Cara Membuat Google Form Absensi Siswa

Cara Membuat Google Form Absensi Siswa – Selama pandemi Covid-19, pembelajaran di sekolah tidak berlangsung seperti biasanya. Menurut peraturan pemerintah, siswa hanya dapat belajar melalui sistem daring. Jadi guru juga perlu tahu cara polling di Google Form.

Guru dan siswa melakukan pendidikan jarak jauh dengan bantuan teknologi internet. Semua proses belajar mengajar di sekolah kini harus dilakukan secara daring, termasuk partisipasi siswa. Guru dapat menggunakan fitur formulir Google untuk mencatat kehadiran siswa. Google Forms merupakan fitur formulir digital yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu, salah satunya adalah opt-in.

Cara Membuat Google Form Absensi Siswa

Bagaimana keberadaan Google Forms tidak terlalu sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut tentang cara membuat entitas di Formulir Google.

Bacaan Lainnya

Cara Buat Absen Di Google Form Dengan Mudah

Biasanya, sebelum proses pembelajaran daring dimulai, guru melakukan absensi siswa. Di dalam kelas, guru dapat menggunakan buku absensi. Jadi bagaimana Anda mengambil ketidakhadiran siswa secara online? Jawabannya adalah dengan menggunakan Formulir Google.

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom untuk nama siswa. Untuk membuatnya, klik kolom di bawah judul dan deskripsi dan ketik “Nama Siswa” (1). Ubah opsi jawaban ke formulir “Jawaban singkat” (2) dan aktifkan fitur “Wajib” (3).

Kemudian klik tombol + di sebelah kanan untuk membuat kolom program. Selanjutnya, buat kolom seperti gambar di atas.

Mirip dengan cara di atas, Anda dapat mengklik tombol + atau “ikon salin” jika ingin membuat kolom sama seperti sebelumnya. Atur kolom deskripsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Anda dapat menambahkan jenis informasi sesuai aturan yang berlaku pada agensi Anda.

Cara Membuat Absen Di Google Form Dengan Tanda Tangan

Menyalin tautan sangat mudah. Caranya adalah dengan mengklik “link icon” yang terletak di tengah. Kemudian klik “Range link” dan “Copy link”, maka link tersebut akan tersalin secara otomatis. Guru kemudian dapat berbagi link kehadiran dengan siswa.

Di entitas Google Forms, Anda juga dapat menetapkan batas waktu. Cara membuat absen dengan deadline di Google Form sangat mudah. Anda dapat mengikuti cara melakukannya di bawah ini:

Berikut adalah cara membuat entitas Google Forms. Dengan adanya ketidakhadiran ini, tentunya akan memudahkan guru untuk mendaftarkan siswa yang aktif maupun yang tidak hadir.

Padahal, guru harus bisa memanfaatkan teknologi internet dalam sistem pendidikan dan pembelajaran jarak jauh ini. Jika tidak, proses belajar mengajar akan sulit berlangsung.

Cara Buat Absen Online Dengan Google Form Terekap Otomatis

Bukankah sangat mudah untuk menunjukkan kehadiran di Google Form? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas agar pembelajaran dapat berlanjut dengan lancar. Pandemi memaksa semua proses belajar mengajar dilakukan melalui media daring tanpa tatap muka. Hal paling sederhana seperti launching kelas online, tugas online, absensi melalui video conference juga dilakukan secara online.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik Spek Gahar 2021

Pada artikel sebelumnya, kami membahas cara membuat pertanyaan di Google Forms. Kali ini kita akan membahas bagian yang tidak kalah penting dari proses belajar mengajar yaitu cara membuat absensi di google form.

Padahal, jika suatu sekolah sudah memiliki sistem informasi akademik atau sistem pembelajaran online tersendiri, maka absensi melalui sistem tersebut. Namun, tidak semua sekolah memiliki sistem seperti itu. Oleh karena itu, guru perlu membuat absensi online sendiri untuk siswa. Salah satu layanan paling populer dan mudah digunakan untuk membangun keberadaan online adalah Google Forms. Bagaimana? Ayo lihat.

Kita bisa menggunakan laptop dan juga handphone Android atau iPhone untuk membuat aset berupa Google. Untuk pengguna HP, tata letak menunya sedikit berbeda, namun langkahnya tetap sama.

