 9,8 m/s membentuk sudut terhadap horizontal. Jika sin = 4/5, g = 9,8 m/s

Dan lapangan golf itu datar, waktu yang dibutuhkan bola golf untuk jatuh lagi adalah … s

Sudut 37 Derajat

Waktu yang diperlukan bola golf untuk mencapai permukaan sama dengan waktu yang dihabiskannya di udara. Menggunakan persamaan dari masalah 1, kita dapat menulis

Baca Juga :  Ambrol! Begini Gerak-gerik Harga Emas Sepekan

Sebuah bola ditembakkan dari tanah dengan percepatan 20 m/s dan kecepatan mendatar 30 m/s. Jarak terjauh yang dapat ditempuh bola dari posisi semula adalah…

Pada gerak parabola, gerak horizontal (pada sumbu x) adalah gerak GLB sehingga kecepatan pada sumbu x (v0x = vx) adalah konstan. Jadi untuk menentukan jarak terjauh yang dapat ditempuh bola kita dapat menggunakan persamaan

Sebuah pesawat terbang mendatar dengan kecepatan 20 m/s menjatuhkan bom dari ketinggian 500 m. jika bom jatuh di B dan g = 10 m/s

Gerak Parabola Dan Rumus Fisikanya

Jarak AB (xAB) pada sumbu x sehingga pergerakannya adalah GLB, maka jarak AB dapat ditentukan dari persamaan.

Waktu yang diperlukan bom untuk menempuh jarak horizontal (jarak AB) sama dengan waktu yang diperlukan bom untuk menempuh jarak vertikal (dari atas ke tanah). Kita dapat menentukan nilai t dengan mempertimbangkan pergerakan sumbu y (gerakan bebas atau kecepatan GLBB) dengan persamaan

, ketika benda mencapai ketinggian maksimum, jarak horizontal yang ditempuh benda adalah 10√3 m. kecepatan awal benda adalah … m/s

Sebuah pesawat SAR yang membawa perbekalan bagi masyarakat yang terkena dampak gempa terbang ke ketinggian 1.125 m di atas permukaan tanah. Kargo akan dilempar dari pesawat dan diperkirakan akan jatuh ke tanah di tempat sebenarnya bantuan dari tim SAR mendarat, yaitu pada koordinat (750, -1,125) m. Pusat gravitasi adalah bidang dan kecepatan gravitasi adalah 10 m.s

Soal Dan Pembahasan Gerak Parabola Yang Harus Kamu Pelajari

Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan v0 dan membentuk sudut 0 terhadap horizontal. Grafik yang menunjukkan kecepatan horizontal (v) dan percepatan (a) sebagai fungsi waktu adalah benar….

Pada arah horizontal (ax-x) benda bergerak dalam GLB sehingga kecepatan benda pada arah horizontal konstan dan tidak ada percepatan.

Semakin tinggi posisi benda pada gerak parabola maka kecepatannya akan semakin berkurang hingga mencapai kecepatan minimum pada saat benda berada pada keadaan maksimum.

Sebuah benda yang bergerak sepanjang garis mendatar v jatuh pada sebuah gedung dan mendarat sejauh d dari pondasi gedung. Jika bola akan mendarat pada jarak 2d dari dasar bangunan, jarak mendatar yang harus dimiliki benda adalah….

Baca Juga :  Mau Punya Rp1 Miliar Sebelum 30 Tahun? Ikuti 6 Langkah Ini

Kumpulan Soal Dan Pembahasan Soal Ujian Nasional (un) Fisika Sma Part 1

Berdasarkan gambar di atas, ketika benda bergerak dengan kecepatan v, benda akan mendarat pada jarak d dari dasar bangunan. Untuk mencari kelajuan benda sehingga benda berada pada jarak 2d dari dasar bangunan, persamaan yang terdapat pada soal 4 dapat digunakan, misalnya.

Sebanding dengan kecepatan produk vx. Jadi kita dapat menulis persamaan yang membandingkan jarak horizontal (x) dan kecepatan horizontal (v) seperti di bawah ini

Oleh karena itu, agar benda dapat mendarat pada jarak 2d, benda harus bergerak dengan kecepatan 2v ketika berada di atas gedung.