Cara Membuat Absen Online Di Google Form

Setelah seorang siswa tidak hadir, mereka akan secara otomatis dicatat di bagian jawaban formulir kami. Di sana kita bisa melihat data lengkapnya. Jika Anda ingin menambahkan komponen lain atau jenis pertanyaan lain, silakan lihat Cara membuat formulir Google.

Formulir ini dapat digunakan berkali-kali. Form akan otomatis mencatat waktu absen sehingga kita bisa membagi waktu absen dari hari ke jam.

Anda dapat melihat absen siswa dalam formulir yang telah kami buat. Cukup buka formulir untuk melihatnya. Formulir tersebut secara otomatis disimpan ke akun Google Drive kita.

Ringkasan absen dilengkapi dengan waktu absen sehingga kita tahu kapan mereka absen. Dengan data waktu tersebut, tentunya formulir yang hilang ini dapat digunakan berkali-kali untuk pelajaran sehari-hari. Selain itu, kami tidak perlu khawatir tentang data yang hilang menjadi kacau setiap hari karena ini adalah data waktu. Sesuai dengan era digital saat ini, semua urusan administrasi, termasuk absensi siswa, harus dilakukan secara online. Dalam hal ini, guru dapat membuat presensi online sendiri dengan mudah dan gratis menggunakan Google Forms, namun tentunya tidak serumit mesin sidik jari atau aplikasi absensi lainnya.

Cara Membuat Absen Siswa Online Dengan Cepat

2. Jika kita belum pernah masuk ke akun Google seperti ini sebelumnya, akan muncul halaman “Masuk”.

Atau akan muncul halaman pemilihan beberapa akun Google yang akan kita gunakan untuk “Sign in” jika kita sudah “Signed in” atau sebelumnya “Sign in”. Klik salah satu akun kami yang ditampilkan di halaman. Kemudian klik tombol “Berikutnya”.

4. Selanjutnya kita akan masuk ke akun mengemudi kita. Jika sebelumnya kita belum membuat folder yang akan kita gunakan sebagai lokasi untuk menyimpan file status online kita, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu. Folder ini untuk memudahkan kita menemukan catatan kehadiran dalam sehari.

Baca Juga :  Infinix Hot 11S Nfc Spesifikasi Dan Harga Terbarunya Di Indonesia

Klik kanan di sebelah set folder saat ini, kemudian akan muncul beberapa opsi seperti gambar di bawah ini, lalu klik opsi “Folder Baru”.

Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis Yang Mudah Digunakan

5. Selanjutnya beri nama folder tersebut seperti “Lanjutkan Kelas…” sesuai kelas yang dibuat. Kemudian klik “Buat”. Maka folder berhasil dibuat.

7. Jika folder tersebut diklik dua kali maka akan masuk ke halaman folder tersebut. Disinilah kita akan membuat dan menyimpan web presence record.

8. Selanjutnya, tempatkan kursor mouse di mana saja di area putih di atas dan klik kanan. Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini lalu klik “More” dan “Google Forms”.

10. Isi kolom “Untitled Form” dengan judul entitas yang akan kita buat. Kemudian isi ‘formulir Pengungkapan’ dengan deskripsi. Misalnya “Kelas 7A SMP Puri Artha Absensi Semester 1 Tahun Pelajaran 2020” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Absensi Online Di Google Form

11. Isi kolom pertama “Pertanyaan” dan “Hari/Tanggal”. Selanjutnya, kolom pertanyaan dengan “Nama Guru” di bawah ini. Pilih “Jawaban Singkat” dan klik “Diperlukan” sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

13. Kemudian isi kolom pertanyaan baru dengan “Nama Siswa”, klik “Jawaban Singkat” dan pilih “Beberapa kotak centang”.

14. Setelah itu akan muncul “baris” dan “kolom” di bawah “nama siswa”. Baris diisi dengan nama siswa dan kolom diisi dengan informasi kehadiran.

16. Selanjutnya isi menu Baris dengan nama siswa selanjutnya sampai dengan nama siswa terakhir. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Muhammad Roem Rahman: Membuat Absensi Siswa Online Di Google Form Dan Google Spreedsheet

18. Setelah klik “Submit” akan muncul gambar seperti di bawah ini. Kemudian klik tombol tautan merah.

21. Setelah itu, kita akan melihat seperti ini. Isi kotak “Masukkan URL panjang Anda…” dengan tautan panjang yang Anda salin sebelumnya dan tempel.

22. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Centang “Sesuaikan tautan…”, lalu isi kotak dengan nama yang menarik. Misalnya, “Absensi_7A_SMPPuri”.

23. Kemudian kita akan menemukan link yang lebih pendek. Ketika kita ingin mengambil absensi siswa tinggal dicopy dan disimpan dengan baik untuk kita buka (klik) nya.

Cara Mudah Absen Di Google Classroom

Pada saat itu, versi online daftar hadir telah selesai. Kami mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menguji apakah koneksi berfungsi atau tidak.

1. Buka browser misalnya Google Chrome. Salin dan tempel tautan yang kami buat sebelumnya. Maka akan terlihat seperti ini. Masukkan tanggal dan nama guru.

2. Selanjutnya isikan data kehadiran siswa dengan mencentang (v) sesuai dengan informasi kehadiran siswa. Setelah semua siswa menghilang, klik “Kirim”

Baca Juga :  Benarkah Keramas Setiap Hari Merusak Rambut? Cek Faktanya

3. Untuk mengecek hasil partisipasi, buka kembali Google Drive, buka folder dan buka file partisipasi online yang telah kita buat. Klik pada tombol Excel yang dilingkari merah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Sebelum membahas cara membuat Google Form, ada baiknya kita mengetahui apa saja kelebihan dari fitur atau aplikasi ini.

Cara Membuat Absen Form Google Classroom

Google Forms adalah layanan gratis dari perusahaan bernama Google yang akan ditemukan secara otomatis oleh Anda yang telah membuat akun dengan Google. Tentang cara membuat akun Google, silakan baca artikel kami Cara membuat email dari Google.

Layanan formulir Google itu sendiri dapat digunakan untuk survei, keterlibatan siswa, formulir pendaftaran pekerjaan, lembar kerja, pembelian produk online, dll. Ini memiliki berbagai keunggulan atau kegunaan seperti

Membuat formulir di Google dapat dilakukan melalui ponsel atau PC. Pada contoh gambar di bawah ini, saya membuatnya menggunakan ponsel Android.

1. Masuk akun Google Anda terlebih dahulu, jika tidak, Anda dapat membuat akun Gmail, akun email gratis dari perusahaan Google.

Membuat Absensi Online Dengan Google Forms

4. Absensi Mahasiswa tersebut kami tuliskan pada judul formulir dan penjelasannya pada keterangan. Isi Daftar Lanjutan Ini.

5. Untuk bagian pertama soal, kita tuliskan nama lengkap (I) siswa yang kita cantumkan sebagai teks jawaban singkat, dan harus diisi.

6. Untuk pertanyaan kedua, dimana kita menulis kelas apa saja, kita menulis Kelas sebagai pilihan ganda. Pada contoh ini saya menulis kelas XI A, XI B dan XI C dan itu adalah pilihan yang harus diisi.

7. Kami menulis Entitas, yang kami tempatkan sebagai pilihan ganda, yang diperlukan untuk pertanyaan ketiga. Ada dua pilihan, pergi atau tidak.

Cara Membuat Soal Online Di Hp Dengan Google Form

8. Nah, kalau pertanyaan terakhir yang kita tulis adalah Student (Me), apa alasannya? Dengan opsi teks jawaban panjang. Oleh karena itu, siswa yang tidak ada di kolom ini nanti, misalnya saat sakit, saat ada acara keluarga, dll. Mereka dapat menyatakan alasannya. Pengaturan tidak diperlukan di kolom ini.

Sekarang, setelah pembuatan formulir Google selesai, Anda dapat mengirimkan hasilnya ke semua email siswa atau menyalin URL dan memasukkannya ke dalam grup kelas di aplikasi.

Cara membuat google form untuk absensi siswa, google form untuk absensi siswa, cara membuat absensi siswa dengan google form, cara membuat absensi di google form, google form absensi siswa online, cara membuat absensi siswa di google form, membuat absensi siswa dengan google form, form absensi siswa, google form absensi siswa, membuat google form absensi, absensi siswa cara membuat absen di google form, cara membuat google form absensi

Pos terkait