Menyentuh bidang mendatar dengan kecepatan awal 32 m/s. pada saat yang sama anak kedua berlari dengan kecepatan konstan ke arah bola. Agar anak kedua dapat menangkap bola tepat saat bola menyentuh tanah, ia harus berlari cepat….

Kumpulan Contoh Soal Gerak Parabola

Perhatikan bahwa bola akan jatuh dari titik P, agar anak dapat menangkap bola di titik P, ia harus berlari dengan kecepatan yang sama dengan bola pada arah mendatar (vx = v0x) demikian.

Bangunan di lantai 10 sampai 40 m itu terbakar. Sebuah alat pemadam api di tanah 10 m horizontal dari tempat api segera membuang air dengan kecepatan awal 40 m/s ketika air keluar. Tentukan sudut naiknya air terhadap mendatar yang harus dikirimkan ke tempat terjadinya kebakaran!

Br /> Dengan menggunakan rumus abc kita dapat menentukan persamaan di atas (sebut saja faktor x1 dan x2)

Agar air dapat mengenai nyala api jauh diatas rumah dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu sudut pipa air dan bidang mendatar 87.

Contoh Soal Gerak Parabola Beserta Jawabannya

Sebuah peluru ditembakkan dengan sudut yang tinggi sehingga jarak peluru sama dengan 4√3 kali tinggi peluru. Tentukan sudut peluru pada pesawat!

Sebuah peluru ditembakkan dari titik A ke sebuah gedung setinggi 10 m dengan kecepatan awal 50 m/s dan membentuk sudut (tan = ). Setelah 2 sekon benda mencapai titik B dan melewati titik tertinggi C, kemudian jatuh ke tanah di titik D.

Baca Juga :  Bonus Akhir Tahun Cair Ini Tips Mengelola Uang

Jadi titik B berada pada ketinggian 50 m dari tanah dan kecepatan peluru adalah 10√17 m/s.

Pembahasan lengkap tentang masalah ini dan alat khusus untuk gerak parabola pada bidang miring dapat ditemukan dalam artikel “gerakan parabola pada bidang miring menjadi mudah”

Praktikum Virtual Interactive Worksheet

Partikel P melompat dalam lintasan parabola pada bidang miring (lihat gambar) dan partikel Q meninggalkan bidang miring dari posisi awal yang sama dengan partikel P. seperti yang ditunjukkan pada gambar di belakang ini

Perhatikan titik-titik pada soal di atas, dua partikel meninggalkan tempat yang sama (titik A) dengan gerakan yang berbeda, partikel P membuat lintasan parabola, sedangkan partikel Q membentuk garis lurus pada bidang miring. kemudian dua tumbukan setelah menempuh perjalanan selama 4 s (titik B). Untuk informasi lebih lanjut, lihat gambar di bawah ini.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa lama waktu 4 s dari awal gerak sampai tumbukan kedua partikel tidak lain adalah lamanya waktu partikel Q di udara (tmax) dan kecepatan udara. . Partikel P sebelum gelembung sama dengan kecepatan partikel P sepanjang sumbu y setelah gelembung (vpy), jadi kita dapat menentukan kecepatan partikel P dengan persamaan panjang udara. sebagai berikut:

Demikian soal latihan dengan pembahasan materi fisika gerak parabola kelas 10 bisa saya tuliskan sedikit tentangnya semoga bermanfaat bagi semuanya untuk membaca dan memahami lebih dalam tentang gerak parabola, silahkan buka informasi tentang gerak parabola, gerak parabola . pada bidang miring, dan praktikum virtual gerak parabola. Jika Anda suka, Anda dapat berlangganan blog ini, atau memberikan ulasan, tips, dan ide di komentar di bawah. Terima kasih

Gerak Parabola, Pengertian, Rumus, Dan Penerapan

Definisi gerak parabola, latihan soal gerak parabola, pengertian gerak parabola, contoh soal gerak parabola sbmptn, aplikasi gerak parabola, contoh soal fisika gerak parabola, alat peraga gerak parabola, parabola gerak, animasi gerak parabola, gerak parabola adalah, contoh soal tentang gerak parabola, soal gerak parabola

Pos terkait